Jakarta, Gizmologi – Platform berkirim pesan milik Meta satu ini memang tak henti-hentinya menambah fitur baru bagi seluruh penggunanya. Setelah sebelumnya berikan opsi kirim video instan, kini pengguna WhatsApp juga bisa berbagi layar dari smartphone atau laptop, ke pengguna lainnya mirip seperti aplikasi meeting digital.

Fitur berbagi layar atau screen share sendiri bisa dibilang baru populer pada era pandemi. Melalui sebuah platform panggilan video digital seperti Zoom, partisipan dapat membagikan tampilan layar mereka ke peserta panggilan video atau meeting virtual lainnya. Dengan beragam tujuan, seperti melakukan tutorial, membagikan slide presentasi dan lainnya secara mudah.

Sebelum Apple, sejumlah platform lain juga telah mencoba hadirkan fitur berbagi layar agar bisa dinikmati para pengguna. Salah satunya adalah Apple, memanfaatkan fitur seperti SharePlay agar pengguna perangkat Apple seperti iPhone dan iPad secara mudah bisa membagikan tampilan layar mereka ke pengguna lainnya. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur berbagi layar di WhatsApp?

Baca juga: Selain Nomor HP, WhatsApp Perketat Keamanan Akun dengan Verifikasi Email

Juga Mendukung Panggilan Video dalam Mode Lanskap

fitur berbagi layar screen share whatsapp - 001

Diumumkan langsung oleh sang CEO Meta, Mark Zuckerberg lewat unggahannya di Facebook, tampilan fitur berbagi layar di WhatsApp terlihat sangat familiar seperti pada platform panggilan video sejenis lainnya. Di mana akan ditampilkan layar yang sedang dibagikan, beserta tampilan dari sejumlah peserta panggilan grup lainnya dengan layout yang disesuaikan pada tampilan smartphone maupun laptop.

Seperti pada gambar di atas, terlihat sejumlah opsi yang umumnya juga ditemui pada Microsoft Teams, Zoom atau Google Meet. Di mana video partisipan dapat kita pin agar selalu tampil, serta tombol pengendalian kamera maupun mikrofon, selain tombol untuk mengakses fitur berbagi layar untuk mengambil kendali tampilan.

Cara mengakses fitur berbagi layar di WhatsApp cukup mudah, hanya dengan menekan tombol berbagi atau share ketika sedang dalam panggilan video. Pihak WhatsApp menyebutkan bila fitur berbagi layar tersedia untuk smartphone Android, iOS, serta perangkat Windows PC. Namun digulirkan secara bertahap, sehingga Gizmo friends perlu melakukan pengecekan secara berkala.

Fitur Berbagi Layar Pertama Hadir Sejak Mei Lalu

fitur berbagi layar screen share whatsapp - 001

Selain berbagi layar, WhatsApp juga menghadirkan dukungan panggilan video dalam mode lanskap atau horizontal. Opsi yang satu ini tentu diperlukan demi menghadirkan fitur berbagi layar secara tepat, sehingga lebih pas ketika diakses dari laptop atau layar besar lainnya, sehingga tidak hanya memberikan opsi portrait saja.

Dikutip dari TechCrunch, fitur ini sendiri sejatinya telah hadir sejak Mei lalu, tersedia untuk pengguna smartphone Android yang mendaftarkan diri mereka ke dalam program WhatsApp beta. Artinya, tidak membutuhkan waktu terlalu lama bagi pihak Meta untuk hadirkan sebuah fitur yang membuatnya bersaing dengan platform video conference lainnya.

Sebelumnya, WhatsApp telah hadirkan fitur untuk berbagi video secara instan dalam sebuah obrolan, hanya dengan menahan tombol kirim. Fitur serupa sudah hadir lebih dulu di platform lain seperti Telegram, memudahkan pengguna untuk membagikan video dari kamera depan maupun belakang smartphone mereka.

Artikel berjudul WhatsApp Rilis Fitur Berbagi Layar Mirip Zoom & Google Meet yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/ASEZ3hg
via IFTTT