Jakarta, Gizmologi – Bersamaan dengan informasi spesifikasi ROG Ally yang baru saja dipublikasikan oleh ASUS, AMD juga turut meresmikan cip terbaru mereka yang digunakan pada konsol gaming handheld tersebut. Dinamakan AMD Ryzen Z1 Series, performanya lebih kencang dari yang ada pada Steam Deck.

Seperti yang kita tahu, Steam Deck sendiri telah dirilis satu tahun lalu, menggunakan cip rancangan AMD dengan arsitektur CPU Zen 2 dan GPU RDNA 2. Namun begitu, cip tersebut hadir hanya secara eksklusif, alias tidak untuk digunakan pada konsol sejenis lainnya. AMD Ryzen Z1 Series hadir berbeda, karena bakal tersedia untuk beragam konsol gaming ke depannya.

Meski begitu, AMD telah bekerja sama dengan ASUS, hadirkan AMD Ryzen Z1 Series pertama kali di ROG Ally. Beberapa hasil benchmark yang ditampilkan pun merupakan hasil uji dari produk purwarupa alias prototype milik ASUS. Berikan peningkatan angka signifikan pada performa gaming.

Baca juga: Spesifikasi ROG Ally, Jalankan Windows 11 dengan Cip AMD Ryzen Z1 Terbaru

Hadir dalam Dua Varian, Performa Tak Jauh Berbeda

Spesifikasi AMD Ryzen Z1 Series
Spesifikasi masing-masing varian AMD Ryzen Z1 Series

Disebut “Series”, AMD Ryzen Z1 bakal hadir dalam dua varian berbeda, yakni edisi standar dan Ryzen Z1 Extreme. Sama-sama gunakan prosesor Zen 4 dengan fabrikasi 4nm dan GPU RDNA 3 terbaru, keduanya memiliki perbedaan yang cukup menyeluruh. Di mana AMD Ryzen Z1 Extreme punya jumlah inti CPU dan GPU lebih banyak, serta cache lebih luas dan nilai teraflops signifikan lebih besar dibandingkan versi standar.

Namun begitu, AMD juga membagikan sebuah chart yang membandingkan performa kedua varian AMD Ryzen Z1 Series yang sama-sama diuji pada ROG Ally. Dari hasil yang dibagikan, perbedaan kedua varian cip nampak tidak begitu signifikan. Diduga karena limitasi jenis GPU yang terintegrasi, serta kecepatan memori DDR5 yang digunakan.

AMD Ryzen Z1 Series - benchmark
Hasil uji AMD Ryzen Z1 Series pada prototype ASUS ROG Ally

AMD sebutkan bila pengguna konsol gaming portabel seperti ROG Ally bisa memainkan sejumlah judul gim AAA secara lancar dengan AMD Ryzen Z1 Extreme. Untuk gim seperti Red Dead Redemption 2, misalnya, bisa menggunakan resolusi 720p yang di-upscale ke 1080p lewat teknologi Radeon Super Resolution dengan setting grafis rendah untuk mencapai kisaran 72fps.

Dan dalam pengaturan yang kurang lebih sama, gim lain seperti Grand Theft Auto V maupun Forza Horizon 4 bisa capai rata-rata masing-masing 112fps & 143fps. Hasil uji ini dilakukan lewat ROG Ally menggunakan mode Turbo, maksimalkan TDP hingga 30W. Karena baterai ROG Ally belum diketahui kapasitasnya, skor di atas bakal berpengaruh terhadap daya tahan baterai secara signifikan.

AMD Ryzen Z1 Series Pertama Untuk ROG Ally

AMD Ryzen Z1 Series - ROG Ally

Dikutip dari The Verge, prosesor AMD pada Steam Deck berjalan pada TDP 15W dan bisa digunakan untuk bermain gim kurang lebih dua jam, dengan kapasitas baterai 40Wh. Bila baterai ROG Ally punya kapasitas yang sama dan tidak memanfaatkan mode Turbo, seharusnya bisa bertahan lebih lama. Ditambah dukungan Radeon Chill yang secara otomatis menghemat daya, bergantung dari fps yang ingin dicapai.

Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, AMD Ryzen Z1 Series secara temporer tersedia eksklusif untuk ASUS, namun bisa digunakan di perangkat rilisan vendor lain ke depannya. Tantangan utama yang bakal ditemui oleh vendor konsol gaming portabel adalah menghadirkan performa tinggi sekaligus berikan efisiensi daya terbaik. Ditambah penggunaan OS seperti Windows 11 yang dikenal cukup boros daya, dibandingkan SteamOS milik Valve.

Untuk membuktikan performa dan efisiensi daya AMD Ryzen Z1 Series, kita masih harus menantikan kehadiran resmi ASUS ROG Ally pada Mei mendatang. Sayangnya walaupun sudah diumumkan spesifikasinya, harga dan ketersediaan konsol terbaru satu ini masih belum dibocorkan sampai 11 Mei mendatang.

Artikel berjudul AMD Ryzen Z1 Series Diresmikan, Cip Khusus Konsol Gaming Handheld dengan GPU RDNA 3 yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/FIWb9Oc
via IFTTT