Taipei, Gizmologi – Ketika banyak vendor yang merilis konten April Mop pada awal bulan kemarin, ASUS melakukan hal yang berbeda dengan memperkenalkan sebuah perangkat bernama ROG Ally lewat sebuah video. Dianggap sekadar menipu, ASUS berikan konfirmasi lanjutan setelahnya. Dan baru-baru ini spesifikasi ROG Ally akhirnya dibeberkan secara penuh.

Dengan prosesor mobile yang semakin powerful, memungkinkan vendor seperti ASUS untuk hadirkan perangkat kompak yang bisa dibawa ke mana saja untuk bermain game kelas AAA. Ya, secara spesifikasi ROG Ally memang nampak dibuat untuk hadir saingi Steam Deck yang lebih dulu tersedia di pasaran. Karena hadir belakangan, tentu ada sejumlah keunggulan tersendiri.

Baca juga: ASUS ROG Phone 7 Series Diresmikan, Punya Sistem Pendingin Canggih!

ASUS memang belum menyebutkan secara gamblang berapa harga ROG Ally—untuk yang satu ini, baru akan disebutkan pada peluncuran resmi nantinya di 11 Mei 2023. Meski begitu, disebut kalau harganya bakal tidak melebihi USD1000, alias kurang dari Rp15 juta. Untuk harga setara smartphone flagship masa kini, apa yang bisa didapat?

Spesifikasi ROG Ally Diperkuat dengan Cip Baru AMD

Spesifikasi ROG Ally

Berbeda dengan Steam Deck, ASUS ROG Ally tampil cerah dengan warna dominan putih. Bobotnya juga lebih ringan di kisaran 600 gram saja, di mana ASUS sebutkan kalau penggunanya bakal tetap merasa nyaman menggunakan perangkat konsol gaming portabel ini dalam waktu lama. Ditambah dengan sejumlah grip di sisi kiri dan kanan, serta bagian belakangnya.

Bodi ROG Ally juga dirancang anti-slip, sementara untuk mendukung fitur keamanan, ASUS bahkan sematkan sensor sidik jari di bagian bodinya. Lalu bagaimana dengan spesifikasi ROG Ally pada sektor performa? Bintang utamanya adalah prosesor AMD Ryzen Z1 Series, sebuah cip yang dirancang khusus untuk perangkat handheld-gaming.

Spesifikasi ROG Ally

Prosesor baru tersebut berperan penting pada pengalaman gaming di ROG Ally. Pasalnya, konsol portabel satu ini jalankan Windows 11 agar bisa jalankan sejumlah gim berat. Dengan fabrikasi 4nm, 6 inti CPU dan 12 thread, ditambah AMD RDNA 3 compute unit, spesifikasi ROG Ally diklaim bakal cukup untuk berikan performa optimal sekaligus daya tahan baterai lebih lama.

Konsumen nantinya bisa memilih spesifikasi ROG Ally dengan kapasitas RAM hingga 16GB LPDDR5 serta penyimpanan hingga 512GB PCIe Gen 4 (masih bisa ditambah lewat slot kartu microSD UHS-11). Menariknya lagi, ASUS sematkan sistem pendingin dengan dua bilah kipas, heatsink dan lainnya yang diklaim bisa beroperasi optimal dalam segala orientasi perangkat. Jalankan Windows 11, ASUS juga bakal berikan gratis Xbox Game Pass 90 hari untuk menjajal game lebih banyak.

Punya Layar Touchscreen 120Hz

Spesifikasi ROG Ally

Lalu bagaimana dengan aspek spesifikasi ROG Ally lainnya? Panel layar yang digunakan bisa dibilang superior, memiliki resolusi full HD dengan refresh rate maksimum 120Hz, kecerahan maksimum 500 nits serta waktu respon 7ms. Ditambah dukungan AMD FreeSync Premium, ASUS memastikan agar banyak judul game bisa berjalan lancar tanpa screen tearing dan lainnya.

Selain speaker stereo yang mendukung Dolby Atmos di depan, tentu pengguna ROG Ally dapat memasangkan perangkat ke monitor eksternal. Tak hanya itu, port yang diletakkan di atas juga bisa disambungkan dengan eGPU eksternal seperti ASUS XG Mobile.

Secara software, ASUS juga menyematkan software Armoury Crate khusus sebagai portal game dan kendali sejumlah fitur lainnya. Pengguna juga dapat menambahkan berbagai judul game baru secara mudah dengan dukungan layar sentuh dan Windows 11 yang sudah lebih optimal untuk touchscreen. Apakah Gizmo friends menantikan kehadirannya secara resmi di Tanah Air?

Artikel berjudul Spesifikasi ROG Ally, Jalankan Windows 11 dengan Cip AMD Ryzen Z1 Terbaru yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/57vV2aj
via IFTTT