Jakarta, Gizmologi – Sony akhirnya mengkonfirmasi konsol handheld terbarunya yang dinamakan Project Q. Perangkat itu memungkinkan penggunanya untuk memainkan game di PlayStation 5 (PS5) dimana saja.

“Kami akan meluncurkan perangkat khusus yang memungkinkan Anda untuk melakukan streaming game apa pun dari konsol PS5 menggunakan Remote Play melalui Wi-Fi,” kata bos PlayStation Jim Ryan sebagaimana dilansir dari The Verge, Kamis (25/5/2023).

Tak banyak informasi yang diungkapkan Ryan saat mengumumkan Project Q di Playstation Showcase. Dari segi tampilannya, konsol ini akan memiliki layar LCD serta adaptive trigger dan haptic feedback dari DualSense.

Berdasarkan rumor, game yang dimainkan di Q harus diinstal pada konsol PlayStation 5 itu sendiri – tampaknya dirancang sebagai pendamping untuk PS5 sendiri, bukan sesuatu yang akan memainkan game secara natif seperti Steam Deck atau ponsel atau bahkan streaming dari cloud.

Baca Juga: Unboxing Sony Playstation VR2: Segera Diluncurkan, Lebih Mahal dari Playstation 5

Perangkat Handheld Project Q

Project Q
Project Q dan Aksezoris Sony Earbud

“Dikenal secara internal sebagai ‘Project Q’, perangkat ini memiliki layar HD 8 inci dan semua tombol serta fitur kontroler nirkabel DualSense,” imbuhnya.

Artinya, berbekal Sony Project Q, pemilik konsol PlayStation 5 bisa memainkan permainan yang mereka sukai dimana saja. Asal terhubungan dengan jaringan internet nirkabel atau WiFi.

Rencananya konsol Project Q akan diluncurkan akhir tahun ini, tetapi Sony tidak mengatakan secara pasti kapan atau berapa harga perangkat baru tersebut. Meski begitu, kehadiran perangkat ini bisa menjadi terobosan menarik, mengingat Sony telah lama menghentikan proyek gaming handheld semenjak PSVita.

Artikel berjudul Sony Perkenalkan Project Q, Konsol Handheld Buat Main PS5 yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/SnkTweg
via IFTTT