Jakarta, Gizmologi – Untuk pertama kalinya sejak iPhone X dirilis hampir enam tahun silam, akhirnya Apple mengubah desain sistem kamera Face ID pada tampilan depan layar iPhone 14 Pro, disebut dengan Dynamic Island. Sementara bagian lain terlihat masih identik. Lantas bagaimana dengan desain iPhone 15 Pro yang bakal rilis akhir 2023 nanti?

Tentu bukan smartphone Apple namanya, kalau rumornya tidak bermunculan bahkan berbulan-bulan sejak waktu perilisan. Kini kabar terbaru datang dari 9to5Mac, yang baru saja mengunggah sejumlah gambar yang diklaim bakal akurat sebagai desain iPhone 15 Pro terbaru. Didapatkan dari berbagai sumber berbeda, setelah sebelumnya membocorkan desain dalam file dasar berformat CAD.

Setelah iPhone 14 Series diresmikan, rumor yang sangat kuat beredar adalah akhirnya Apple bakal ubah sistem sambungan port dari Lightning menjadi USB-C. Hal tersebut wajib dilakukan Apple, bila memang ingin menjual smartphone mereka di wilayah Eropa, yang mewajibkan penggunaan port berjenis lebih umum tersebut.

Baca juga: hello Resmi Dibuka, Toko Ritel Resmi Produk Apple Terbaru dari Blibli

Selain kehadiran port USB-C, rumor lain yang beredar terkait iPhone 15 Series adalah absennya slot kartu SIM, serta desain tombol yang dibuat berbeda. Di mana tombol mute tak lagi berbentuk switch, namun gunakan sensor tekan selayaknya touchpad pada semua lini MacBook terbaru.

Material Baru Untuk Desain iPhone 15 Pro

desain iPhone 15 Pro

Render desain iPhone 15 Pro terbaru didapatkan oleh kontributor 9to5Mac, pembuat aksesori Apple dengan standar MFI, serta sejumlah sumber lain. Dari gambar di atas, disebutkan bila Apple untuk pertama kalinya bakal gunakan frame atau bingkai berbahan titanium. Tak hanya itu, lekukan pada sisi samping juga akan dibuat lebih halus, alias tidak setajam generasi sebelumnya yang kurang nyaman dalam genggaman terutama saat tidak menggunakan case.

Sementara untuk bagian bawah, terlihat bila desain iPhone 15 Pro bakal dilengkapi dengan port USB-C. Kabarnya, untuk mengisi daya dengan kecepatan paling instan, konsumen harus membeli aksesori dengan standar sertifikasi khusus dari Apple.

desain iPhone 15 Pro

 

Lalu di sisi samping kiri, Apple bakal gunakan jenis tombol serupa touchpad MacBook, di mana baik tombol volume maupun mute sama-sama dibuat keras, dan dibekali haptic engine untuk replikasi efek getar setiap ditekan. Masih belum ada informasi apakah tombol ini hanya akan berfungsi ketika kunci layar terbuka atau tidak.

desain iPhone 15 Pro
iPhone 14 Pro (kiri) vs iPhone 15 Pro (kanan)

Tidak hanya sisi belakang dan samping, bagian depan iPhone 15 Pro juga bakal dilengkapi dengan keempat bezel yang semakin tipis, yakni hanya 1,55mm saja. Bila Apple masih gunakan ukuran layar yang sama, bisa jadi desain iPhone 15 Pro secara keseluruhan menjadi lebih kecil, atau tetap sama namun diameter layar lebih luas.

Periskop Khusus iPhone 15 Pro Max

desain iPhone 15 Pro

Kalau iPhone 14 Pro Series membawa teknologi hybrid zoom dan perekaman video sinematik hingga resolusi 4K, sensor kamera iPhone 15 Pro Series juga dikabarkan bakal semakin baik. Dalam foto render, disebutkan bila ukuran modul kameranya sedikit lebih besar. Namun tonjolan masing-masing sensor bakal dua kali lebih tebal dari generasi sebelumnya.

Dari rumor yang didapat oleh 9to5Mac, Apple bakal gunakan teknologi sensor baru untuk menangkap lebih banyak cahaya, dan mengurangi risiko over maupun under exposure. Menariknya, juga ada kabar bila khusus varian Pro Max, bakal punya sensor telefoto berbasis periskop, yang bisa berikan zoom lebih jauh dibandingkan versi Pro standar.

desain iPhone 15 Pro

Secara keseluruhan, desain iPhone 15 Pro Series memang masih bakal terlihat mirip-mirip saja. Konsumen yang ingin supaya smartphone Apple terbarunya lebih terlihat, bisa memilih opsi warna baru yang dirumorkan merah gelap. Bakal hadir menggantikan Deep Purple, menemani tiga opsi warna lainnya seperti White, Gold, dan Space Black.

Artikel berjudul Bocoran Terbaru Desain iPhone 15 Pro, Apa Saja Bedanya? yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/shtF7AW
via IFTTT