Jakarta, Gizmologi – Ketika lebih banyak aplikasi maupun game dapat diakses secara mobile melalui smartphone, kualitas maupun kecepatan internet jadi semakin penting. Sepanjang kuartal pertama 2023, Speedtest telah menghasilkan data kecepatan internet sejumlah operator di Indonesia. Telkomsel pun jadi yang nomor satu dengan median download paling kencang.

Melalui data statistik Q1 Market Report yang baru saja dipublikasikan oleh Ookla pada bulan April ini, masyarakat dapat mengetahui bagaimana sejumlah operator seluler paling populer di Indonesia punya performa baik kecepatan unduh (download) maupun (unggah) sepanjang bulan Januari – Maret 2023. Nilai yang dihasilkan khusus hasil pengujian dari perangkat mobile yakni smartphone.

Dalam beberapa pekan terakhir, Telkomsel sendiri memang sedang disibukkan dengan proses spin-off yang dilakukan bersama Telkom. Ditargetkan rampung 1 Juli, layanan internet broadband IndiHome bakal berpindah ke Telkomsel. Sementara itu, selama periode lebaran, Telkomsel juga aktif berkontribusi dengan memberangkatkan sejumlah pemudik maupun memberikan hampers sembako pada ratusan pengemudi Gojek.

Baca juga: Gamer dan TikToker Sumbang Kenaikan Trafik Data Telkomsel hingga 11,7 Persen

Telkomsel Paling Cepat, iPhone Terbaru Mendominasi

Speedtest Uji Download Q1 2023 - Telkomsel

Kembali ke data statistik yang baru saja diterbitkan oleh Ookla lewat Speedtest Intelligence, disebutkan bila dari 5 provider teratas, Telkomsel berhasil memberikan median kecepatan unduh terkencang di 24,48 Mbps. Pada urutan kedua dan ketiga, ada XL (19,9 Mbps) dan Smartfren (16,48 Mbps). Disusul oleh IM3 Ooredoo (15,39 Mbps) di peringkat keempat dan 3 (14,36 Mbps) di peringkat kelima.

Menariknya, tidak hanya kecepatan unduh saja, nilai median untuk latensi multi-server milik Telkomsel juga yang paling rendah nilainya di 45ms, yang berarti berikan responsivitas sambungan paling tinggi. Keempat operator lainnya memiliki nilai yang kurang lebih sama di kisaran 53ms hingga 57ms, dengan 3 berada di posisi kedua dan IM3 Ooredoo pada posisi ketiga.

Mengingat nilai di atas diambil dari hasil uji perangkat smartphone, 5 tipe smartphone yang berhasil mendapatkan skor median tertinggi baik unduh maupun unggah, sama-sama merupakan rilisan dari Apple. Masing-masing adalah iPhone 13 Series (standar, Pro & Pro Max) serta iPhone 14 Pro Series. Secara tidak langsung membuktikan bila pengguna iPhone lebih banyak gunakan operator Telkomsel.

Modem Qualcomm Hasilkan Kecepatan Tertinggi

Harga Resmi iPhone 14 Series

Namun untuk brand smartphone sendiri, selain Apple yang menjadi paling atas, Samsung dan Xiaomi masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga dengan kecepatan median maupun tingkat latensi rendah terbaik. Disusul oleh realme dan vivo pada posisi keempat dan kelima.

Selain Telkomsel yang menjadi operator dengan kecepatan median paling tinggi, smartphone yang bisa mendapatkan kecepatan terbaik juga diidentifikasi memiliki modem Snapdragon X65 dari Qualcomm. Sebagai informasi, modem yang satu ini diperkenalkan pertama kali di pertengahan 2021, dan digunakan pada semua seri iPhone 14.

Selain berikan kecepatan 5G terbaik, Snapdragon X65 juga memungkinkan iPhone seri terbaru untuk menghadirkan fitur sambungan ke satelit secara langsung. Bisa dimanfaatkan pada keadaan darurat, tetapi baru tersedia di sejumlah negara tertentu saja, belum termasuk Indonesia.

Artikel berjudul Speedtest: Telkomsel Jadi Operator Seluler dengan Kecepatan Download Paling Tinggi di Q1 2023 yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/QbvaqWs
via IFTTT