Jakarta, Gizmologi – Meta terus membuka peluang dan koneksi bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) lokal. Terlebih ragam pemasaran digital yang dihadirkan Meta jadi upaya agar UKM naik kelas.

Country Director Meta di Indonesia, Pieter Lydian, mengatakan dalam Meta Marketing Summit Indonesia tahun ini berfokus ke tiga area, mulai dari pertumbuhan video pendek atau Reel, peran AI dalam mendukung solusi kinerja Meta seperti A+ Shopping Campaign, dan memaksimalkan fitur Business Messaging untuk mempererat ikatan dengan konsumen.

“Di Meta Marketing Summit ini kami berharap bahwa dari sisi marketeers (pemasar) itu bisa mendapatkan inspirasi-inspirasi baru, ilmu-ilmu baru, dan kemudian teknologi baru dan bisa membuat semua itu menjadi peluang,” kata Pieter saat ditemui media di kawasan Sudirman, beberapa waktu lalu.

Selain melalui Marketing Summit, Meta berupaya dalam mendukung UKM lokal dengan peluncuran “Buku Panduan #BertemudiMeta: Panduan Praktis Sukses Berbisnis di Meta untuk UKM di Indonesia”. Buku tersebut diluncurkan untuk membekali pelaku UKM di Indonesia dengan pengetahuan praktis dalam memperkuat kehadiran digital mereka di Facebook, Instagram dan Whatsapp.

Meta mengklaim bahwa potensi perkembangan UKM di atas platform-platform menunjukkan tren yang positif. Sebanyak 82 persen orang dewasa online di Indonesia berkirim pesan ke bisnis setidaknya sekali seminggu.

“Meta percaya bahwa koneksi membantu penciptaan nilai yang lebih baik karena mampu mendorong kreasi dan konversi. Ini juga yang menjadi alasan utama kami menghadirkan tema yang berfokus seputar koneksi,” tuturnya.

Baca Juga: Tokopedia Collaborative Ads Bantu Pemasaran Produk di Meta

#BertemudiMeta Biar UKM Lokal Naik Kelas

UKM Lokal naik kelas

Perpesanan bisnis atau Business Messaging pun menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan para pemilik bisnis, khususnya UKM di Indonesia, untuk menjawab tren pasar tersebut. Meta melihat bahwa fitur iklan Click to Message pada platform-platform Meta mampu mempermudah bisnis untuk menjalin koneksi dengan para pelanggan.

Meta juga mengklaim sebanyak 40 persen pengiklan Meta secara global sudah menggunakan fitur ini untuk menunjang performa bisnis mereka. Meta juga mengumumkan kampanye #TravelBestie yang berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Traveloka, Evermos, dan konten kreator.

“Kami berharap dengan adanya kerjasama antara Evermos, Meta & Kemenparekraf, pelatihan yang kami berikan di kota Medan dan Semarang dapat membantu proses digitalisasi UKM dan kemajuan ekonomi Indonesia khususnya di bidang pariwisata,” kata Vice President of Business Strategy & Operations Evermos, Azlan Indra, yang turut hadir dalam kesempatan yang sama.

Artikel berjudul Meta Berdayakan UKM Lokal Biar Naik Kelas yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/WGBkxqF
via IFTTT