Fitur unggulan pada sebuah smartphone kini memang tak hanya hadir di lini flagship saja. Lewat realme C55 NFC, realme membawa strategi baru, di mana bakal ada lebih banyak fitur unggulan yang dibawa ke lini tersebut. Sehingga lebih banyak orang bisa menikmatinya, tidak terkecuali anak muda sebagai target utama.

Tidak hanya satu keunggulan utama yang dihadirkan, melainkan ada empat! Mulai dari 64MP Champion Camera, 256GB Champion Memory, pengisian daya tercepat, dan desain paling menarik di segmennya. Bisa dibilang cukup ambisius, namun kami bisa membuktikan kalau empat keunggulan tersebut nyatanya bisa membuat realme C55 NFC jadi opsi menarik saat ini.

Selain itu, realme juga berikan pengalaman user experience yang benar-benar baru di smartphone Android lewat sebuah fitur yang punya banyak potensi. Berikut ulasan lengkap atau review realme C55 NFC!

Desain

realme C55 NFC Sunshower

Jauh lebih segar! Inilah impresi pertama kami saat unboxing realme C55 NFC dan langsung melihat perangkatnya. Benar-benar kekinian berkat desainnya yang tipis, warna bodi menarik, desain modul kamera yang juga kekinian, plus sisi samping yang dirancang flat.

Unit realme C55 NFC yang kami pegang merupakan varian warna paling ngejreng, yakni Sunshower. Selain cerah, bodi belakang smartphone ini bisa tampilkan gradasi warna pelangi, ditambah beberapa garis vertikal yang bikin makin terlihat menarik. Bodinya cukup kesat, jadi tidak licin walaupun tanpa menggunakan softcase bawaan.

Pun tidak cepat membekas sidik jari karena realme kombinasikan permukaan glossy pada area kamera atas dan matte di seluruh area lainnya. Dengan ketebalan 7,89mm, realme C55 NFC mudah diselipkan ke saku celana yang sempit sekalipun. Meski dimensinya yang sedikit bongsor bisa membuatnya lebih pilih-pilih ukuran kantong.

Bobot smartphone ini juga masih relatif terjaga, kurang dari 190 gram. Dua sensor kamera yang dirancang besar pada bodi belakang mempertunjukkan kalau setup 64MP Champion Camera-nya bisa hasilkan kualitas fotografi yang baik, dan memang benar adanya. Namun sebelum itu, kita bahas bagian depan terlebih dahulu.

Layar

Layar realme C55 NFC

Buat Gizmo friends yang cari smartphone Android layar besar, realme C55 NFC bisa jadi salah satu opsi terbaik di kelasnya. Berukuran 6,72 inci, layarnya tidak hanya luas, namun berkualitas. Bisa hasilkan saturasi warna yang pas, dengan kontras dan warna hitam cukup pekat. Ditambah resolusi yang sudah full HD+ dengan refresh rate maksimum 90Hz.

Ketebalan bezel-nya sih tergolong standar—tipis di ketiga sisi dan sedikit tebal di bawah. Namun yang sudah upgrade kali ini adalah desain kamera depannya, tak lagi waterdrop, tapi sudah jauh lebih modern menggunakan desain punch-hole. Membuat tampilan depan realme C55 NFC jadi lebih premium selayaknya flagship masa kini.

Saat digunakan di luar ruangan, layar realme C55 NFC juga bakal otomatis menerapkan algoritma high-brightness yang membuatnya masih nyaman untuk digunakan. Dengan jenis layar IPS, maka sensor sidik jari diletakkan di samping kanan alias menyatu dengan tombol power. Seperti seri lainnya, instan dan bisa diandalkan.

Kamera

Kamera realme C55 NFC

Selama masa pengujian, tak jarang ada orang yang menanyakan apakah kamera smartphone realme yang satu ini berkualitas berkat bentuk sensor kamera besar. Well, realme C55 NFC membawa setup 64MP Champion Camera, di mana sensor utamanya gunakan Omnivision OV64B yang punya diafragma f/1.79 dan ukuran sensor besar 1/2 inci. Sensor yang sama juga digunakan di beberapa smartphone yang harganya lebih mahal.

Ditemani sensor B&W 2MP di sebelahnya, kamera realme C55 NFC bisa hasilkan foto yang memuaskan dalam berbagai kondisi. Saturasi warnanya tergolong pas dan memuaskan—ingin hasil foto dengan warna lebih memikat? Cukup sekali sentuh lewat fitur Chroma Boost. Dimensi sensor besar juga bisa membuat obyek lebih stand out, dengan latar lebih buram alias background blur yang lebih dominan.

Lagi hunting foto di luar? Bisa memanfaatkan Street Photography Mode yang punya sejumlah filter menarik. Sementara untuk kondisi low-light, ada baiknya untuk mengaktifkan mode malam supaya detail dan ketajaman foto masih bisa terjaga. realme C55 NFC didukung oleh software ProLight Imaging Technology yang sama dengan seri flagship, yang kami rasa benar-benar membantu untuk hasilkan foto malam berkualitas.

