Jakarta, Gizmologi – Bagaimana jadinya bila sebuah vendor smartwatch yang lebih fokus rilis perangkat untuk mereka yang hobi berolahraga, hadirkan perangkat dengan sensor serba lengkap dan fitur taktis? Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition adalah salah satu wujudnya, tampil sebagai rugged smartwatch serbabisa.

Berbeda dengan varian lainnya yang mungkin lebih kasual, seri Garmin Instinct lebih ditujukan untuk mereka yang berkegiatan lebih aktif, menjadi jam tangan pintar luar ruangan untuk para petualang. Desainnya yang terlihat rugged nan besar bukanlah tanpa alasan—selain agar tahan lebih lama, ada lebih banyak hardware yang disematkan, termasuk lampu LED dan panel surya.

Yang terbaru adalah Instinct 2X Series, diperkenalkan secara resmi Mei kemarin dengan Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition sebagai opsi yang lebih mahal. Dibandingkan varian standar, opsi yang satu ini mampu mendukung aktivitas operasional taktis termasuk Jumpmaster—itu lho, tentara yang lompat dari pesawat.

Saya pun berkesempatan untuk menjajal Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition secara langsung, mencoba cukup banyak fitur ya­ng tidak pernah saya temukan di smartwatch kebanyakan/yang dirilis untuk para consumer biasa.

Baca juga: Peminat Olahraga Lari Terus Bertambah, Jumlah Pengguna Smartwatch Garmin Meningkat Tajam

Desain

Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition

Ini adalah sebuah smartwatch dengan dimensi yang sangat, sangat besar. Di tangan saya yang tergolong besar saja, masih terlihat sedikit lebih besar. Dan hanya tersedia dalam satu ukuran saja—mungkin karena banyaknya sensor dan hardware yang harus disematkan ya.

Walaupun besar, bobotnya masih tidak terlalu berat menurut saya, ada di 67 gram. Kalau dilihat dan dirasa, materialnya terlihat seperti dari silikon atau material karet, dan terasa sangat nyaman. Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition gunakan material fiber-reinforced polymer baik pada sisi bezel dan modul utamanya, sementara strap-nya punya lebar 26mm.

Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition

Total ada lima tombol yang bisa digunakan untuk navigasi, berada di sisi kiri dan kanan bodi smartwatch. Di bagian atas, ada torch alias lampu senter—jadi salah satu keunggulan Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition yang membantu aktivitas luar ruangan. Nggak cuma cahaya putih aja, tapi juga bisa memancarkan warna lain seperti hijau, disebut pas untuk Night Vision. Juga ada mode strobe yang bisa diatur ritmenya.

Dirancang untuk berbagai jenis aktivitas luar ruangan, Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition bisa digunakan hingga kedalaman air 100 meter, dan sudah lolos uji militer MIL-STD-810 mulai dari suhu, jatuh, dan tekanan air.

Layar & LED

Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition

Berbeda dengan smartwatch modern yang pakai panel OLED touchscreen, layer Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition dirancang agar mudah terbaca di berbagai kondisi pencahayaan, serta tidak mengonsumsi daya terlalu banyak walaupun selalu menyala. Dengan panel transflektif, masih sangat jelas meski di bawah sinar matahari sekalipun. Secara total, jam tangan ini punya diameter 50mm.

Untuk membedakan seri ini dengan yang lain, ada tambahan teks “Tactical” di bagian bawah layarnya. Sementara bila Gizmo friends lihat lebih dekat, area di sekeliling layar tidak dibuat warna hitam pekat. Karena sejatinya ini adalah panel surya yang dimanfaatkan Garmin untuk menambah masa pakai baterainya secara otomatis. Terintegrasi langsung di bagian utama perangkat.

Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition

Materialnya pun dibuat berbeda dibandingkan versi Instinct lainnya, di mana Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition memakai “Power Glass lens” yang bisa memproduksi energi 50% lebih banyak dibandingkan seri Instinct 2 Solar sebelumnya.

Walaupun hitam putih, layar Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition dilengkapi sebuah mode khusus yakni Night Vision. Sebuah mode yang mungkin lebih banyak dipakai untuk para profesional seperti tentara, agar konten di layar tetap terlihat walaupun sedang menggunakan kacamata night vision.

Fitur

Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition

Dalam dimensinya yang sangat besar, Garmin bisa menyematkan semua sensor penting yang umumnya ada di smartwatch modern masa kini. Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition tentu bisa lakukan pemantauan Kesehatan sepanjang hari, termasuk denyut jantung, saturasi oksigen, Body Battery, Fitness Age, pengukuran tingkat stress, kualitas tidur dan lainnya. Tentunya masih ada banyak sensor lain untuk mendukung aktivitas luar ruangan. Selain GPS kelas wahid, ada ABC sensor (altimeter, barometer & compass) hingga thermometer.

Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition

Semua sensor di atas bisa dimanfaatkan untuk beragam aktivitas tentunya, termasuk TracBack routing untuk memandu pengguna kembali ke titik asal. Yang pertama diperkenalkan di Instinct 2X Solar series adalah Obstacle Course Racing, mencatat aktivitas segmen lari dan rintangan yang bisa ditentukan sebelumnya. Setelah putaran pertama berhasil ditandai, putaran berikutnya dapat terlacak otomatis. Dengan metrik lari, profil elevasi, detak jantung dan tentunya jarak.

Lalu untuk para profesional, selain ada mode Jumpmaster khusus, juga ada opsi Kill Switch untuk menghapus semua data di Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition secara instan bila diperlukan, dan Stealth Mode untuk memutus sambungan ke luar perangkat seperti smartphone. Fitur mendasar seperti notifikasi tentunya ada. Sayangnya, Garmin Pay masih belum bisa digunakan di Indonesia untuk metode pembayaran tanpa kontak.

Baterai & Panel Surya

Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition

Dalam dimensinya yang besar, tentu saja daya tahan baterai Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition bisa lebih awet, ditambah dengan panel surya. Untuk penggunaan smartwatch standar, bisa sampai 40 hari. GPS terus menerus? 60 jam (atau 145 jam dengan kombinasi solar). Gunakan mode hemat daya? Bisa sampai 100 hari.

Namun bila secara terus menerus menyerap energi dari panel surya, baterai Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition bisa mencapai tak hingga alias unlimited, baik dalam mode smartwatch maupun hemat daya. Isi dayanya sendiri memerlukan proprietary plug charger, alias harus pakai charger khusus, masih belum bisa secara wireless.

Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition

Dengan semua fitur yang serba lengkap, harga Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition dibanderol Rp8,899 juta. Terasa mahal? Relatif, karena rata-rata smartwatch dengan fitur lengkap dan dirancang khusus untuk aktivitas luar ruangan, memang hadir dengan banderol harga tinggi. Apple Watch Ultra, misalnya, yang mencapai Rp15 jutaan.

Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition adalah sebuah smartwatch yang sangat segmented. Kalau semua fitur unggulan yang saya sebutkan di atas terasa tidak diperlukan, tentu bakal lebih cocok untuk membeli varian smartwatch Garmin lainnya, seperti Venu atau vivomove yang lebih kasual. Yang pasti, bukan buat saya. Meski saya sangat terkesima ketika menjajal semua fitur eksklusifnya.

Artikel berjudul Hands-on Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition: Punya Panel Surya & Stealth Mode Khusus yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/IE2PaQS
via IFTTT