Jakarta, Gizmologi – Dari sedikit vendor smartphone yang masih rilis perangkat dengan dimensi layar kompak, saat ini ASUS masih jadi salah satu pilihan terbaik konsumen ketika sedang mencari smartphone flagship layar mungil. Namun begitu, rumor terbaru menyebutkan bila ASUS Zenfone 10 bakal jadi yang terakhir, alias tidak akan muncul generasi terbaru.

Ya, rumor yang cukup mengagetkan ini muncul hanya beberapa bulan setelah Zenfone 10 resmi diperkenalkan secara global pada akhir bulan Juni 2023 lalu. Saat itu, ASUS hadirkan sebuah penerus dari generasi sebelumnya, memiliki tampilan eksterior serupa, namun dengan sejumlah penyempurnaan spesifikasi internal.

Beberapa di antaranya termasuk chipset Snapdragon 8 Gen 2, layar AMOLED 144Hz, kamera yang lebih stabil, sampai dukungan wireless charging. ASUS Zenfone 10 sendiri masih belum kunjung hadir secara resmi di Tanah Air. Meski begitu, sertifikasi TKDN-nya sudah terbit sejak beberapa waktu lalu. Menandakan bila ASUS sudah siap untuk membawanya hadir resmi setelah ROG Phone 7 Series.

Baca juga: Harga Rp11 Jutaan, ASUS ROG Ally Siap Jadi Steamdeck Killer

Zenfone Hilang, Fokus ke ROG Phone?

ASUS Zenfone 9

Rumor terkait dihentikannya seri ASUS Zenfone diberitakan oleh salah satu situs asal Taiwan, TechNews. Dalam sebuah artikel, dikabarkan bila ASUS sedang merancang ulang struktur perusahaan. Dari rencana tersebut, sebuah surat internal menyebutkan bila tidak sedikit karyawan yang bekerja untuk pengembangan seri Zenfone terpaksa harus berhenti, atau dipindahkan ke tim ROG.

Dengan kata lain, ke depannya ASUS hanya akan mengembangkan smartphone gaming terbaiknya yang memang unggul di pasaran, alias ROG Phone Series. Dikutip dari Nextpit, kabar yang disampaikan di atas sesuai dengan kabar lain yang sempat disampaikan oleh situs Digitimes pada bulan Juli lalu.

Digitimes menyebutkan bila kantor regional ASUS yang berada di wilayah Taiwan dan China terkena dampak paling besar, yakni terhadap tren PC dan pasar perangkat mobile yang turun mulai tahun lalu sampai setidaknya semester pertama 2023. Lantas bagaimana dengan nasib ASUS Zenfone 10 maupun seri Zenfone 9 yang masih dijual resmi di Tanah Air?

Pengguna Zenfone 9 & Zenfone 10 Dipastikan Tetap Aman

ASUS Zenfone 9

Terkait rumor yang sedang hangat di atas, Advent Jose, Mobile Phone & Gaming Product Marketing, ASUS Indonesia mengatakan bila pihaknya masih belum bisa memberikan jawaban atas rumor tersebut. “Masih belum ada informasi terkait hal tersebut dari pusat, namun akan segera kami kabari ketika ada update terbaru,” jelasnya lewat sebuah konfirmasi pesan teks pada Senin (28/8).

Namun begitu, Advent menjelaskan bila masa depan pembaruan perangkat Zenfone 9 serta Zenfone 10 bakal tetap berjalan seperti seharusnya. “Untuk ASUS Zenfone 9, pastinya (komitmen pembaruan) akan tetap berjalan sesuai dengan skema update-nya,” tambah Jose. Sebagai informasi, flagship layar mungil tersebut dijanjikan bakal mendapat setidaknya dua tahun pembaruan OS.

Diluncurkan akhir 2022 kemarin secara global, setidaknya Zenfone 9 masih bakal mendapat pembaruan hingga tahun 2024. Lain halnya dengan ASUS Zenfone 10, di mana ASUS memastikan setidaknya dua kali pembaruan OS, dan empat tahun pembaruan keamanan hingga tahun 2027.

Dengan begitu, konsumen tidak perlu khawatir kelak Zenfone 10 pada akhirnya hadir resmi di Tanah Air, meski ada kemungkinan tidak ada generasi penerusnya tahun depan. Apakah Gizmo friends masih menantikan kehadiran dari Zenfone 11 di tahun berikutnya?

Artikel berjudul Seri ASUS Zenfone Bakal Dihentikan? Ini Jawaban ASUS Indonesia yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/VdScjvX
via IFTTT