Jakarta, Gizmologi – WhatsApp dikabarkan akan menghentikan dukungannya bagi sejumlah perangkat android lawas. Terlebih WhatsApp saat ini merupakan aplikasi messaging dengan pengguna terbesar di dunia.

Melansir WABetaInfo, dalam waktu dekat akan ada banyak pengguna Android yang tidak bisa lagi mengakses WhatsApp. Hal tersebut dikarenakan WhatsApp baru saja merilis update untuk aplikasi Android versi 2.23.9.2 lewat Google Play Beta Program.

“Update ini juga memberikan informasi lebih lanjut tentang kompatibilitas (WhatsApp) dengan sistem operasi lawas karena tampaknya tidak lagi kompatibel dengan versi Android yang lebih rendah dari 5.0,” tulis WABetaInfo dalam postingan blognya, Selasa (25/4/2023).

Untuk diketahui, Android Lollipop sendiri pertama kali diperkenalkan pada 2014. Ketika itu, Android ini menghadirkan desain Material You yang hingga sekarang masih menjadi dasar untuk tampilan Android.

WhatsApp sendiri memang sering menghentikan dukungan untuk sistem operasi dan perangkat lawas secara berkala. Hal ini dilakukan agar aplikasi bisa memanfaatkan fitur keamanan terbaru dan menyediakan pengalaman pengguna terbaik.

Meski tidak lagi mendukung perangkat yang menjalankan Android sebelum Lollipop, pengguna yang terdampak disebut tidak banyak. Data terbaru menyebut pengguna Android 4.1 sudah tidak ada, sedangkan pengguna Android 4.4 hanya sekitar 0,70 persen dari keseluruhan perangkat Android.

Baca Juga: Android 14 Beta Sudah Tersedia, Bisa Dicoba di Google Pixel

Sistem Android Lawas

Android Lawas

Dalam blog Help Center-nya, WhatsApp mengatakan mereka melihat perangkat dan software paling lawas dan memiliki pengguna paling sedikit untuk menentukan sistem operasi apa yang akan dihentikan dukungannya.

Saat ini WhatsApp masih mendukung Android 4.1 ke atas. Artinya, jika WhatsApp hanya mendukung Android 5.0 ke atas maka ponsel dengan Android 4.4. KitKat tidak akan bisa menggunakan WhatsApp lagi.

Di sisi lain, WhatsApp juga melakukan hal serupa untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi iOS. Tahun lalu, aplikasi chatting milik Meta itu telah mengumumkan berhenti mendukung iPhone yang masih menjalankan iOS 10 dan iOS 11.

WhatsApp menyebut pengguna iPhone dengan iOS 10 dan 11 tidak akan bisa lagi menggunakan layanan WhatsApp setelah 24 Oktober 2022. Dijelaskan pula lebih lanjut, perusahan menyarankan agar pengguna HP Apple memakai iPhone yang minimal menjalankan iOS 12

Artikel berjudul Ingat ya! Android Lawas Gak Bisa Lagi Pakai WhatsApp yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/9oGxrgB
via IFTTT