Jakarta, Gizmologi – realme Indonesia selalu mencoba untuk hadirkan sejumlah fitur premium ke seri kelas menengahnya, bertujuan agar konsumen tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmatinya. Dari tahun ke tahun, kamera realme Number Series juga selalu diunggulkan. Disempurnakan lewat kombinasi hardware dan software.

Sebelum menghadirkan realme 11 Pro Series dengan sensor flagship 200MP dan teknologi seperti Super OIS, beberapa kamera realme Number Series terdahulu bisa dibilang terus berubah dan ditingkatkan sesuai masanya. Bahkan sejak awal masa pandemi di 2020, realme sempat menghadirkan sebuah smartphone kelas menengah dengan enam sensor kamera berbeda. Bisa tebak yang mana?

Merayakan anniversary kelima secara global, realme janjikan bakal terus hadirkan fitur flagship terbaru ke smartphone kelas menengahnya. Membawa semangat Leap Up, tentu kamera realme Number Series bakal terus meningkat ke depannya. Mari bernostalgia sedikit untuk melihat perkembangan teknologi kamera realme Number Series, setidaknya dalam empat tahun terakhir.

Baca juga: Strategi Leap Up realme di 2023, Hadirkan Fitur Unggulan ke Semua Segmen Harga

realme 6 Pro dengan Dua Kamera Selfie & Telefoto

Lightning Design realme 6 Pro

Ya, pada bulan Maret 2020 lalu, realme Indonesia menghadirkan sebuah produk dengan spesifikasi kamera yang cukup mentereng di masanya. Ketika smartphone kelas menengah masih umum hadir dengan hanya dua sensor kamera, smartphone yang satu ini mengusung total enam sensor berbeda.

realme 6 Pro didukung oleh dua kamera depan berjenis punch-hole yang punya sudut pandang berbeda – ultra-wide & wide – untuk kebutuhan swafoto sendiri maupun dalam bentuk grup. Sementara di belakang, hadir dengan 64MP AI Quad Camera dengan kemampuan 20x hybrid zoom. Jadi salah satu smartphone mid-range resmi yang membawa sensor telefoto milik flagship.

Selain menghadirkan 5x hybrid zoom berkualitas, realme juga mengoptimalkan sisi software smartphone ini dengan Nightscape 3.0. Di mana kamera realme Number Series satu ini bisa menangkap gambar cerah meski sumber cahayanya kurang dari 1 lux saja.

realme 7 Pro Bawa Sensor Sony 64MP

kamera realme number series realme 7 Pro

Walaupun secara jumlah sensor turun karena tak lagi membawa sensor telefoto, realme 7 Pro mengusung sensor utama Sony IMX682 f/1.8 dengan diameter sensor luas dan teknologi pixel binning. Didukung oleh kemampuan AI yang lebih baik, kualitas fotonya semakin detail dengan warna yang juga lebih akurat.

Karena sensor yang superior, kamera realme Number Series yang dirilis Oktober 2020 ini bisa hasilkan gambar dengan 2x zoom setara optical zoom. Ada fitur Pro Nightscape dengan starry mode untuk menangkap detail bintang di langit cerah, sampai mode Ultra Night Video yang berfungsi seperti mode malam pada perekaman gambar bergerak.

realme 8 Pro Jadi yang Pertama dengan Sensor 108MP

Desain realme 8 Pro

Untuk pertama kalinya di segmen mid-range, realme 8 Pro hadir membawa sensor kamera utama dengan resolusi tertinggi yakni 108MP. Membawa sensor berukuran 1/1,52 inci, sensor tersebut mendukung teknologi nano-binning yang bisa gabungkan 9 piksel individu menjadi 1 super piksel. Hasilkan foto 12MP berkualitas tinggi.

Dengan besarnya dimensi sensor, kamera realme 8 Pro bisa berikan 3x in-sensor zoom yang diklaim setara sensor telefoto (optical zoom). Pengambilan foto dalam resolusi penuh 108MP juga dimungkinkan—membuat kamera realme Number Series yang satu ini berhasil mencetak rekor MURI.

realme 9 Pro+, Pertama dengan ProLight Imaging Technology

Kamera realme 9 Pro+

Untuk performa kamera setara flagship, realme hadirkan seri realme 9 Pro+ dengan ProLight Imaging Technology. Diturunkan langsung dari seri GT, teknologi khusus tersebut merupakan gabungan dari optimalisasi software dan hardware. Terdiri dari sensor flagship Sony IMX766, AI Noise Reduction Engine 3.0, dan sistem stabilisasi ganda.

Tiga poin tersebut tentunya membantu pengambilan gambar yang lebih berkualitas. Sementara stabilisasi ganda OIS + EIS bakal terasa manfaatnya ketika merekam video tanpa alat bantu seperti gimbal. Bisa dibilang, realme 9 Pro+ menjadi salah satu smartphone dengan kamera terbaik di masanya, bahkan bila dibandingkan dengan flagship asli sekalipun.

realme 10 Pro+ Membawa 108MP ProLight Camera

realme 10 Pro+ 5G

Kalau generasi sebelumnya mengusung sensor 50MP, realme 10 Pro+ meningkatkan kemampuan ProLight Imaging Technology dengan menggabungkannya Bersama sensor 108MP Samsung HM6. Berkat tambahan teknologi baru seperti HyperShot Imaging Architecture, proses pengambilan gambar terasa instan meski jumlah piksel yang diproses jauh lebih banyak.

Sensor 108MP juga mampu memberikan kemampuan zoom lebih leluasa memanfaatkan cropping pada bagian sensor. Mode Street Photography 3.0 juga hadir dengan sejumlah filter baru yang bisa bikin foto lebih estetik. Plus, jenis watermark baru yang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif baru.

realme 11 Pro+ dengan 200MP 4x SuperZoom

realme 11 Pro+ 5G

Kembali meningkat dari yang sebelumnya, realme 11 Pro+ 5G hadir sebagai smartphone mid-range pertama dengan sensor flagship 200MP. Tidak tanggung-tanggung, jenis sensornya pun bisa dibilang yang terbaru dari Samsung, yakni ISOCELL HP3 dengan dimensi 1/1,4 inci. Membuat ukuran piksel individunya jauh lebih besar.

Besarnya sensor pada realme 11 Pro+ 5G bisa dimanfaatkan untuk memberikan 4x lossless zoom, tanpa menurunkan kualitas foto secara signifikan bila dibandingkan digital zoom standar. Teknologi Super OIS juga dihadirkan untuk membantu pengambilan gambar lebih stabil, dengan algoritma tahan guncangan 4-axis yang bisa reduksi guncangan 180% lebih baik dibandingkan solusi OIS standar.

Sudah menggunakan salah satu sensor kamera terbaik kelas flagship, lantas apa yang bakal dihadirkan realme Indonesia nantinya? Tentu hanya waktu yang dapat menjawab. Dalam waktu dekat, realme juga siap hadirkan realme 11 dengan 108MP ProLight Camera untuk segmen harga lebih terjangkau. Kita nantikan saja kehadirannya akhir bulan ini ya.

Artikel berjudul Perkembangan Kamera realme Number Series, dari 6 Sensor Kamera Sampai Sensor Flagship 200MP yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/Ila83hv
via IFTTT