Sedikit catatan, saat gunakan mode malam, sudut pandang kamera akan jadi sedikit lebih terpotong. Dugaan kami, mungkin untuk membuat kinerja chipset lebih ringan dan mempercepat proses algoritma multi-frame. Hasil foto lengkap dari kamera realme C55 NFC bisa kamu akses pada album Google Photos berikut ini.

2 88QY3wd8RJK0Rj6yFNK4 wg7zg81f Gilab7P0umuipcJfAsMMsHwBH kSLMZFLvVtR6aiOkbfoWwHPus7VnJ5eOdIHq7KanT2oxpc4Fpc iTbH qdAouZu c1tQSmj CqrTeZnc=w2400
Ao GTBJSv zmSN8vAwmdu Wkf5h5427u42tR95ipNdt2ukcSK9YfZtGCdqvNq03D4qtuIn A3gj6MILnc0g92bNzTHwxoghPNKOP4PLuTTVOMUT7djNKga38aRuShc1csMi3A CndLk=w2400
JT 2 dfJMb6wFZZ9XYgPaCijTxh7WijTosp28lUrcuimCNQv69Qm TC1ZGI9lN1cOg7f2DJ 7OI9y1CmRxF5FnZ JMY5jM 6sGpstvZrGffchGZNGxIuSNEP0JGPZcZc
j96w5WSjWi2iXZX5ofw5t6VLm2nj1WPg4GG39gm0d6N7q8oCDrVNAzAxdm auOjHV6 DWxKTw8ZEBDN53a514batK00KMxSatAKujiyw7nvxTOqxgFtBdOKEPFkNFvnCxdrLn4ic5 k=w2400
ucHOooswLyNSPGCH 7rNyIExBRLe4MK7Nqj2D6HdUFqUQUAEww 4 jmlXw U3HJOdMydMr8Ok45EhcJs8J4DGOmm89f6nf1svZBbKmMrITSSqn9n66C9OZ2CTrLyJsiUwAaBskGbuzE=w2400
R87PoIJ gyzpeIyCt
izRTfo1ikF8ldxLrTQoBSdgzOf2e8x7AU8Gm0FJH10Ww49JhkU9 xzLSZrLKAzUITGea7Smu6b6i2 3eS90HgfGzYG9eJRKVL8JrZhNgQHRLKoijHjU13YHVrTih a7AmHRR0iw44lM=w2400

Untuk perekaman video, resolusi maksimum yang bisa ditangkap adalah hingga full HD 60fps. realme C55 NFC belum dilengkapi dengan sistem stabilisasi berbasis software, jadi ada baiknya untuk gunakan alat bantu tambahan supaya footage lebih stabil. Plus, hanya ada satu mikrofon di bagian bawah. Jangan sampai tertutup telapak tangan saat lakukan perekaman video/rekam suara ya.

Fitur

Mini Capsule realme C55 NFC
Mini Capsule pada realme C55 NFC

Ingin merasakan versi Android terbaru dengan tampilan antarmuka yang fresh dan mudah digunakan? realme C55 NFC sudah jalankan realme UI 4.0 berbasis Android 13. Selain lebih segar, versi Android yang satu ini bakal berikan opsi keamanan yang lebih mudah dipahami. Mulai dari lokasi perkiraan, sampai membagikan screenshot dengan informasi pribadi yang aman lewat “Auto Pixelate”.

Sesuai namanya, realme C55 NFC sudah dilengkapi dengan sensor NFC 360 derajat, yang memudahkan pengguna untuk membaca informasi dari perangkat NFC di bagian atas perangkat dari sudut mana pun. Membuat smartphone realme terjangkau satu ini pas untuk kebutuhan masyarakat di kota-kota besar yang butuh cek atau isi saldo e-money.

Terkait multimedia, sayangnya layar yang luas tidak diimbangi dengan setup speaker stereo. Meski begitu, speaker mono yang ada di bagian bawa bodi realme C55 NFC cukup berkualitas, dan bisa sangat lantang saat dibutuhkan lewat fitur volume 200% UltraBoom. Eits, masih ada satu lagi fitur realme C55 NFC yang cukup menarik, yakni Mini Capsule!

Dari teaser resmi realme Indonesia, Gizmo friends mungkin sudah bisa menebak ya. Mini Capsule pada realme C55 NFC ini menyerupai fitur Dynamic Island dari salah satu smartphone flagship populer, tampilkan notifikasi yang mengisi area sekitar kamera punch-hole. Saat ini, fungsinya masih sebatas pemberitahuan isi daya saja. Semoga ke depannya ada lebih banyak fungsi yang bisa ditampilkan.

Performa

Skor Antutu realme C55 NFC

Jadi penerus dari realme C35, realme C55 NFC membawa chipset versi lebih kencang dari MediaTek. Yakni Helio G88 octa-core 12nm yang ditemani oleh kapasitas RAM cukup luas hingga 8GB. Dan tentunya juga sudah mendukung resolusi kamera lebih tinggi.

Untuk penggunaan harian, performa realme C55 NFC bisa dibilang cukup baik. Pastikan Gizmo friends sudah melakukan proses software update alias gunakan versi terbaru. Karena setelah pembaruan, lag atau stuttering jadi lebih sedikit ditemukan. Sesekali ada, tapi masih dalam taraf yang wajar.

