Sebagai group perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, tidak heran jika PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) merupakan perusahaan yang terus berkembang baik dari sisi inovasi, teknologi, hingga pendapatan. Tahun 2022, perusahaan ini berhasil menorehkan laba operasional yang terbilang fantastis.

Berdasarkan informasi resmi yang diterima Gizmologi, Sabtu (25/3/2023), Telkom berhasil menutup buku tahun 2022 dengan kinerja memuaskan melalui pertumbuhan positif, baik dari sisi pendapatan, Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amrotisasi (EBITDA), dibandingkan tahun sebelumnya. Perusahaan ini membukukan pendapatan konsilidasian sebesar Rp147,31 triliun atau tumbuh 2,9% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

EBITDA perusahaan ini juga tercatat sebesar Rp78,99 triliun atau tumbuh 4,3% year-on-year (YoY) dengan laba bersih operasi Rp25,86 triliun atau tumbuh 7,7% YoY. Adapun pendapatan dan pertumbuhannya berasal dari berbagai segmen dengan rincian sebagai berikut:

  • Di segmen Mobile, Telkomsel selaku anak usaha Telkom membukukan pendapatan Rp89,04 triliun atau tumbuh 1,8% dari periode yang sama tahun lalu. Digital Business menjadi kontributor pertumbuhan kinerja dengan kontribusi sebesar 81,9% dari total pendapatan. Segmen ini tumbuh positif 6,9% YoY mencapai Rp72,93 triliun dibanding periode yang sama di tahun 2021.
  • Di segmen Consumer, pendapatan IndiHome tercatat sebesar Rp28,0 triliun atau tumbuh positif 6,4% dari periode yang sama tahun lalu, dengan kontribusi 19,0% dari total pendapatan Perseroan dan EBITDA yang stabil pada kisaran 50%. Adapun 90% pendapatan IndiHome ini dikontribusi pelanggan segmen Consumer dan selebihnya dari segmen Enterprise.
  • Di segmen Enterprise, kinerja sebesar Rp19,2 triliun didapatkan dengan layanan B2B Digital IT Services dan Enterprise Connectivity sebagai kontributor utama pendapatan. Segmen ini mencatat pertumbuhan kinerja kuartalan yang cukup signifikan pada triwulan keempat 2022 sebesar 9,3% YoY.
  • Di segmen Wholesale and International tumbuh 8,3% YoY menjadi Rp15,4 triliun dikontribusi pertumbuhan pada bisnis layanan suara wholesale internasional dan bisnis infrastruktur digital.
  • Pada bisnis tower, Mitratel membukukan pendapatan sebesar Rp7,7 triliun atau tumbuh 12,5% YoY, yang utamanya didorong oleh perolehan dari sewa menara. EBITDA dan laba bersih perusahaan sepanjang 2022 tumbuh positif 18,5% dan 29,3%.

Laba Bersih Telkom Tercapai Berkat Strategi Ini

Selain laba bersih Telkom yang terbilang fantastis, secara keseluruhan sepanjang 2022, total belanja anggaran perseroan mencapai Rp34,2 triliun atau 23,2% dari total pendapatan. Pihak Telkom mengklaim, anggaran belanja ini difokuskan pada pengembangan infrastruktur jaringan telekomunikasi demi pengalaman digital pelanggan yang lebih baik.

Mengenai pencapaian tersebut, Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom menyebutnya output dari fokus perusahaan dalam menjalankan strategi utama Five Bold Moves demi menciptakan nilai tambah dan pertumbuhan perusahaan.

laba bersih telkom

Strategi ini bertujuan untuk memperkuat posisi Perseroan sebagai perusahaan telekomunikasi digital telko kelas dunia, dengan tujuan jangka panjang untuk menciptakan nilai yang lebih tinggi bagi pemangku kepentingan. Saat ini, Telkom berfokus pada inisiatif FMC (Fixed- Mobile Convergence), InfraCo, dan DC Co (Data Center) serta terus memperkuat fundamental untuk inisiatif B2B Digital IT Service Co dan DigiCo.

Baca juga: Telkomsel Prediksi Trafik Layanan Data Naik 11,2% Selama Ramadan 2023

“Melalui strategi ini, Telkom Group dapat melakukan diversifikasi dan memperluas pangsa pasar dari bisnis B2B sekaligus dapat mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar B2C yang akan fokus dijalankan Telkomsel, sehingga pada akhirnya mampu memaksimalkan peluang dan penciptaan nilai bagi perusahaan,” pungkas Ririek menutup keterangannya mengenai laba bersih Telkom.

Artikel berjudul Laba Bersih Telkom Mencapai Rp25,86 Triliun, Ini Dia Rinciannya yang ditulis oleh Chandra Wirawan pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/nischXv
via IFTTT