Jakarta, Gizmologi – Salah satu vendor elektronik yang sudah sangat terkenal di Tanah Air, Sharp memang telah mencoba peruntungan mereka ke dalam pasar smartphone dalam beberapa tahun terakhir. Kali ini, giliran sang flagship Sharp AQUOS R7s yang dibawa ke Indonesia, unggulkan kemampuan kamera mumpuni.

Bisa dibilang menarik, karena ini adalah kali pertama Sharp membawa lini flagship mereka. Namun sayangnya, Sharp AQUOS R7s bukanlah yang paling baru—di negara asalnya, AQUOS R8 sudah diresmikan sebagai suksesor dalam dua varian berbeda. Sementara yang satu ini merupakan varian yang sama persis dengan yang sudah dirilis tahun lalu.

Lalu mengapa dinamakan Sharp AQUOS R7s? Dalam acara peluncurannya yang berlangsung secara luring (26/7), ada sedikit perbedaan yang terpaksa harus dilakukan. Walaupun spesifikasinya sama persis, Sharp AQUOS R7s yang hadir di Indonesia tidak bisa membawa branding Leica pada modul kamera belakangnya.

Namun ke depannya, Sharp berencana untuk rilis lebih banyak varian smartphone ke pasar lokal. Sekaligus membuat kehadiran perangkat yang dirilis di negara asalnya, lebih cepat untuk hadir di Indonesia, bahkan dalam hari yang sama.

Baca juga: Sharp AQUOS XLED Hadir di Indonesia, TV Premium Harga Mulai Rp40 Jutaan

Kamera Sharp AQUOS R7s Beresolusi 47MP

Sharp AQUOS R7s

Kalau smartphone masa kini hadir dengan lebih dari satu sensor kamera belakang, kamera Sharp AQUOS R7s hanya memanfaatkan satu sensor besar dengan diameter 1 inci, alias sama seperti kamera saku modern masa kini seperti Sony ZV-1. Bila memang sama seperti AQUOS R7, lensa kamera tersebut dimanufaktur langsung oleh Leica. Memiliki resolusi 47MP, diafragma f/1.9 dan dukungan octa-PD autofocus.

Kamera smartphone Sharp satu ini diklaim bisa abadikan momen secara cepat, meski tanpa adanya tambahan stabilisasi hardware seperti OIS, dengan pendeteksian fokus pada tubuh, wajah, hingga mata obyek seperti manusia. Dengan sudut yang lebar, sensor kamera Sharp AQUOS R7s bisa berikan sudut 0,7x layaknya kamera ultra-wide, 1x dan digital zoom dengan kualitas lebih baik.

Layar Sharp AQUOS R7s juga bisa dibilang unggul, bahkan pada standar tahun ini. Berdimensi 6,6 inci, digunakan panel IGZO OLED dengan resolusi 2730 x 1260 piksel, kecerahan maksimum hingga 2000 nits, dan refresh rate maksimum 240Hz yang bersifat adaptif agar bisa menghemat konsumsi daya perangkat.

Perangkat ini dikemas dalam material premium, menggunakan bingkai aluminium serta kaca depan dan belakang berlapis Gorilla Glass Victus. Baterainya berkapasitas 5,000 mAh, didukung dengan fast charging 27W serta dukungan Qi wireless charging.

Juga Tersedia Smartphone Baru Rp2 Jutaan

Sharp AQUOS R7s

Karena sejatinya merupakan flagship rilisan tahun lalu, spesifikasi Sharp AQUOS R7s juga tentunya setara smartphone Android premium rilisan 2022. Gunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1, RAM 12GB, serta penyimpanan internal 256GB. Menariknya, Sharp masih mampu hadirkan slot kartu microSD, sekaligus menghadirkan jack audio 3,5mm.

Di Indonesia, harga Sharp AQUOS R7s dibanderol Rp15,999 juta, dan pihak Sharp Indonesia menargetkan penjualan hingga 400 unit. Diberikan promo dengan total nilai hingga Rp1,6 juta, terdiri dari voucher GoPay Rp500 ribu, bone-conduction headphone, dan soft case eksklusif.

Sharp AQUOS R7s

Selain Sharp AQUOS R7s, juga hadir opsi smartphone Rp2 jutaan terbaru yakni Sharp AQUOS V7 Plus. Spesifikasinya tergolong sederhana, gunakan chipset Helio G37, membawa baterai 5,000 mAh dan mendukung fast charging 18W. Harga Sharp AQUOS V7 Plus dibanderol Rp2,499 juta (4+128GB) & Rp2,999 juta (6+256GB).

Diberikan promo garansi 1 tahun khusus layar pecah, serta headphone nirkabel Sharp. Keunggulan lain yang ditawarkan lewat Sharp AQUOS V7 Plus adalah dimensi layarnya yang luas, mencapai 6,745 inci dengan resolusi HD+, dan refresh rate maksimum 90Hz. Sementara setup kameranya terdiri dari sensor utama 50MP, dua sensor 2MP untuk depth dan makro, serta kamera depan 8MP berjenis waterdrop.

Artikel berjudul Sharp AQUOS R7s Dibawa ke Indonesia, Bawa Sensor 1 Inci Harga Rp16 Juta yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/feHpPgm
via IFTTT