India, Gizmologi – Kalau Xiaomi Indonesia baru saja hadirkan opsi smartphone 4G terbarunya lewat Redmi 12, lain halnya dengan POCO di India. Vendor smartphone yang dikenal dengan produk berspesifikasi tinggi harga terjangkau satu ini baru saja memperkenalkan POCO M6 Pro 5G untuk opsi smartphone 5G yang paling terjangkau.

Ya, setidaknya sejak dua tahun terakhir, ketersediaan smartphone 5G kini kian banyak. Dinilai menarik bagi konsumen, tak sedikit vendor yang hadirkan smartphone dengan penamaan sama, namun membawa chipset berbeda demi membawa dukungan jaringan yang lebih modern tersebut. POCO M6 Pro 5G termasuk salah satunya, bahkan lebih murah dari beberapa seri 4G milik POCO sendiri.

Sama seperti seri-seri smartphone POCO sebelumnya, POCO M6 Pro 5G sejatinya bukanlah smartphone baru seutuhnya. Melainkan versi rebranding dari Redmi Note 12R yang sudah pernah diluncurkan di China, maupun Redmi 12 5G yang rilis di India baru-baru ini.

Baca juga: Review POCO X5 Pro 5G: Smartphone All-Rounder Rp3 Jutaan, Tipis & Ringan

Layar POCO M6 Pro 5G Sangat Lebar, Terlindung Gorilla Glass

POCO M6 Pro 5G

Secara tampilan, desain POCO M6 Pro 5G memang terlihat sangat mirip dengan Redmi 12, terutama desain bodinya yang memiliki permukaan flat dan peletakan modul kameranya. Tetap membawa ciri khas POCO, area sekitar kamera tetap memiliki aksen warna hitam yang cukup kontras. Tersedia dalam dua warna, yakni Power Black dan Forest Green.

Seperti Redmi terbaru, permukaan bodi belakang POCO M6 Pro 5G juga sudah menggunakan material kaca yang membuatnya lebih premium. Smartphone POCO terjangkau satu ini juga sudah membawa sertifikasi IP53. Sementara ketebalannya sendiri mencapai 8,2mm, dengan bobot hampir 200 gram. Tampilan layar depannya dibuat sedikit lebih luas dari seri M4 Pro 5G terdahulu yang absen di Tanah Air.

Layar POCO M6 Pro 5G berukuran 6,79 inci, sudah gunakan jenis kamera punch-hole, namun masih gunakan panel berjenis IPS. Resolusinya sudah mencapai full HD+, dengan refresh rate adaptif dalam nilai 30-90Hz untuk menghemat daya. Lapisan kaca depannya pun telah terproteksi oleh Corning Gorilla Glass, yang tidak disebutkan serinya.

Smartphone POCO terbaru ini hadir dengan MIUI 14 berbasis Android 13. Menariknya, POCO berani menjanjikan setidaknya naik dua kali versi Android, dan tiga tahun pembaruan keamanan.

Pakai Chipset Baru Qualcomm

POCO M6 Pro 5G

Yang menjadi daya tarik utama, tentu adalah penggunaan chipset terbaru dari Qualcomm. POCO M6 Pro 5G ditenagai oleh cip Snapdragon 4 Gen 2 yang sudah mendukung 5G, sekaligus sudah menggunakan fabrikasi 4nm untuk efisiensi daya tinggi. Tentu akan membuat kapasitas baterai POCO M6 Pro 5G yang mencapai 5,000 mAh terasa lebih awet.

POCO M6 Pro 5G sudah mendukung fast charging 18W. Seperti smartphone Xiaomi pada umumnya, diberikan adaptor charger ke dalam paket penjualan dengan kecepatan maksimum 22,5W. Di sisi belakang, kamera POCO M6 Pro 5G memiliki resolusi 50MP, ditemani dengan kamera portrait 2MP. Sementara di sisi depan, disiapkan kamera 8MP untuk kebutuhan swafoto.

Fitur esensial lainnya seperti sensor inframerah dan jack audio 3,5mm juga bisa ditemukan pada smartphone 5G Rp2 jutaan satu ini. Ya, harga POCO M6 Pro 5G dibanderol mulai INR10,999 atau Rp2,01 jutaan untuk varian 4+64GB. Namun selama periode flash sale di India, konsumen bisa mendapatkan potongan hingga INR1000 dengan metode pembayaran tertentu. Membuat harganya menjadi hanya Rp1,8 jutaan saja.

Artikel berjudul POCO M6 Pro 5G Debut dengan Snapdragon 4 Gen 2, Harga Tak Sampai Rp2 Juta yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/5gkCAm0
via IFTTT