Jakarta, Gizmologi – Seagate resmi meluncurkan produk penyimpanan data yang mendukung sustainability, yakni Seagate Ultra Touch. HDD eksternal ini dibuat menggunakan bahan daur ulang.

Seagate Ultra Touch HDD ini menambah jajaran hard disk penyimpanan cadangan eksternal perusahaan serta merek premium LaCie Mobile Drive yang telah dirilis sebelumnya. Produk ini jadi bagian komitmen Seagate mewujudkan netralitas karbon di tahun 2040.

“Ultra Touch HDD dibuat dari 30 persen bahan daur ulang pasca-konsumen berdasarkan berat dan memiliki kemasan 100 persen daur ulang,” ujar Dave Mosley, Kepala Pejabat Eksekutif Seagate dalam keterangannya, Senin (15/5/2023).

Terinspirasi oleh alam, hard disk ini menampilkan desain yang terkesan lembut dan mulus. Tersedia dalam dua pilihan warna, cloud white dan pebble grey. Seagate Ultra Touch HDD kompatibel dengan sistem operasi Windows, macOS, dan Chrome OS.

Produk ini tersedia dalam pilihan kapasitas 2TB, 4TB, dan 5TB. Interface yang disediakan mengadopsi USB-C yang tersedia lengkap dengan kabelnya di dalam paket penjualan. Desainnya cukup ramping dengan ketebalan 0,9 inci dan bobot 267 gram untuk versi 5TB.

“Sesuai dengan janji perusahaan untuk mencapai targetnya mendukung jejak global dengan 100 persen energi terbarukan pada tahun 2030,” imbuhnya.

Baca Juga: Review Seagate Firecuda 530 1 TB, SSD Ngebut Buat Gamer

Seagate Ultra Touch HDD Eksternal

Seagate Ultra Touch HDD
Seagate Ultra Touch HDD Eksternal

Pada aspek keamanan Seagate Ultra Touch HDD menggunakan fitur perlindungan kata sandi dan enkripsi hardware AES-256 di dalamnya. Seagate juga memberikan fitur layanan Rescue Data Recovery Services.

Jadi saat perangkat Seagate mengalami kerusakan, penggunanya masih bisa mengajukan perbaikan termasuk menyelamatkan data yang tersimpan di dalamnya. Seagate menyediakan dukungan garansi terbatas tiga tahun.

Seagate juga memperpanjang masa pakai 1,16 juta HDD dan SSD pada FY2022. Artinya hard disk eksternal ini dapat dipulihkan melalui pembaruan dan penggunaan ulang, sehingga mencegah lebih dari 540 metrik ton limbah elektronik1 dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Seagate Ultra Touch HDD tersedia di toko resmi Seagate pada Tokopedia dan Shopee. Harga yang ditawarkan dibedakan menurut kapasitasnya, model 2TB dibanderol Rp1.325.000 sementara 4TB di harga RP1.850.000 dan versi 5TB di Rp2.195.000.

Artikel berjudul Seagate Ultra Touch HDD Eksternal dari Bahan Daur Ulang yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/bzf3U1l
via IFTTT