Jakarta, Gizmologi – Dalam beberapa pekan ke depan, Google bakal mengadakan acara tahunan Google I/O yang umumnya dikhususkan untuk para pengembang, menampilkan versi Android terbaru. Selain itu, kabarnya bakal ada seri Pixel yang juga bakal diperkenalkan. Salah satunya, desain Pixel Fold yang sudah dibocorkan render resminya.

Ya, mengikuti langkah sejumlah vendor lain seperti Samsung maupun OPPO, Google akhirnya bakal merilis smartphone layar lipat pertamanya di tahun 2023. Bukan dalam format flip, tetapi fold, yang notabene punya dimensi lebih besar. Selain desain Pixel Fold, bocoran terkait tampilan dan spesifikasi Google Pixel 7a pun juga bermunculan. Dikabarkan bakal naik kelas.

Baca juga: Fitur Magic Eraser Google Pixel Kini Bisa Diakses di iPhone, Begini Caranya!

Render desain Pixel Fold terbaru sendiri dibocorkan oleh Evan Blass, sang pembocor informasi yang sudah bisa dipercaya sejak era awal Nokia merilis smartphone Lumia berbasis Windows Phone. Dari sejumlah gambar yang dibagikan Evan, terlihat bila produk foldable perdana Google satu ini terlihat cukup berbeda.

Desain Pixel Fold Tampilkan Layar Lipat Tanpa Kamera

Desain Pixel Fold

Dari tampilan luarnya, desain Pixel Fold masih membawa ciri khas desain Google Pixel terbaru—setidaknya pada bagian bodi belakangnya. Lebih tepatnya pada modul kamera yang dibuat berwarna kontras dibandingkan bodi bagian lainnya, meski tonjolannya tidak dari ujung kiri dan kanan. Sementara ketika dibuka, form factor smartphone ini terlihat lebih lebar dan lebih rendah dibandingkan Galaxy Z Fold4, alias lebih mendekati OPPO Find N2 (versi non-Flip).

Desain Pixel Fold

Layar luarnya terlihat seolah memiliki rasio yang cukup normal, dengan kamera punch-hole di bagian atas tengah dan earpiece di bagian atas. Selain camera bar, hinge pada desain Pixel Fold juga berwarna sama. Evan juga merilis gambar render Pixel Fold dalam varian warna lebih cerah, mengindikasikan ada beberapa pilihan warna ketika dirilis nantinya.

Desain Pixel Fold

Yang cukup menarik ada pada bagian dalamnya, alias layar lipat utama. Tak seperti kompetitornya, desain Pixel Fold pada bagian ini terlihat punya pendekatan berbeda. Terlihat dari bezel bagian atas dan bawah yang dirancang lebih tebal, jauh dari kesan bezel-less.

Ketebalan bezelnya mengingatkan saya ketika Google merilis Pixel 4, memiliki bezel atas cukup tebal untuk membawa sejumlah sensor demi kebutuhan face unlock. Bisa dibilang mirip, karena membuat layar bagian dalam dari Pixel Fold tidak terganggu oleh lubang kamera punch-hole.

Bakal Punya Banderol Harga Premium

Setelah desain Pixel Fold tampil secara penuh, kini hanya perlu menanti kehadiran resminya yang dikabarkan bakal muncul di Google I/O 2023, 10 Mei 2023 mendatang. Spesifikasi Pixel Fold sendiri masih belum dibocorkan sejauh Pixel 7a, namun bocoran harganya sendiri sudah tersedia. Dikabarkan bakal mencapai kisaran USD1800, atau sekitar Rp26 jutaan.

Harga yang terbilang normal. Pasalnya, produk smartphone rilisan Google memang punya harga jual cukup premium, kecuali seri Pixel A yang dibuat lebih terjangkau. Smartwatch perdananya, Pixel Watch dibanderol USD349, atau sekitar Rp5 jutaan. Membuatnya sebanding dengan Apple Watch generasi terbaru.

Artikel berjudul Render Desain Pixel Fold Tampil Secara Utuh, Bezel Lebih Tebal yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/bcnizV0
via IFTTT