Buat main beberapa judul game kekinian juga masih bisa.. Overall, performa chipset realme C55 NFC bisa dibilang oke saja. Hal ini juga terbantu dengan RAM-nya yang bisa diperluas lewat fitur Dynamic RAM, hingga 16GB, agar multitasking bisa lebih lancar dan aplikasi tidak harus dijalankan dari awal.

Baterai

realme mampu menyematkan kapasitas daya yang tergolong luas di smartphone tipis terbarunya satu ini. Dengan baterai realme C55 NFC yang mencapai 5,000 mAh, kami bisa menggunakan smartphone ini dengan leluasa seharian penuh. Masih bisa digunakan bahkan sampai keesokan harinya, walaupun lebih sering akses kamera karena kualitasnya yang baik.

Yang lebih menariknya lagi, fast charging realme C55 NFC didukung dengan 33W SuperVOOC, alias lebih ngebut dari generasi sebelumnya. Kombinasi baterai awet dan pengisian daya instan menjadi nilai lebih yang patut diacungi jempol, di mana perangkat bisa terisi penuh dalam kurang lebih satu jam.

Ketika sedang buru-buru, dari 5% mencapai 50% hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit. Tentunya, adaptor charger dengan kecepatan paling tinggi sudah tersedia dalam paket penjualan, jadi kamu tak perlu merogoh kocek ekstra untuk bisa isi daya instan lewat realme C55 NFC.

Kesimpulan

realme C55 NFC

Bisa dibilang, realme berikan peningkatan paling signifikan pada C Series lewat realme C55 NFC. Bawa spesifikasi serba champion di berbagai segmen mulai dari kamera, kapasitas penyimpanan sampai kecepatan fast charging. Dikemas dalam tampilan desain yang jauh lebih segar.

Sementara fitur Mini Capsule tentu memiliki potensi yang menarik ke depannya, dan kami harap juga bisa diintegrasikan ke lebih banyak seri smartphone realme di masa mendatang. Overall, layak untuk dipertimbangkan di segmen harganya.

Kalau Gizmo friends berminat, realme C55 NFC tersedia dalam dua pilihan warna yakni Sunshower dan Rainy Night, dan akan tersedia dalam varian RAM 6GB+6GB dan ROM 128GB, serta ada juga RAM 8GB+8GB dan ROM 256GB. Bisa didapat melalui platform online, realme C55 NFC (6GB+6GB*|128GB) akan tersedia secara eksklusif di realme.com, Shopee, dan Akulaku.

Spesifikasi realme C55 NFC

realme C55 NFC
Klik pada gambar untuk spesifikasi realme C55 NFC lengkap

General

Device Type Smartphone
Model / Series realme C55 NFC
Released 07 March, 2023
Status Available
Price Rp2.499.000 (6/128), Rp2.999.000 (8/256)

Platform

Chipset Mediatek Helio G88 (12 nm)
CPU Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G52 MC2
RAM (Memory) 6GB+6GB*/8GB+8GB* LPDDR4X (Dynamic RAM)
Storage 128GB/256GB
External Storage microSD up to 1TB (dedicated slot)
Operating System Android 13
User Interface realme UI 4.0

Design

Dimensions 165.5mm*75.98mm*7.89mm(L*W*T)
Weight 189,5g
Design Features Warna: Sunshower, Rainy Night
Sunshower Design
Glass front, plastic frame, plastic back
Battery 5,000 mAh
33W SuperVOOC

Display

Screen Type IPS capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 6.72 inch, 2400x1080
Touch Screen Yes
Features 90Hz refresh rate
180Hz touch sampling rate
91,4% screen to body ratio
680 nits max brightness

Network

Network Frequency GSM, WCDMA, TD-LTE, FDD-LTE
GSM: 850/900/1800/1900MHz WCDMA: Bands 1/5/8 FDD-LTE: Bands 1/3/5/8 TD-LTE: Bands 38/40/41
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed 4G LTE

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 64MP f/1.79 Omnivision OV64B 1/2’’ sensor + 2MP f/2.4 B&W
Front 8MP f/2.0
Flash Yes
Video 1080P, 30/60fps; 720P, 30/60/960fps;
Camera Features ProLight Imaging Technology
Street Mode
Dynamic Image Snapshot (DIS)
64MP Mode
Night Mode
Starry Mode
AI Color Portrait
Bokeh Flare Portrait

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB USB Type C
GPS GPS, aGPS, GLONASS, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features - MP4/H.264/FLAC player
- MP3/eAAC+/WAV player
- Document viewer
- Photo viewer/editor
FM Radio Yes
Web Browser HTML5
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Sensors Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro (virtual), proximity, light, magnet
Other Kelengkapan:
• Charger 33W SuperVOOC
• Kabel USB Tipe-C
• Protect Case
• Protect Film
• SIM Card Tool
• Buku Panduan
• Kartu Garansi

Artikel berjudul Review realme C55 NFC: Makin Ngegas dengan Kamera & Memori Unggulan yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/eKYZD7f
via IFTTT