China, Gizmologi – OPPO baru saja memperbarui lini OPPO Reno Series mereka di negara asalnya. Hadir dalam tiga varian berbeda, OPPO Reno 10 jadi yang paling terjangkau, dengan harga lebih terjangkau dibandingkan dua varian Reno 10 Pro lainnya yang punya spesifikasi lebih superior.

Kehadiran OPPO Reno 10 Series sendiri menimbulkan pertanyaan bagi beberapa warganet. Pasalnya, Reno 9 Series sampai saat ini belum diperkenalkan secara global. Di Indonesia, yang terbaru justru Reno 8 T Series dalam dua varian berbeda. Beberapa menduga bila OPPO bakal skip satu generasi, dan langsung hadirkan Reno 10 Series secara global dengan perubahan yang lebih masif.

Ketiga OPPO Reno 10 Series kini dibuat dengan desain yang sangat mirip dan berbeda dibandingkan generasi sebelumnya. Meninggalkan desain layar flat, kini baik sisi belakang maupun depan sama-sama memiliki lengkungan di kedua sisi kiri dan kanannya. Modul kameranya pun sangat berbeda, terlihat menonjol dengan bentuk sensor baru di bagian bawah.

Baca juga: Menelisik Desain OPPO Find N2 Flip yang Bikin Konsumen Indonesia Kepincut

Portrait OPPO Reno 10 Lebih Superior

OPPO Reno 10

Ya, salah satu “jualan” utama OPPO Reno 10 Series adalah setup kameranya. Kini varian dasarnya sudah dilengkapi dengan sensor telefoto 2x optical zoom, beresolusi 32MP f/2 dan bakal pas untuk hasilkan foto portrait. Sensor tersebut menemani sensor utama 64MP f/1.7 + 8MP f/2.2 ultra-wide. Diafragma yang lebar seharusnya membuat kamera smartphone ini bisa hasilkan foto 2x zoom yang jelas dan terang.

Sementara sensor kamera depannya masih sama seperti generasi sebelumnya, beresolusi 32MP f/2.4 gunakan Sony IMX709 rancangan OPPO dan Sony. Hanya kamera belakang OPPO Reno 10 yang mendukung perekaman 4K 30fps maupun 1080p 60fps, didukung oleh stabilisasi berbasis software alias EIS.

OPPO Reno 10

Tonjolan kamera yang cukup menyembul bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, bodi OPPO Reno 10 memiliki ketebalan hanya 7,58mm, dengan bobot 180 gram saja. Di bagian depan, disematkan layar seluas 6,7 inci yang sudah gunakan panel 3D curved OLED full HD+ 120Hz. Membuatnya semakin terlihat premium dan kekinian.

Diklaim Pas Buat Main Game

OPPO Reno 10

Chipset yang digunakan oleh OPPO Reno 10 sendiri sudah cukup matang, yakni Snapdragon 778G 6nm. Dibandingkan dengan Dimensity 1300 pada Reno8 5G, arsitektur CPU-nya sendiri identik, hanya saja clock speed pada masing-masing inti CPU punya angka lebih kecil. Opsi RAM-nya hingga 12GB, dengan penyimpanan internal sampai 512GB.

Seperti generasi sebelumnya, baterai OPPO Reno 10 yang berkapasitas 4,600 mAh bisa diisi secara instan lewat teknologi 80W SuperVOOC, hanya membutuhkan waktu 29 menit untuk mencapai 100%. Smartphone ini bakal menjalankan ColorOS 13.1 terbaru, berbasis Android 13. Dalam halaman spesifikasinya, disebutkan ketersediaan sensor inframerah yang bisa dimanfaatkan untuk alat pengendali elektronik rumahan.

Walaupun chipset-nya bukan yang paling kencang, OPPO berikan jaminan bila smartphone ini pas untuk e-sports berkat optimasi software dan hardware seperti sistem pendingin yang dirancang cukup besar, mencapai 6000mm persegi. Di China, harga OPPO Reno 10 varian terendah (8+256GB) dibanderol CNY2,499, atau mulai dari Rp5,2 jutaan. Cukup terjangkau, ya? Semoga harga resminya di Indonesia tidak terpaut jauh.

Artikel berjudul OPPO Reno 10 Hadir dengan Desain Baru, Kamera Telefoto & Layar Lengkung yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/mQyqfke
via IFTTT