Jakarta, Gizmologi – Sudah menjadi tradisi masa kini, jika memasuki bulan Ramadan angka penjualan di berbagai platform marketplace menjadi tinggi. Itulah sebabnya banyak seller yang berlomba-lomba menjajakan produknya di platform ini untuk menjangkau pembeli secara online.

Nah, dari platform marketplace yang ada, manakah yang menjadi favorit para seller? Pertanyaan ini terjawab melalui survei yang dilakukan Ipsos, sebuah perusahaan riset pasar dan jajak pendapat, di mana Shopee menempati peringkat tertinggi dengan persentase sebesar 65%, disusul Tokopedia di peringkat kedua dengan persentase 9%, Tiktok 9%, dan Lazada 6%.

Adapun pilihan tersebut berdasarkan pada platform yang dianggap memberikan omzet banyak pada seller. Selanjutnya untuk marketplace yang paling memberikan keuntungan, lagi-lagi Shopee berada di peringkat teratas dengan persentase 59%, diikuti Tokopedia 20%, TikTok Shop 8%, dan Lazada 7%.

Menurut Andi Sukma, Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance Ipsos Indonesia, belanja online telah menjadi alternatif utama bagi masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan. Seiring dengan hal tersebut, bermunculan pelaku usaha yang mencoba memenuhi tingginya permintaan di berbagai platform marketplace.

“Melalui survei ini, kami ingin mengidentifikasi platform marketplace mana yang menjadi pilihan utama dalam memasarkan produk mereka, serta faktor-faktor apa saja yang menentukan pilihan tersebut,” ujarnya dalam press briefing yang digelar virtual, Jumat (25/3/2023).

Indikator Survei Daftar MarketPlace Pilihan

Andi mengungkapkan bahwa Ipsos menggunakan beberapa indikator dalam menentukan hasil surveinya. Indikator tersebut mengacu pada Top of Mind (TOM), Brand Used Most Often (BUMO), dan Loyalti Ratio yang akhirnya ditemukan bahwa Shopee memiliki performa yang unggul menurut para seller.

“Temuan ini sangat menarik, karena keunggulan Shopee berdasarkan indikator tersebut semakin memperkuat posisinya sebagai destinasi belanja online pilihan masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Memasuki bulan suci Ramadan, tentunya marketplace memiliki peranan besar dalam memfasilitasi dan mempersiapkan secara lebih baik aspek-aspek yang dimiliki untuk menciptakan ruang bagi seller untuk meningkatkan bisnis mereka. Berdasarkan survei Ipsos, 84% responden mengaku bahwa promosi dan kampanye tematik seperti Ramadan menjadi fitur yang paling dimanfaatkan dan membawa dampak positif terhadap bisnis mereka.

platform marketplace survei

Mengenai responden dari survei tersebut, Andi menngklaim pihaknya melibatkan sebanyak 220 responden melalui Ipsos Online Panel. Kategori responden adalah mereka yang telah menjadi seller di online marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan TikTok Shop, satu atau lebih marketpace, setidaknya dalam 3 bulan terakhir.

Baca juga: Bayar Layanan Apple di Indonesia Bisa Pakai ShopeePay

“Agar hasil survei ini berkualitas, kami memiliki quality control dengan 4,2 juta panel yang kita ketahui siapa mereka berdasarkan dari berapa cepat survei ini diselasaikan (speeding), apakah mereka membaca pertanyaannya (straight-lining), apakah mereka selalu memberikan jawaban yang sama untuk setiap pertanyaan (de-depulication), dan Verbatim,” pungkas Andi.

Artikel berjudul Hasil Survei Ipsos Ungkap Daftar Marketplace yang Jadi Pilihan untuk Berjualan Selama Ramadan 2023 yang ditulis oleh Chandra Wirawan pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/m1SNWJj
via IFTTT