Jakarta, Gizmologi – ASUS ROG memperbarui lini laptop gaming mereka dengan menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-13. Tidak hanya pembaruan dari sisi hardware tapi juga tampilan dan fitur yang sengaja mereka rancang secara khusus, untuk memberikan pengalaman bermain bagi para gamers.

Total, ada enam produk yang diperkenalkan. Namun hanya empat di antaranya yang dipamerkan, meliputi ROG Strix Scar, ROG Strix G-series, ROG Zephyrus M16, ROG Zephyrus G16. Sementara ROG Flow Z13 dan TUF gaming F15 2023 hanya mengalami upgrade minor.

“Jajaran laptop gaming ROG tahun ini tidak hanya sekadar tampil dengan pembaruan spesifikasi hardware saja, tetapi juga memiliki tampilan dan fitur baru yang telah dirancang khusus untuk memanjakan para gamer dan kreator” ujar Asus Indonesia Technical Public Relations, Riandanu Madi, Selasa (28/2).

Danu mengungkapkan, seluruh lini produk ROG mengalami peningkatan dari versi sebelumnya. Bahkan 90 persen dari lini produk terbaru di tahun 2023 akan dibekali dengan teknologi Nebula Display. “Jajaran laptop gaming ROG tahun ini tidak hanya sekadar tampil dengan pembaruan spesifikasi hardware saja, tetapi juga memiliki tampilan dan fitur baru yang telah dirancang khusus untuk memanjakan para gamer dan kreator.”

Asus ROG Strix Scar 16 dan Scar 18

ASUS ROG Strix Scar 16
ASUS ROG Strix Scar 16

Menjadi top of line dari jajaran laptop gaming ROG, Strix Scar 16 dan 18 kembali tampil sebagai laptop gaming powerful untuk para hardcore gamers. Tak hanya itu keduanya dibekali prosesor High Performance i9-13980HX generasi ke-13 serta chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4090 yang mendukung Nvidia Advanced Optimus dengan TGP maksimal 175 watt.

Prosesor tersebut dipadu dengan RAM DDR5 seluas 64 GB dan kapasitas penyimpanan sebesar 2TB+2TB dengan jenis memori SSD yang mendukung standar PCIe 4.0. Untuk performa gaming yang maksimal, ROG Strix SCAR dibekali dengan ROG Intelligent Cooling Technology yang menggunakan full-width heatsink dan Tri-Fan Technology.

Ubahan paling terasa pada bentang layar ROG Strix Scar yang kini mengusung dimensi 16:10 dan memiliki modul webcam. Peningkatan lainnya terdapat pada desain keyboarad, khususnya arrow key yang kini dibuat lebih besar dan menyatu dengan tombol lainnya.

Baca Juga: Jadi yang Pertama, ASUS ROG Rilis 6 Laptop Gaming dengan Prosesor AMD Ryzen 6000 Series

Asus ROG Strix G16 dan G18

Asus ROG Strix G16

Di atas kertas, spesifikasi yang dihadirkan tak berbeda jauh dengan kakaknya ROG Strix Scar 16/18. Perbedaan yang paling mencolok terletak pada kartu pengolah grafis yang disematkan dan kapasitas memori (RAM) yang dihadirkan.

Sebab, Strix G16 dan Strix G18 datang dengan chip grafis Nvidia GeForce RTS 4080 yang mendukung Nvidia Advanced Optimus dengan TGP maksimal 175 watt. Sementara itu, kapasitas RAM yang dihadirkan mentok di LPDDR5 seluas 32 GB TB dengan jenis memori SSD yang mendukung standar PCIe 4.0.

Mainframe dari laptop ini juga sudah mengusung ROG Intelligent Cooling Technology yang menggunakan full-width heatsink dan Tri-Fan Technology. Berkat sistem pendingin baru tersebut, panas yang dihasilkan laptop bisa turun 6 persen dari model sebelumnya.

Asus ROG Zephyrus M16

Asus ROG Zephyrus M16
Asus ROG Zephyrus M16

Beralih ke model selanjutnya, ROG Zephyrus M16 kini hadir dengan AniMatrix. Mengingat ROG Zephyrus series sebelumnya merupakan laptop Asus ROG yang dikenal sebagai perangkat yang ringkas namun dengan performa mumpuni di kelasnya.

Mengusung mainframe yang sama dengan G16, ROG Zephyrus M16 akan menjadi pengganti dari lini model G15. Walau keduanya memiliki nama model yang berbeda, Zephyrus M16 dan G16 sama-sama datang dengan layar berdiagonal 16 inci, refresh rate 240Hz, tingkat kecerahan maksimal 1.100 nits, color gamut 100 persen DCI-P3, serta AniMatrix.

Laptop seri ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i9-13900H (CPU), ROG Zephyrus M16 mengandalkan grafis dari Nvidia GeForce RTX 4090 yang mendukung Nvidia Advanced Optimus dengan TGP maksimal 145 watt, sedangkan Zephyrus G16 menggunakan Nvidia GeForce RTX 4070 disertai MUX Switch serta NVIDIA Advanced Optimus.

Sistem pendingin yang digunakan adalah ROG Intelligent Cooling, Tri-Fan Technology dengan Liquid Metal dan Arc Flow Fans. Fitur pendukung lainnya adalah memiliki enam speaker dual force-cancelling woofers, dan pengisian daya cengan Thunderbolt 4.

Artikel berjudul Jajaran Laptop Gaming ASUS ROG dengan Prosesor Intel Core Generasi Ke-13 yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/KekY2lJ
via IFTTT