India, Gizmologi – Vendor smartphone yang dikenal dengan sejumlah produk pendobrak pasar, POCO kembali menghadirkan smartphone kelas entri di India. Memiliki nama POCO C51, spesifikasi terbilang unik. Tak lebih baik dari POCO C40, melainkan kembaran dari seri Redmi terjangkau yang sudah dirilis sebelumnya.

Ya, ini memang bukan pertama kalinya, smartphone POCO hadir mereplikasi smartphone rilisan Xiaomi luar dalam. Yang sering terjadi, hanya dibedakan opsi warnanya saja, dengan penempatan logo POCO di sekitar bodi belakangnya. Selain POCO C Series, sejumlah seri lainnya juga mengusung spesifikasi Redmi Note Series.

Di Indonesia sendiri, varian smartphone POCO Rp1 jutaan baru diluncurkan satu jenis saja. Lewat POCO C40, konsumen diberikan pilihan sebuah smartphone dengan baterai dan layar jumbo, namun performa yang biasa saja. Kurang lebih, kehadiran POCO C51 di India juga sama. Dibanderol dengan harga lebih murah, beberapa bagian spesifikasinya justru malah dibuat lebih sederhana.

Baca juga: POCO M5s Kini Tersedia Secara Offline, Harga Rp2 Jutaan

Desain Bodi POCO C51 Dirancang Splash Resistant

POCO C51

Seperti yang disebutkan sebelumnya, POCO C51 merupakan wujud lain dari Redmi A2+. Desainnya pun sama persis, memiliki ketebalan 9,1mm dengan bobot 192 gram. Di bodi belakangnya, disematkan modul kamera yang membawa dua sensor terpisah, sensor sidik jari, serta logo POCO di bagian bawah bodi. Spesifikasi kamera POCO C51 juga sangat sederhana.

Sensor utamanya beresolusi 8MP, sementara depth sensor di sebelahnya punya resolusi kurang dari 2MP. POCO sendiri tidak menyebutkan kehadiran mode malam, kecuali dukungan kecerdasan buatan atau AI. Di depan, terdapat kamera 5MP yang berbentuk waterdrop notch. Mengisi layar seluas 6,52 inci yang punya resolusi HD+ dan jenis panel IPS.

POCO C51

Selain touch sampling rate 120Hz, POCO juga tak sebutkan jenis proteksi layar yang disematkan pada kaca depannya. Uniknya, speaker POCO C51 disematkan di bagian atas perangkat, diklaim bisa berikan output sangat lantang. Bodi belakangnya dibuat bertekstur agar nyaman digenggam, sekaligus diberikan proteksi tahan cipratan air. Keunggulan lain yang dibawa, ada pada sektor performa.

Pertama di India dengan Helio G36

POCO C51

Bukan penerus dari POCO C40, POCO C51 membawa sejumlah upgrade sebagai suksesor POCO C31. Chipset-nya naik kelas walaupun sangat-sangat minor, dari MediaTek Helio G35 menjadi Helio G36. Sama-sama octa-core dengan inti Cortex-A53 dan fabrikasi 12nm. Kapasitas RAM-nya dibuat lebih lega, dengan opsi paling tinggi 4GB plus 3GB Extended RAM, untuk total 7GB “Turbo RAM”.

Supaya tidak membebani kinerja chipset yang pas-pasan, POCO memasangkan sistem operasi Android 13 Go edition ke dalam POCO C51. Selain lebih ringan, juga tentu akan berpengaruh terhadap konsumsi daya. Di mana POCO berikan baterai 5,000 mAh yang bisa dibilang standar. Masih gunakan port micro-USB, dan tentunya belum mendukung fast charging.

Resmi di India, harga POCO C51 dibanderol mulai INR8499, atau sekitar Rp1,55 jutaan untuk varian 4+64GB. Sementara di Indonesia sendiri, harga POCO C40 yang punya layar dan baterai lebih besar, dijual mulai Rp1,599 juta (3+32GB) & Rp1,799 juta (4+64GB). Menurut Gizmo friends, perlukah POCO C51 hadir resmi sebagai opsi tambahan?

Artikel berjudul POCO C51 Resmi di India, Versi Lain dari Redmi A2 Plus yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/7DImSuW
via IFTTT