Jakarta, Gizmologi – Kamera smartphone masa kini telah dibekali dengan sensor kamera yang semakin superior, ditambah kemampuan pemrosesan gambar lebih mutakhir yang membuat hasil foto selalu tajam dan cerah. Dengan begitu, kamera smartphone sekarang sudah sangat cukup untuk food photography, alias pengambilan foto makanan yang lebih estetik.

Bila dipelajari lebih lanjut, food photography tentunya bisa menghasilkan keuntungan tersendiri, terutama ketika dibagikan ke media sosial dan berhasil menarik banyak perhatian orang. Bagi Gizmo friends yang baru ingin mempelajari teknik food photography lewat smartphone, berikut adalah sejumlah tips dasar dari vivo Indonesia yang bisa kamu terapkan secara mudah.

Ya, vivo memang baru saja merilis vivo V27 Series di Tanah Air. Varian terbaiknya, vivo V27 5G, sudah kami ulas sebelumnya dan terbukti dapat menghasilkan foto sangat berkualitas, terutama di kelas harganya. Berkat sensor 50MP Sony IMX766V yang disempurnakan lebih lanjut oleh vivo. Bisa memberikan detail tinggi bahkan pada pembesaran 2x zoom.

Baca juga: Review vivo V27 5G: Jauh Lebih Baik, Harga Tidak Naik

Alexa Tiara, PR Manager vivo Indonesia mengatakan bila pihaknya melihat popularitas food photography dan videography di kalangan penggunanya yang meningkat. “Melalui vivo V27 Series, vivo menghadirkan fitur-fitur kamera canggih yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan foto dan video yang menarik dan berkualitas tinggi.” Berikut adalah beberapa tips food photography yang bisa Gizmo friends coba.

Rencanakan Pengambilan Gambar Lebih Dulu

Kamera vivo V27 5G

Sebelum memulai untuk menerapkan sejumlah tips yang bersifat lebih teknis, perlu dilakukan perencanaan lebih dulu dalam food photography. Gizmo friends bisa meluangkan waktu lebih dulu untuk mencari inspirasi hasil foto, maupun merancang konsep lebih dulu. Mulai dari pencahayaan, jenis makanan yang akan difoto dan lainnya. Selain makanan sebagai obyek utama, juga bisa menggunakan sejumlah properti pendukung agar tangkapan gambar menjadi lebih menarik.

Atur Pencahayaan, Manfaatkan Sumber Cahaya Smartphone

Agar warna pada makanan bisa lebih terlihat dengan tekstur yang jelas, pencahayaan menjadi faktor penting dalam melakukan food photography. Bila tidak ada sumber cahaya natural yang berlimpah, perlu adanya tambahan sumber cahaya seperti lampu portabel atau lainnya. Khusus pengguna vivo V27 Series, cukup memanfaatkan Aura Light Portrait.

Berbeda dengan lampu kilat smartphone pada umumnya, Aura Light Portrait milik vivo V27 Series dirancang agar bisa pancarkan cahaya yang lebih halus, dengan intensitas yang otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan sekitar. Memastikan obyek utama termasuk makanan akan terlihat lebih terang dan jelas.

Mengaktifkan Mode Malam Untuk Mengurangi Bayangan

food photography - vivo V27 5G
Dua hasil foto yang diambil menggunakan mode portrait vivo V27 5G

Untuk pengambilan food photography di dalam ruangan, terutama dengan penambahan sumber cahaya, umumnya bakal menghasilkan bayangan mengganggu. Sebagian foto bakal terlihat memiliki pencahayaan yang pas, sementara bagian lain bisa terlihat terlalu terang (over exposure) atau terlalu gelap (under exposure). Mode malam dapat dimanfaatkan pada skenario ini, berfungsi selayaknya HDR untuk menetralkan skenario foto keseluruhan, selain membuatnya lebih cerah dan tajam.

Ambil Sebanyak Mungkin, Lakukan Proses Editing Kemudian

Supaya kamu bisa mendapatkan foto yang benar-benar memuaskan, Gizmo friends bisa memanfaatkan kapasitas memori lega pada smartphone masa kini untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya dari berbagai angle atau sudut berbeda. Setelah itu, sortir sejumlah foto hasil food photography terbaik, kemudian lakukan proses editing sesuai selera. Bisa memanfaatkan aplikasi editor bawaan, maupun aplikasi pihak ketiga seperti Snapseed atau VSCO.

Buat Kreasi Food Photography dalam Bentuk Video

Dengan maraknya tren video vertikal atau video pendek masa kini, Gizmo friends juga bisa menerapkan sejumlah tips dasar food photography di atas dalam merancang video estetik nan menarik. Pastikan makanan terlihat menarik dalam video, ambil footage sebanyak-banyaknya, kemudian lakukan proses editing dengan durasi dan gaya transisi sesuai preferensi pribadi.

vivo V27 Series bisa jadi smartphone yang cocok untuk Gizmo friends yang baru ingin menekuni food photography. Dengan penyimpanan internal 256GB yang lega, kapasitas RAM hingga 12GB ditambah 8GB extended RAM, serta baterai 4,600 mAh yang bisa diisi 50% dalam 19 menit saja lewat 66W FlashCharge, membuatnya pas untuk kebutuhan foto-foto berkualitas.

Artikel berjudul 5 Tips Bikin Konten Food Photography Lewat Smartphone yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/dTDJqCX
via IFTTT