Jakarta, Gizmologi – Meski dikabarkan sedang bersiap untuk rilis sejumlah MacBook baru sampai VR headset perdananya, Apple baru saja melakukan penyegaran pada salah satu earphone TWS terjangkaunya. Lewat merek Beats yang sudah diakuisisi, hadir Beats Studio Buds Plus yang pas dengan kiasan “serupa tapi tak sama”.

Produk kedua ini bisa dibilang mirip seperti ketika Samsung hadirkan Galaxy Buds Plus, tampak serupa dari segi desain namun komponen internalnya diperbarui secara menyeluruh, dengan kualitas lebih baik, dan harga yang lebih mahal pula. Beats Studio Buds Plus sendiri bakal jadi “senjata” Apple untuk konsumen yang menggunakan perangkat lain selain produk mereka sendiri.

Pasalnya, sejak awal Beats Studio Buds diperkenalkan, disebutkan bila earphone satu ini bakal kompatibel dan bisa tersambung secara mudah baik dengan perangkat Apple maupun Android. Lalu apa saja yang baru dari Beats Studio Buds Plus? Sebelum membahas peningkatan komponen internal, mari kita bahas tampilan eksteriornya lebih dulu.

Baca juga: Siap Kenalkan iOS 17, WWDC 2023 Bakal Ungkap VR Headset Pertama Apple

Terlihat mirip, Apple berikan opsi warna yang berbeda, yakni Ivory, Black dengan aksen emas, dan yang paling menarik adalah opsi transparan. Tak seperti Nothing, Beats Studio Buds Plus versi transparan punya warna bening mendekati abu-abu, alih-alih dibuat putih. Serta lebih menyeluruh pada bagian charging case, earbud, sampai karet eartip-nya.

Supaya bisa digunakan lebih nyaman, Beats Studio Buds Plus kini hadir dengan tambahan eartip berukuran XS, selain small, medium, dan large. Dengan sertifikasi IPX4, membuatnya aman untuk digunakan ketika berolahraga atau saat tak sengaja terkena percikan air.

Kualitas Audio & ANC Beats Studio Buds Plus Ditingkatkan

Beats Studio Buds Plus

Ketika tampak luarnya masih dibuat mirip, disebutkan bila 95% komponen internal pada Beats Studio Buds Plus dirancang baru, termasuk mikrofonnya yang punya ukuran 3 kali lebih besar. Ditambah dengan algoritma baru, serta peletakan komponen yang disempurnakan, Apple janjikan kualitas panggilan suara yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Sementara untuk pengendalian, Beats Studio Buds Plus masih dilengkapi dengan tombol pada eksterior earbud-nya, alih-alih gunakan sensor sentuh atau metode tekan seperti AirPods Pro. Masing-masing bisa diatur sampai empat pintasan berbeda, dengan opsi default tekan-dan-tahan untuk berpindah mode dari ANC ke transparan—masing-masing diklaim 1,6 kali & 2 kali lebih baik.

Beats Studio Buds Plus

Beats menyebutkan kalau mikrofon khusus feedback dan filter sekunder pada tiap earbud Beats Studio Buds Plus bisa menganalisa data audio sampai 50 ribu kali per detik, supaya suara yang dihasilkan lebih akurat, serta meminimalisir suara elektronik ketika fitur seperti ANC sedang aktif. Machine learning juga ikut berperan untuk bisa menangkap suara dari pengguna meski sedang berada di keramaian.

Beats Studio Buds Plus juga dilengkapi hardware khusus “Beats Proprietary Platform” generasi kedua, memungkinkan pengguna Apple bisa gunakan perintah suara “Hey Siri”, mencari perangkat dengan Find My, sampai perpindahan yang seamless lewat perangkat dengan akun iCloud sama. Dan pada saat yang sama, juga mendukung Google Fast Pair maupun sinkronisasi terhadap akun Google.

Meski Earbud Mungil, Baterai Cukup Awet

Beats Studio Buds Plus

Selain kualitas audio, ANC dan tingkat kenyamanan, baterai Beats Studio Buds Plus juga tetap menjadi fokus untuk ditingkatkan. Bila tanpa fitur ANC atau transparan aktif, sekali pemutaran bisa sampai 9 jam, dengan tambahan 27 jam dari charging case. Bila ANC aktif, masing-masing waktu akan menurun, menjadi 6 jam dan 18 jam.

Sayangnya, Beats Studio Buds Plus masih belum mendukung wireless charging. Sehingga pengisiannya harus gunakan port USB-C dengan kabel yang sudah tersedia dalam paket penjualannya. Fitur Fast Fuel memungkinkan pengguna mendengarkan musik dalam waktu 60 menit, lewat pengisian daya 5 menit saja.

Dengan kualitas yang naik kelas, Beats Studio Buds Plus juga ikutan naik, kini dibanderol USD169 atau Rp2,5 jutaan. Saat ini, Apple telah membuka pemesanan lewat situs resminya, dan sudah bisa didapat di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan China. Gizmo friends tertarik? Nantikan saja kehadirannya di e-commerce favorit.

Artikel berjudul Beats Studio Buds Plus Hadir dengan Komponen Internal Baru, Punya Opsi Desain Transparan yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/SRJaM2j
via IFTTT