Jakarta, Gizmologi – Nokia berambisi untuk menghadirkan jaringan internet 4G di Bulan, pada akhir tahun 2023 ini. Kehadiran jaringan telekomunikasi dan internet ini diharapkan dapat membantu penemuan serta eksplorasi di Bulan.

Menurut laporan CNBC, layanan internet 4G yang digulirkan Nokia itu bakal dipakai untuk misi Artermis 1 NASA. Adapun misi Artermis 1 NASA bertujuan untuk membawa dan menempatkan manusia di bulan untuk pertama kalinya sejak misi Apollo 17 pada tahun 1972 silam.

“Jika hardware-nya sudah siap dan divalidasi, ada kemungkinan besar mereka dapat meluncurkannya di tahun 2023 asalkan mitra peluncuran mereka tidak mengalami kemunduran atau penundaan,” kata Anshel Sag, analis dari Moor Insights & Strategy, seperti dikutip dari Gizmodo, Rabu (3/4/2023).

Sejatinya, misi ambisius Nokia ini telah diumumkan pertama kalinya pada tahun 2020 ketika NASA memilihnya untuk proyek tersebut, dan sekarang sepertinya semuanya berjalan ke arah yang benar. Nantinya sistem telekomunikasi 4G ini akan diluncurkan menggunakan roket SpaceX.

Semua sistem dan muatan lainnya akan dibawa ke permukaan bulan menggunakan wahana pendarat Nova-C yang dirancang oleh Intuitive Machine. Selanjutnya, koneksi LTE bakal dibuat antara pendarat dan rover bulan atau tepatnya di kawah Shackleton yang berada di bagian selatan Bulan.

Baca Juga: Tinggalkan Citra Lama, Nokia Punya Logo Baru Setelah Hampir 60 Tahun

Jaringan Internet 4G LTE Nokia di Bulan

Internet 4G di Bulan
Ilustrasi rencana Nokia

Misi ini juga akan membawa robot penjelajah atau rover, dan jaringan 4G LTE yang tersedia akan menghubungkan rover dan lander. Dengan adanya jaringan internet 4G ini, Nokia berupaya menujukkan bahwa astronaut akan bisa berkomunikasi satu sama lain dan mengontrol misi menggunakan jaringan 4G di bulan.

Selain itu, para kru yang mendarat di bulan juga bisa menyiarkan video real-time, mengontrol rover, dan melakukan aktivitas lainnya menggunakan jaringan 4G tersebut. Kendati demikian, misi seperti ini sering menghadapi beberapa penundaan, mengingat Nokia belum juga belum menjelaskan secara rinci kapan layanan internet 4G LTE itu akan di luncurkan.

Nokia mengatakan menguji coba kemampuan komunikasi jarak pendek dan jarak jauh wahana pendarat dari jarak beberapa ratus meter hingga 2-3 kilometer. Perusahaan telekomunikasi asal Finlandia ini mengatakan jaringan ini akan menjadi layanan penting bagi kehadiran manusia yang berkelanjutan di Bulan dan Mars di masa depan.

“Sangat jelas bagi kami bahwa, untuk kehadiran manusia yang berkelanjutan di Bulan dan Mars di masa depan, konektivitas dan komunikasi sangatlah penting,” kata Head of the Enterprise and Industrial Automation Research Lab at Nokia Bell Labs Thierry E. Klein.

Artikel berjudul Nokia Siap Luncurkan Jaringan Internet 4G LTE di Bulan yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/MVOBKng
via IFTTT