Jakarta, Gizmologi – Aplikasi perpesanan instan WhatsApp akhirnya merilis fitur baru yang memungkinkan penggunanya, bisa menggunakan satu akun di sejumlah perangkat sekaligus. Kehadiran fitur ini menjawab permintaan banyak pengguna WhatsApp.

“Mulai hari ini, Anda dapat masuk ke akun WhatsApp yang sama hingga empat ponsel,” tulis WhatsApp dalam postingan blognya, Rabu (26/4/2023).

Fitur baru ini merupakan perluasan dari fitur multi-device yang telah diluncurkan WhatsApp sebelumnya. Di mana pengguna bisa menghubungkan satu akun WhatsApp ke hingga empat perangkat lainnya, termasuk ponsel, tablet, dan desktop komputer.

Dengan pembaruan ini, pengguna WhatsApp dapat menautkan beberapa perangkat ‘pendamping’ tambahan dengan memindai kode QR menggunakan telepon utama mereka. Pembaruan telah mulai diluncurkan ke pengguna secara global dan akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu mendatang, menurut WhatsApp.

“Ponsel tertaut sebagai perangkat pendamping menjadikan berkirim pesan lebih mudah. Sekarang Anda dapat beralih di antara beberapa ponsel tanpa perlu keluar dan Anda dapat langsung melanjutkan chat terakhir Anda,” tulis WhatsApp.

WhatsApp mengatakan akun pengguna akan terhubung dengan masing-masing ponsel secara mandiri, artinya semua chat dan pesan sudah tersinkronisasi antar perangkat. Sehingga jika salah satu ponsel dalam keadaan mati, pengguna tetap bisa mengakses akun WhatsApp di ponsel lainnya.

Baca Juga: Ingat ya! Android Lawas Gak Bisa Lagi Pakai WhatsApp

Akun WhatsApp terhubung dengan banyak perangkat sekaligus

Akun WhatsApp
Satu akun whatsApp bisa terhubung dengan beberapa perangkat

WhatsApp akan mensinkronisasi pesan dan chat antar perangkat dalam satu tahun terakhir. Pesan akan tersinkronisasi terlepas dari sistem operasi yang digunakan ponsel, apakah itu dari Android ke iOS atau sebaliknya.

“Atau jika Anda adalah pemilik usaha kecil, karyawan Anda kini dapat langsung menjawab pesan pelanggan langsung dari ponsel mereka dengan akun WhatsApp Business yang sama,” sambungnya.

Meski bisa digunakan di dua hingga empat ponsel sekaligus, ponsel pertama akan dihitung sebagai ponsel utama. Jika ponsel utama tidak aktif dalam 14 hari, WhatsApp akan me-log out akun kalian dari perangkat lainnya. Pengguna juga bisa log out akunnya dari ponsel tertaut secara manual.

WhatsApp menegaskan semua pesan, media, dan panggilan pengguna tetap akan dilindungi dengan enkripsi end-to-end. Fitur baru ini akan digulirkan ke seluruh pengguna WhatsApp dalam beberapa pekan ke depan.

Artikel berjudul Akhirnya! Akun WhatsApp Bisa Dipakai untuk Beberapa Perangkat Sekaligus yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/eqi6V9E
via IFTTT