Jakarta, Gizmologi – Microsoft secara resmi merilis roadmap sistem operasi Windows 10 dan Windows 11 kepada publik. Dimana Windows 10 akhirnya telah mencapai update final melalui vesi 22H2 dan tidak akan ada lagi versi lain di masa mendatang.

Tuntasnya versi update untuk Windows 10 itu berarti layanan yang diberikan tidak akan lama lagi. Jason Leznek, selaku Principal Product Manager for Windows Servicing and Delivery menyampaikan bahwa pengguna hanya akan mendapatkan update keamanan secara rutin hingga 14 Oktober 2025. Tanggal tersebut juga jadi akhir dukungan terhadap fitur lain yang terdapat di dalam sistem operasi tersebut.

Artinya pengguna masih dapat menikmati layanan Windows 10 setidaknya sampai dua tahun ke depan. Setelah itu maka, mau tidak mau, harus beralih ke sistem operasi terbaru jika masih ingin mendapatkan fitur secara maksimal.

“Kami menyarankan agar Anda beralih ke Windows 11 sebab tidak akan ada lagi update fitur untuk Windows 10. Tapi jika Anda atau perusahaan masih menggunakan Windows 10, silakan update ke versi 22H2 untuk mendapatkan update keamanan bulanan,” ujar Jason.

Baca juga: Samsung Mau Gantikan Google Search dengan Microsoft Bing

Microsoft Segera Rilis LTSC Windows 11

Sebagai bagian dari layanan LTSC (Long-Term Servicing Channel), Windows 11 akan menjadi fokus baru bagi Microsoft. Sistem operasi yang dirilis pada Oktober 2021 ini memang terus dikembangkan dan banyak digunakan banyak perusahana maupun individu. Meskipun kini dominasi pengguna Windows 10 masih dominan dengan angka 73% dari seluruh total pengguna sistem operasi dari Microsoft.

Jason mendorong peralihan ke Windows 11 sebab layanan LTSC mereka akan segera dilaksankan pada periode mendatang. Rilis LTSC Windows 11 Enterprise dan Windows 11 IoT Entreprise akan mulai tersedia pada pertengahan tahun 2024 mendatang.

LTSC memberi kemudahan pada penggunanya sebab memberikan layanan secara berkesinambungan, termasuk update berkala yang menjaga sistem dapat tetap bekerja dengan baik.

Artikel berjudul Microsoft Tuntaskan Update Windows 10, Bagaiman Nasib Pengguna? yang ditulis oleh Ronggo pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/YwG39fl
via IFTTT