Jakarta, Gizmologi – Perusahaan manufaktur chip ARM berencana untuk melakukan initial public offering (IPO) di bursa saham Amerika Serikat atau Nasdaq. Pabrikan chip yang telah diakuisisi Softbank Group itu bakal mengincar kapitalisasi senilai USD 70 miliar atau Rp1.070 triliun.

Langkah IPO ini diambil SoftBank, dengan memborong sisa saham ARM sebesar 25 persen atau senilai USD 64 miliar. Artinya dalam IPO tersebut, ARM diperkirakan akan menjadi perusahaan teknologi dengan kapitalisasi tertinggi dalam sejarah, sebagaimana dilansir dari GSM Arena, Senin (28/8/2023).

Melansir laporan Bloomberg, upaya Softbank dengan menjual saham ARM ke publik diyakini akan menghidupkan kembali pasar yang tengah lesu setahun terakhir. Apalagi dalam pendaftaran tersebut, ARM mengklaim 70 persen dari populasi dunia menggunakan produk berbasis chip ARM.

“Mereka punya pangsa pasar 49 persen dengan nilai lebih dari USD 200 miliar pada tahun 2022 lalu,” ungkap pengamat pasar saham.

Kendati ARM tidak menyebutkan proyeksi harga sahamnya. Dalam pengajuan IPO ini, ARM dilaporkan mengincar laba bersih sebesar USD 524 juta dan pendapatan USD 2,68 milyar di tahun 2023. Angka ini sedikit turun dari tahun 2022 yang sebesar USD 2,7 milyar.

Baca Juga: NVIDIA dan Softbank Batal Akuisisi ARM Senilai Rp 575 Triliun

Di bawah SoftBank ARM Incar IPO

Bos SoftBank incar IPO ARM
Chairman and chief executive officer of SoftBank, Masayoshi Son

Perlu diketahui, ARM merupakan perusahaan manufaktur yang mendesain dan memegang lisensi untuk berbagai teknologi di dalam system-on a chip (SoC), baik itu diperangkat smartphone, tablet, dan laptop. Sayangnya, kondisi ekonomi yang masih lesu pasca COVID, membuat ARM mulai mengalihkan fokus industrinya ke ranah otomotif, Cloud computing dan AI.

“Pemasukan royalti penggunaan paten dari negara-negara Asia pun menurun pada tahun 2022.”

Dalam pendaftaran tersebut ARM juga mencantumkan risiko yang bisa berdampak pada bisnis mereka. Menurutnya, IPO ini berpotensi menjadi masalah ekonomi dan politik dengan China, yang merupakan pasar HP terbesar dunia.

Rencana IPO ARM di bawah kendali SoftBank ini pun membuka banyak pertanyaan untuk menentukan kemana arah perusahaan manufaktur ini melangkah. Itu termasuk valuasinya, yang mungkin lebih rendah dari yang diharapkan SoftBank.

Artikel berjudul Perusahaan Chip ARM Mau IPO, Incar Kapitalisasi Rp 1.070 Triliun yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/54f3A1Z
via IFTTT