Jakarta, Gizmologi – Filantropis, Bill Gates meyakini teknologi kecerdasan buatan (AI) berpotensi mengubah kebiasaan pengguna memakai internet di masa depan. Alhasil platform online seperti Google dan Amazon bakal mati.

Hal tersebut disampaikan Gates dalam sebuah acara bertajuk “AI Forward 2023” yang digelar di San Francisco, California, Amerika Serikat. Menurutnya teknologi AI akan sangat radikal mengubah perilaku pengguna, bahkan bisa menciptakan asisten digital personal.

“Karena Anda tidak akan pernah pergi ke situs pencarian lagi, Anda tidak akan pernah pergi ke situs produktivitas, Anda tidak akan pernah pergi ke Amazon lagi,” kata Co-founder Microsoft itu seperti dikutip dari Gizmochina, Rabu (24/5/2023).

Gates berpendapat bahwa perubahan kebiasaan ini dikontribusi oleh kehadiran suatu asisten pribadi (digital) yang amat pintar, dan tentunya sepenuhnya ditenagai dengan AI yang cerdik pula. “Teknologi semacam ini juga bisa membantu memenuhi kebutuhan pengguna dengan mudah, serta membaca artikel atau hal-hal lain yang tidak perlu Anda baca.”

Pria kelahiran 28 Oktober 1955 itu mengungkapkan, bahwa ia sebenarnya akan sangat kecewa apabila Microsoft tak menjadi salah satu perusahaan yang membuat asisten digital semacam ini. Di mana ada kemungkinan 50:50 persaingan di bidang AI ini akan dimenangkan oleh startup atau perusahaan teknologi yang sudah raksasa.

Baca Juga: Wow! Yayasan Milik Bill Gates Kucurkan Dana ke Startup Kesehatan Halodoc

Ramalan Bill Gates Soal AI

Bill Gates
Co Founder Microsoft Bill Gates

Hal ini bisa dibilang wajar karena ia merupakan salah satu pendiri Microsoft. Namun, Gates mengaku dirinya saat ini tetap legawa karena banyak startup di bidang AI yang memiliki pengembangan cukup pesat.

“Saat ini saya bangga dengan beberapa startup (di bidang AI) yang ada di dunia, salah satunya adalah Inflection.AI,” imbuh Gates.

Gates menambahkan teknologi agen pribadi yang canggih ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama sampai bisa siap digunakan. Sampai teknologi itu siap, perusahaan masih akan mengandalkan teknologi AI generatif seperti ChatGPT.

Kemudian apabila teknologi tersebut sudah bisa dipakai orang banyak, Gates menyebut bahwa perusahaan yang membuat teknologi itulah yang akan sukses. “Siapapun yang membangun dan membuat asisten pribadi berbasis AI ini, saya pikir perusahaan tersebut akan membuat terobosan yang sangat besar (di dunia),” pungkas Gates, sebagaimana dirangkum dari CNBC Internasional.

Artikel berjudul Petuah Bill Gates Soal AI yang Bakal Ubah Kebiasaan Googling yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/s5oRMBq
via IFTTT