Jakarta, Gizmologi – Aplikasi perpesanan instan WhatsApp akan menambah tiga fitur keamanan baru untuk perlindungan akun dan privasi penggunanya. Ketiga fitur baru itu antara lain Perlindungan Akun, Verifikasi Perangkat, dan Kode Keamanan Otomatis.

Pertama, fitur Perlindungan merupakan fitur baru yang bisa mencegah orang tidak dikenal mengakses akun WhatsApp kalian. Hal ini bisa terjadi jika pengguna WhatsApp menjadi korban phishing atau rekayasa sosial lalu akun mereka diambil alih oleh orang tidak bertanggung jawab.

“Fitur itu dapat membantu memperingatkan pengguna apabila ada percobaan yang tidak sah untuk memindahkan akun ke perangkat lain,” tulis WhatsApp dalam keterangan resmi yang diterima Gizmologi, Jumat (14/4/2023).

Dengan demikian, jika pengguna ingin memindahkannya akunnya ke perangkat baru, WhatsApp akan mengecek kembali bahwa pemindahan itu benar-benar dilakukan oleh pengguna. Sebagai langkah keamanan ekstra, WhatsApp juga akan meminta verifikasi dari pengguna di perangkat lamanya sebelum memindahkan akun ke perangkat baru.

Fitur baru lainnya adalah Verifikasi Perangkat yang bisa mencegah malware berbahaya mengambil alih akun. WhatsApp mengatakan malware mobile merupakan salah satu ancaman terbesar terhadap keamanan dan privasi pengguna karena bisa mengambil alih akun tanpa izin dan menggunakan akun Whatsapp kalian untuk mengirim pesan yang tidak diinginkan.

“Untuk mencegah ancaman malware, WhatsApp menambahkan cek untuk mengautentikasi akun pengguna guna melindungi mereka jika perangkatnya disusupi,” tulis WhatsApp.

Baca Juga: WhatsApp Punya Fitur Chat Lock, Biar Orang Lain Gak Bisa Buka

Fitur Keamanan Baru di WhatsApp

Fitur Keamanan Baru di WhatsApp
[Foto] Fitur Keamanan Baru WhatsApp
Terakhir ada Kode Keamanan Otomatis yang mempermudah proses verifikasi kode keamanan. Saat ini pengguna sudah bisa memverifikasi kode keamanan dengan masuk ke info kontak lalu buka tab enkripsi untuk memastikan chat yang dikirim benar-benar sampai ke penerima.

Kini WhatsApp meluncurkan fitur baru yang berdasarkan proses ‘Transparansi Kunci’ yang memungkinkan pengguna memverifikasi bahwa mereka memiliki koneksi yang aman. “Artinya, saat mengeklik tab enkripsi, Anda akan dapat segera memverifikasi bahwa pembicaraan pribadi Anda aman.”

Selain tiga fitur baru di atas, WhatsApp juga menekankan pentingnya mengamankan akun dan chat dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah (2FA) dan menggunakan fitur backup chat yang sudah terenkripsi secara end-to-end.

Rencananya ketiga fitur baru ini akan dirilis untuk semua pengguna WhatsApp di Android dan iOS dalam beberapa bulan ke depan. Bila Gizmo friends ingin mencoba lebih dulu bisa menguji fitur ini pada versi beta tester-nya.

Artikel berjudul WhatsApp Tambah 3 Fitur Keamanan Baru, Cegah Malware dan Pembajakan yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/PSeFXkR
via IFTTT