Jakarta, Gizmologi – Intel dikabarkan me-rebranding atau mengganti nama Core ‘i’ series di prosesor andalannya, menjadi Core Ultra. Setidaknya itu yang bisa menjadi gambaran terbaru untuk jajaran prosesor Intel berikutnya setelah memiliki perubahan kode nama di seri Meteor Lake.

Jadi, Intel akan menghilangkan kode nama “i” yang sudah dikenal dari Core i3, i5, i7, dan i9 generasi. Nantinya Intel hanya akan menggunakan decanal sebagai Intel Core atau Intel Core Ultra 3/5/7/9.

Perubahan citra Intel tidak mengejutkan. Awalnya penamaan Core Ultra 5 hadir di database benchmark Ashes of the Singularity pada bulan Mei, di bulan yang sama ketika CPU Core Ultra 7 ditemukan di benchmark Puget Bench Lightroom.

Menurut Intel, perubahan ini akan dimulai sejak generasi prosesor Meteor Lake agar penamaannya lebih simpel dan sesuai dengan permintaan konsumen. Meski hanya menghilangkan huruf ‘i’, ini adalah perubahan besar karena Intel sudah lebih dari satu dekade menggunakan penamaan tersebut untuk prosesornya.

Baca Juga: Gokil! Prosesor Intel Core 13th Raptor Lake Tembus 6 Ghz

Penggantian Intel Core ‘i’ Series

Rebranding Intel Core 'i' series

Selain itu, Intel juga menambahkan varian prosesor baru dari skema penamaan ini. Yaitu “Ultra” untuk varian prosesor kelas atasnya, misalnya, Intel Core Ultra 9. Namun tentu saja penamaan ini tetap akan diikuti oleh penambahan kode-kode rumit di belakangnya, mungkin akan seperti: Intel Core 9 1300AB.

Artinya penamaan baru ini dimulai dengan peluncuran Meteor Lake akhir tahun ini. Di mana ada dua SKU CPU klien Intel: chip Intel Core 3, Core 5, dan Core 7 sebagai arus utama; dan prosesor “Premium”, mungkin model kelas atas, yang nantinya disebut Core Ultra 5, Core Ultra 7, dan Core Ultra 9.

Tak hanya itu, Intel juga menekankan bahwa kartu grafis Intel Arc dapat dipasangkan dengan prosesor Core dan Core Ultra. Jadi, meskipun NVIDIA tetap menjadi kekuatan dominan sejauh ini, Intel setidaknya sudah memperoleh 4% pangsa pasar.

Di sisi lain, Intel juga sedang mengembangkan merek platform Intel Evo Edition untuk desain yang diverifikasi Evo dan memperkenalkan label perangkat Intel vPro Enterprise dan Intel vPro Essentials untuk sistem komersial yang relevan.

Artikel berjudul Intel Rebranding Core ‘i’ Series jadi Ultra yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/kjBpnAS
via IFTTT