Jakarta, Gizmologi – Setelah memperkenalkan Galaxy S Series sebagai flagship terbarunya di awal tahun, Samsung juga akan memperbarui perangkat foldable-nya pada semester berikutnya. Kalau sebelumnya di bulan Agustus, kabarnya tahun ini Galaxy Z Flip5 & Z Fold5 siap diperkenalkan lebih dulu dibandingkan periode tahun-tahun sebelumnya.

Rumor terkait peluncuran yang dipercepat memang telah bermunculan di media sosial sejak beberapa pekan lalu. Namun kali ini, informasi tersebut diperkuat oleh publikasi dari Chosun Media. Muncul setelah bocoran desain dari kedua smartphone layar lipat Samsung, dengan Galaxy Z Fold5 yang masih punya desain mirip, sementara Galaxy Z Flip5 memiliki desain layar luar lebih modern.

Layar eksternal atau cover screen yang lebih besar memang harus dimiliki oleh sebuah smartphone flip. Pasalnya, OPPO sudah bisa mengimplementasikan hal tersebut lewat kehadiran Find N2 Flip yang sudah resmi. Sementara kompetitor lainnya seperti Motorola juga tengah menyiapkan seri razr terbaru dalam waktu dekat yang juga memiliki cover screen lebih luas.

Baca juga: Resmi Dijual, Samsung Galaxy A24 LTE Tawarkan AMOLED 1000 Nits Harga Rp3 Jutaan

Alasan Samsung Mempercepat Peluncuran Foldable Terbarunya

Render Galaxy Z Fold5

Terkait peluncuran perangkat foldable Samsung yang dipercepat, Chosun Media mengklaim bila Galaxy Z Flip5 & Z Fold5 sama-sama siap diluncurkan pada 26 Juli mendatang. Sementara untuk penjualan perdananya bakal dimulai pada 11 Agustus, alias memiliki jangka waktu kurang lebih dua pekan setelah peresmiannya.

Sebagai informasi, Samsung Galaxy Z Fold4 & Z Flip4 5G diperkenalkan secara global 10 Agustus lalu, dan resmi dijual di Indonesia pada awal September. Lantas apa yang menjadi alasan vendor elektronik raksasa asal Korea Selatan ini untuk mempercepat peluncuran produknya?

Render Galaxy Z Flip5
Render Galaxy Z Flip5

Kabar dari pengamat industri smartphone sebutkan bila peluncuran yang lebih cepat merupakan “hasil” dari performa penjualan hardware semiconductor Samsung yang kurang baik pada awal tahun ini. Agar penjualan bisa lebih baik, dua produk baru tersebut diharap dapat memperbaiki pendapatan Samsung di kuartal berikutnya tahun ini.

Selain Galaxy Z Flip5 & Z Fold5, Samsung juga dikabarkan bakal memperkenalkan seri tablet terbarunya. Lengkap dengan perangkat wearables terbaru, termasuk Galaxy Watch 6 yang bakal membawa Wear OS terbaru.

Galaxy Z Flip5 & Z Fold5 Bakal Punya Hinge Baru

Render Galaxy Z Flip5
Render Galaxy Z Flip5

Dari render desain yang sudah bermunculan sejak beberapa pekan terakhir, diketahui bila Samsung bakal meluncurkan Galaxy Z Flip5 dengan cover screen jauh lebih besar. Tentu ini bisa memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan berbagai aplikasi, termasuk membaca pesan maupun lakukan pengambilan foto atau video tanpa harus membuka lipatan layar utama.

Terkait mekanisme lipatnya sendiri, keduanya juga bakal gunakan mekanisme lipatan atau hinge baru, berbentuk waterdrop. Hal tersebut guna membuat crease atau bekas lipatan di tengah menjadi lebih tidak terlihat, dan tidak menghasilkan jarak atau gap saat perangkat terlipat. Solusi ini sudah diterapkan oleh vendor lain, termasuk OPPO pada Find N2 Flip-nya.

Meski begitu, implementasi OPPO masih memiliki sejumlah batasan. Selain tidak mengantongi sertifikasi tahan air seperti Samsung, layarnya juga tidak dapat dibuka secara fleksibel seperti Samsung, terbatas pada sudut mendekati 90 derajat saja. Apakah kemudian foldable Samsung bakal punya batasan yang sama? Kita nantikan kabar atau rumor berikutnya ya.

Artikel berjudul Rumor: Samsung Galaxy Z Flip5 & Z Fold5 Bakal Diluncurkan 26 Juli Mendatang yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/y1T0LcZ
via IFTTT