Jakarta, Gizmologi – Selain hadirkan pilihan aksesori kamera serta drone untuk pemula, DJI juga terus memperbarui perangkat drone kelas flagship mereka, yang ditujukan untuk para kreator maupun profesional. Setelah hadirkan seri Inspire 3, kini hadir DJI Mavic 3 Pro, membawa tiga sensor kamera utama sekaligus.

Seri Mavic sendiri merupakan salah satu seri drone premium yang dirilis oleh DJI. Generasi sebelumnya, Mavic 3 hadir membawa dua sensor utama untuk berikan kualitas paling tinggi dan kemampuan zoom jauh. Versi Pro kini hadir dengan sensor tambahan ‘mid-telephoto’, bisa dibilang serupa sensor portrait pada flagship Android terkini.

Mid-telephoto pada DJI Mavic 3 Pro Series berikan kemampuan zoom yang cukup sekaligus aperture cukup besar, yang bisa dimanfaatkan untuk ambil beragam skenario sesuai keinginan penggunanya. Selain versi standar, juga hadir DJI Mavic 3 Pro Cine yang dilengkapi dengan penyimpanan ekstra besar, serta kecepatan transfer data lebih instan untuk para profesional.

Baca juga: DJI Inspire 3 Hadir untuk Sinematografi Profesional Kualitas 8K

Sensor Telefoto DJI Mavic 3 Pro Bisa Zoom Sampai 28x

DJI Mavic 3 Pro

Dengan tiga sensor kamera utama, DJI Mavic 3 Pro masih membawa sensor utama micro four thirds (MFT) CMOS yang ada di generasi sebelumnya, beresolusi 20MP, punya sudut pandang ekuivalen 24mm dan rentang diafragma f/2.8 – f/11. Sensor tersebut mendukung rentang ISO 100 – 6400, mampu rekam video hingga resolusi 5.1k 50fps maupun 4K regular dalam 120fps.

Bekerja sama dengan Hasselblad, pengguna bisa rekam video dengan warna yang akurat secara langsung lewat Hasselblad Natural Color Science (HNCS), mempersingkat proses editing setelah perekaman berlangsung. Beralih ke telefoto, ada sejumlah peningkatan dari sensor 12MP 1/2 incinya. Kini punya diafragma lebih besar di f/3.4 (vs f/4.4) dan zoom lebih jauh 7x optical zoom atau ekuivalen 166mm (vs 162mm). Bisa rekam video hingga 4K 60fps.

DJI Mavic 3 Pro

Dan yang terbaru adalah sensor medium tele 1/1,3 inci dengan 3x zoom (70mm), beresolusi 48MP yang mendukung pixel binning 12MP, diafragma f/2.8 dan perekaman video 4K 60fps. DJI sebutkan bila sensor baru pada DJI Mavic 3 Pro ini pas digunakan untuk mode perekaman Hyperlapse, atau kondisi perekaman dengan area gerak lebih terbatas.

Ketiga sensor kamera Hasselblad pada DJI Mavic 3 Pro didukung oleh stabilisasi gimbal 3-axis, termasuk tilt, roll, dan pan. Juga terdapat sensor omnidirectional untuk menghindari rintangan obyek secara otomatis dari segala sisi dan tingkat kemiringan. Drone terbaru DJI satu ini juga mendukung mode 10-bit D-Log M baru hingga 1 milyar warna, untuk gradasi warna natural lebih pas di skenario dengan kontras tinggi seperti kondisi matahari terbit dan terbenam.

Harga Mulai Rp44 Jutaan

DJI Mavic 3 Pro

Masa pakai DJI Mavic 3 Pro sendiri diklaim bisa mencapai 43 menit. Untuk pengendalian, sistem DJI O3+ mampu berikan live feed dalam resolusi 1080p 60fps hingga jarak 15 kilometer. Meski begitu, DJI menyarankan untuk tetap menggunakan perangkat ini dengan jarak yang pas, setidaknya dengan drone masih terlihat dari pandangan penggunanya. DJI juga berikan sejumlah fitur untuk membantu permudah pengendalian.

Ditujukan agar bisa digunakan oleh pemula sekaligus, ada sejumlah teknologi seperti Cruise Control yang memungkinkan DJI Mavic 3 Pro tetap terbang tanpa harus dikendalikan secara kontinu, maupun Advanced RTH (Return to Home) untuk mengembalikan drone ke titik asal dengan selamat. Ada FocusTrack yang memanfaatkan dua sensor kamera untuk memilih dan mengikuti obyek dari berbagai angle, sampai MasterShots untuk pengambilan, proses edit, dan pemberian musik secara otomatis.

Memanfaatkan Wi-Fi 6, DJI Mavic 3 Pro bisa transfer data secara nirkabel hingga 80mbps. Harga DJI Mavic 3 Pro sendiri dibanderol mulai USD2,999 (Rp44 jutaan). Sementara untuk versi Mavic 3 Pro Cine, mulai USD4,799 (Rp70 jutaan), dilengkapi penyimpanan SSD 1TB dan kabel dengan kecepatan transfer sampai 10Gbps.

Artikel berjudul DJI Mavic 3 Pro, Drone Flagship dengan 3 Sensor Kamera Hasselblad yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/syo9K3c
via IFTTT