Dalam memperingati Earth Hour, jangan cuma matikan listrik selama satu jam saja sebagai cara penanggulangan perubahan iklim. Kamu bisa melakukan tips hemat energi berikut ini setiap hari sebagai cara berkesinambungan dalam merawat bumi tercinta.

Gizmin yakin, sebagian besar dari kita tidak terlalu memedulikan berapa besar biaya yang dikeluarkan setiap tahunnya untuk biaya listrik. Disadari atau tidak, dengan makin banyaknya gadget dan perangkat elektronik yang dimiliki, maka konsumsi listrik juga semakin banyak.

Hal ini bukan hanya mempengaruhi kondisi finansial, tetapi juga lingkungan secara global,  mengingat tenaga listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik yang ditenagai oleh bahan bakar minyak (BBM) yang energinya tidak bisa terbarukan.

Mungkin hal ini terasa biasa saja, nyatanya aktivitas manusia seperti penggunaan listrik, transportasi, dan deforestasi menyebabkan terjadinya perubahan iklim yang membuat suhu bumi menjadi lebih panas, permukaan laut yang semakin tinggi, hingga menimbulkan berbagai bencana yang melibatkan cuaca.

Itulah sebabnya Earth Hour yang digagas World Wide Fund for Nature (WWF) dilakukan setahun sekali, yakni setiap 25 Maret, di mana kita semua diimbau untuk mematikan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam. Acara tahunan ini memang tidak memberikan dampak yang begitu besar terhadap bumi, namun setidaknya membuat orang semakin sadar tentang perubahan iklim dan menimbulkan inisiatif untuk mengurangi konsumsi energi.

Cara Menghemat Energi di Kehidupan Sehari-hari

Nah, ketika acara tahunan ini terasa tidak cukup membuat bumi untuk tersenyum, yuk lakukan jalankan tips hemat energi berikut ini sebagai bagian dari hidup sehari-hari:

  • Pastikan selalu memberi perangkat gadget atau elektronik yang memiliki akreditasi Energy Star atau label hemat energi.
  • Gunakan laptop daripada PC dekstop karena lebih hemat energi, di samping lebih praktis dalam penggunaan.
  • Jangan aktifkan screen saver pada laptop atau PC desktop karena aktivitasnya menggunakan energi ekstra.
  • Aktifkan mode “Sleep” berdaya rendah pada perangkat untuk memastikan perangkat mati pada saat tidak digunakan.
  • Ketika gadget atau perangkat elektronik tidak digunakan, sebaiknya copot kabel penghubungnya dari stop kontak untuk memastikan listriknya tidak terus berjalan.
  • Pilih perangkat terkecil ketika ingin streaming video sendirian, seperti memilih ponsel daripada smart TV yang konsumsi listriknya lebih besar
  • Selalu aktifkan mode hemat energi pada perangkat TV yang akan meredupkan backlight dan membantu mengurangi konsumsi daya hingga sepertiganya.
  • Gunakan smart meter untuk memantau berapa banyak energi yang digunakan di rumah scara real-time.

Baca juga: Kreatif Berjualan Online dengan Konten Media Sosial

Dengan menjalani gaya hidup hemat energi, kamu bukan hanya menyelamatkan bumi dari perubahan iklim, tetapi juga menghemat pengeluaran. Hal ini dikarenakan, semakin sedikit listrik yang dikonsumsi, tentunya semakin sedikit biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Artikel berjudul Hari Ini Earth Hour, Jadikan Tips Hemat Energi ini Sebagai Gaya Hidup Kamu! yang ditulis oleh Chandra Wirawan pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/NfHyurF
via IFTTT