Jakarta, Gizmologi – Setelah resmi menghadirkan lini flagship terbarunya untuk tahun 2023, Samsung Indonesia juga turut perbarui seri smartphone kelas menengahnya. Salah satunya adalah Samsung Galaxy A54 5G, yang membawa fitur Nightography pada kameranya. Janjikan kualitas foto terbaik pada kondisi pencahayaan minim alias low-light.

Selain perbedaan desain, Samsung juga hadirkan sejumlah peningkatan pada sektor kameranya. Awal 2023 merupakan momen di mana sejumlah vendor smartphone mulai hadirkan sensor kamera flagship ke seri mid-range. Tak terkecuali Galaxy A54 5G yang kini dipersenjatai dengan sensor utama 50MP Sony IMX766 yang banyak digunakan pada sejumlah flagship setidaknya tahun lalu.

Term “Nightography” sendiri diciptakan oleh Samsung untuk secara mudah mendeskripsikan kemampuan kamera smartphone terbaru mereka. Dengan Nightography, pengguna bisa menangkap beragam jenis momen dalam kondisi kurang cahaya maupun malam hari secara mudah, melalui kombinasi hardware dan software yang turut membantu. Lalu bagaimana kualitas Nightography pada Galaxy A54 5G, apakah sebagus seri flagship?

Baca juga: Melihat Hasil Kamera Galaxy A34 5G, Smartphone Samsung yang Makin Stylish

Spesifikasi Kamera Galaxy A54 5G

Nightography - Galaxy A54 5G

Untuk hasilkan kemampuan Nightography terbaik, kamera Samsung Galaxy A54 5G dibekali dengan sensor terbaik di kelasnya. Ya, secara resolusi memang terkesan downgrade dibandingkan generasi sebelumnya yang mencapai 64MP. Namun begitu, sensor 50MP Sony IMX766 pada Galaxy A54 5G punya dimensi sensor besar 1/1,56 inci, dengan ukuran piksel individu 1 mikron.

Ukuran piksel individu tersebut lebih besar dibandingkan sebelumnya, memungkinkan sensor menangkap lebih banyak cahaya untuk detail foto lebih baik dan lebih cerah. Ditambah dengan teknologi pixel-binning, kamera Galaxy A54 5G secara otomatis gabungkan empat piksel inidividu menjadi satu ‘super-pixel’ pada resolusi 12MP untuk detail yang lebih baik lagi.

Ditambah dengan stabilisasi berbasis hardware alias OIS, Nightography bisa lebih baik karena sensor kamera akan secara otomatis stabilkan getaran tangan saat ambil foto tanpa alat bantu seperti tripod. Selain dari segi hardware, software One UI terbaru juga bantu tingkatkan kualitas foto secara otomatis.

Fitur Scene Optimizer pada aplikasi kamera bawaan bakal aktif secara default, otomatis meningkatkan kecerahan pada gambar bila dibutuhkan. Ketika pencahayaan dirasa kurang, kamera Galaxy A54 5G bakal secara otomatis mengaktifkan mode malam tanpa harus dipilih secara manual. Memudahkan pengambilan Nightography.

Nightography Memudahkan Pengambilan Foto Malam

Penasaran dengan bagaimana kualitas Nightography dengan kamera Galaxy A54 5G? Gizmo friends bisa simak beberapa hasil foto di bawah, diambil dari sebuah listening bar dengan pencahayaan cukup remang pukul 10 malam. Semua hasil tangkapan langsung dari kamera dengan mode otomatis, tanpa proses editing sama sekali.

i8 T9KkzOzDxgAfiMDs2adQ6zEuJyYoWmfGIDKFLZt1dUzv7Xj5ryWyUTkIx7aNsQCfRdS7i8h5rDS6Co4pBve JE EBMbGgDf2fVqDVNvYyN0Oecs76wF2c2DiZd28ItX31oIteNSU=w2400
z2Boiwx33jklABBkoocANUiGdnPOu7QpC2DD CKf3vF5EoYuDhT95W0maMoPutnnx9Awxy3OwcXOi 2P0gXJXLJ88iD7Acoy4iDy5zovprOMNpP4AULZsNTw38ocahL3ZlZdlsfLQ9o=w2400
jPv7Jnpc2187aaDw9dw3VPFo1pd6Od3usHpr14Q E h7twl4JZ9eY4rfvcLnTJIgYAPNyeibRHuE8IaUy45VFTjH6U 6oQaGVvs8XyyWl9KAaomc1uV1KCsB1h7W1Duh4BiHJEasO6E=w2400

Selama mengambil foto Nightography di atas, Galaxy A54 5G secara otomatis mengaktifkan mode malam jika diperlukan, alias tidak selalu aktif pada semua foto. Ketika aktif pun, proses pengambilan foto tergolong instan, hanya membutuhkan waktu ekstra 1-2 detik saja. Di beberapa skenario, warna terlihat lebih gonjreng atau saturated—bila Gizmo friends inginkan warna natural, bisa nonaktifkan fitur Scene Optimizer yang kami sebutkan sebelumnya.

Bahkan dalam kondisi malam hari, saya masih bisa bermain dengan digital zoom tanpa khawatir kualitas foto bakal turun secara signifikan. Memang, noise masih bisa terlihat, namun masih bisa dimaklumi dan dalam jumlah yang wajar. Setidaknya tekstur foto terlihat cukup natural, tidak terlalu over-processed sampai menjadi terlalu halus.

Untuk sebuah smartphone yang dibanderol dengan harga resmi mulai Rp5,999 juta, bagaimana menurut Gizmo friends dengan kualitas Nightography pada Galaxy A54 5G?

Artikel berjudul Menjajal Nightography dengan Galaxy A54 5G, Foto Cerah Otomatis di Malam Hari yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/firl5hL
via IFTTT