Barcelona, Gizmologi – Meski gelaran MWC 2023 sudah lewat beberapa hari lalu, masih ada cukup banyak produk baru yang perlu Gizmo friends ketahui. Salah satunya smartphone yang dirilis oleh HMD Global, startup pemegang lisensi tunggal smartphone Nokia. Pasalnya, Nokia G22 hadir dengan mengedepankan faktor repairability, alias mudah diperbaiki.

Di era smartphone unibodi saat ini, susah bagi kita sebagai pengguna untuk melakukan perbaikan secara mandiri. Paling-paling, harus membawa perangkat ke pusat perbaikan resmi untuk diperbaiki oleh teknisi andal, supaya tidak merusak perangkat ketika membukanya dan mencoba melepas bagian yang perlu diganti. Meski punya tampilan unibodi standar, perangkat satu ini dirancang mudah dibuka.

Baca juga: HMD Global Bakal Memindahkan Produksi Ponsel Nokia dari China ke Eropa

HMD bahkan menggandeng iFixit, perusahaan asal Amerika Serikat yang dikenal hadirkan panduan untuk membongkar smartphone serta menyediakan alat yang dibutuhkan. Selain Nokia G22, juga dihadirkan dua seri entry-level Nokia C32 & C22 dengan spesifikasi yang tergolong pas-pasan, meski secara desain terlihat mirip.

Spesifikasi Nokia G22, Gunakan Material Daur Ulang

Nokia G22

Ya, di antara ketiganya, Nokia G22 memang jadi yang paling menarik. Smartphone ini dirilis khusus untuk mereka yang sedang mencari perangkat awet dan mudah diperbaiki secara mandiri. Mengganti baterai Nokia G22 diklaim hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit, sementara untuk layar mencapai 20 menit, dengan spare part dan alat yang bakal disediakan oleh iFixit.

Tak sampai di situ, HMD pun membuka kesempatan untuk pengunjung booth-nya di Mobile World Congress 2023 agar dapat membuktikan secara langsung betapa mudahnya mengganti komponen hardware perangkat ini. Membuka bodi belakang Nokia G22 tidak memerlukan suhu panas yang umumnya untuk menghapus perekat, serta tidak memerlukan alkohol untuk lepas baterai.

Nokia G22

Selain layar dan baterai, charging port juga bakal disediakan oleh iFixit. Dan dalam rangka mendukung gaya hidup keberlangsungan, HMD berikan dukungan 2 tahun pembaruan OS, 3 tahun pembaruan keamanan, serta masa garansi 3 tahun untuk Nokia G22 tanpa biaya tambahan. Bodi belakang Nokia G22 terbuat dari plastik daur ulang seutuhnya, dan kemasannya pun tersertifikasi bahan FSC Mix (material kayu/kertas daur ulang).

Untuk spesifikasi Nokia G22 sendiri, cukup sederhana mengingat bukanlah seri X yang lebih premium. Selain layar 6,52 inci HD+ 90Hz di depan, chipsetnya gunakan Unisoc T606 octa-core, dipadukan dengan RAM 4GB dan penyimpanan hingga 128GB. Baterai Nokia G22 berkapasitas 5,050 mAh dan mendukung 20W fast charging.

Sayangnya Nokia G22 baru hadir membawa Android 12, belum versi ke-13. Sehingga dengan janji dua tahun naik versi OS, maksimum hanya sampai Android 14 saja. Membawa setup tiga kamera (50MP+2MP+2MP), harga Nokia G22 dibanderol 179 Euro atau sekitar Rp2,9 jutaan.

Nokia C32 Hadir dengan Back Cover Kaca

Nokia C32

Selain Nokia G22, HMD Global juga Perkenalkan dua seri smartphone Android murah lainnya yakni Nokia C32 & C22. Keduanya memiliki spesifikasi yang serupa, dengan layar 6,5 inci HD+ di depan, baterai 5,000 mAh tanpa fast charging, chipset Unisoc SC9863A yang sangat jadul serta jaminan pembaruan keamanan selama dua tahun.

Jadi opsi yang sedikit lebih mahal, Nokia C32 gunakan material bodi belakang kaca, memiliki sensor utama 50MP + 2MP makro, serta sensor sidik jari samping. Sementara Nokia C22 punya bodi plastik, sensor utama 13MP, dan fingerprint sensor pada bodi belakang. Menariknya, dua smartphone ini punya kamera depan 8MP yang mendukung face unlock dengan masker sekalipun.

Lebih murah dari Nokia G22, harga Nokia C32 dibanderol 129 Euro (Rp2,1 jutaan), sementara Nokia C22 mulai 109 Euro (Rp1,7 jutaan). Belum diketahui apakah ketiganya bakal hadir secara resmi di Tanah Air atau tidak. Melihat spesifikasinya, apakah menurut Gizmo friends masih layak bersaing dengan opsi yang sudah ada saat ini?

Artikel berjudul HMD Rilis Smartphone Nokia Android yang Mudah Diperbaiki, Berikan Garansi 3 Tahun yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/tcCSFrX
via IFTTT