Jakarta, Gizmologi – Para penggemar game MOBA League of Legends (LoL) segera bersiap untuk menyambut perhelatan primer League of Legends World Championship 2023 yang sebentar lagi akan dimulai. Event yang juga dikenal sebagai Worlds ini menjadi puncak kompetisi LoL, mempertemukan tim-tim terbaik dari 9 regional untuk berkompetisi menjadi juara dunia. Perhelatan Worlds kali ini akan berlangsung di LoL Park, Seoul pada tanggal 10-15 Oktober 2023.

Tema League of Legends World Championship tahun ini adalah ‘The Grind. The Glory’. Sebagai puncak kompetisi, LoL Worlds diselenggarakan setelah puncak season reguler di regional penyelanggara selesai dan menghasilkan para juaranya. Akan ada 22 tim yang berkompetisi di Worlds, dengan 8 tim di antaranya memulai dari kompetisi Play-In Stage. Dan alokasi seed dalam kompetisi ditentukan oleh performa internasional tiap regional sebelumnya.

Secara keseluruhan akan ada tiga stage kompetisi dalam ajang Worlds, yakni Play-In Stage, Swiss Stage, dan Knockout Stage (Quarterfinal, Semifinal, dan Final). Berikut ini daftar tim yang akan bertanding dalam kompetisi League of Legends World Championship 2023.

CINA – LPL
Seed ke-1: JDG Intel Esports Club (JDG)
Seed ke-2: Bilibili Gaming Pingan Bank (BLG)
Seed ke-3: LNG Esports (LNG)Seed ke-4: Weibo Gaming Faw Audi (WBG)

KOREA – LCK
Seed ke-1: Gen.G (GEN)
Seed ke-2: T1 (T1)
Seed ke-3: KT Rolster (KT)
Seed ke-4: Dplus KIA (DK)

EROPA – LEC
Seed ke-1: G2 Esports (G2)
Seed ke-2: Fnatic (FNC)
Seed ke-3: MAD Lions (MAD)

AMERIKA UTARA – LCS
Seed ke-1: NRG (NRG)
Seed ke-2: Cloud9 (C9)
Seed ke-3: Team Liquid Honda (TL)

ASIA TENGGARA– PCS
Seed ke-1: PSG.Talon (PSG)
Seed ke-2: CTBC Flying Oyster (CFO)

VIETNAM – VCS
Seed ke-1: GAM Esports (GAM)
Seed ke-2: Team Whales (TW)

BRASIL – CBLOL
LOUD (LLL)

JEPANG – LJL
DetonatioN FocusMe (DFM)

AMERIKA LATIN – LLA
Movistar R7 (R7)

PEMENANG WORLDS QUALIFYING SERIES
Akan ditentukan pada 9 Oktober antara Golden Guardians (GG) dari LCS dan Team BDS
(BDS) dari LEC.

Baca juga: iPhone 15 Pro Sanggup Libas Game Assassin’s Creed Mirage hingga RE4 Remake

Aturan dan Jadwal dan League of Legends World Championship

Bagi Gizmofriends yang baru akan menonton League of Legends World Championship tahun ini, pahami aturan berikut agar dapat mengikuti jalannya kompetisi dengan lebih seru.

Play-In akan memulai turnamen dengan seed ke-1 dan ke-2 dari VCS dan PCS, seed ke-1 dari LLA, CBLOL, dan LJL, serta pemenang dari Worlds Qualifying Series League of Legends World Championship antara seed ke-4 LCS dan LEC. Ke-8 tim ini telah diundi dan dimasukkan ke dalam dua bracket eliminasi ganda best-of-three. Tim yang meraih peringkat teratas dari tiap bracket akan berhadapan dengan tim peringkat kedua dari bracket lainnya dalam pertandingan final best-of-five. Pemenang dari tiap pertandingan ini akan mendapatkan tempat di Swiss Stage. Format 10 pertandingan pertama adalah best-of-three dan dua pertandingan final berformat best-of-five.

Swiss Stage: 19-23 Okt; 26-29 Okt
Dua tim yang lolos kualifikasi ke Play-In Stage akan bergabung dengan 3 tim seed teratas dari LEC dan LCS serta 4 tim seed teratas dari LCK dan LPL. Ke-16 tim ini akan dibagi ke dalam empat pool undian—Seed 1, Seed 2, Seed 3, dan Seed 4 + Play-In Qualifier. Mereka akan diundi untuk dimasukkan ke 8 pertandingan best-of-one awal berdasarkan seeding mereka. Tim Pool 1 akan bermain melawan tim Pool 4 dan tim Pool 2 akan bermain melawan tim Pool 3.

Selain itu, tidak ada tim yang akan melawan tim dari regional mereka sendiri di ronde pertama. Setelah pertandingan ronde pertama, akan ada pengundian lagi untuk ronde kedua untuk menandingkan tim dengan rekor yang sama melawan satu sama lain—kali ini pengundian
dilakukan tanpa batasan tertentu. Turnamen akan mengulangi proses ini untuk 3 ronde permainan lagi, mempertemukan tim dengan rekor seimbang satu sama lain hingga mereka mencapai 3 kemenangan untuk melaju, atau 3 kekalahan untuk tereliminasi dari kompetisi. Ada total 8 tim yang akan melaju ke Knockout. Sementara ronde awal adalah best-of-one, semua pertandingan lanjutan dan eliminasi akan menggunakan sistem best-of-three.

Selama Swiss Stage, pemilihan tim biru atau merah akan ditentukan oleh pool undian awal—pool yang lebih tinggi akan menerima pemilihan tim. Dalam pertandingan antartim dari pool undian yang sama, pemilihan tim biru atau merah akan ditentukan dengan cara melempar koin.

Knockout Stage: 2-5 Nov (Quarterfinal); 11-12 Nov (Semifinal); 19 Nov (Final)
Delapan tim melaju ke Knockout Stage, yang meliputi Quarterfinal, Semifinal, dan Final. Pada tage ini, turnamen beralih ke bracket eliminasi tunggal dengan semua pertandingan dimainkan dalam format best-of-five. Pertandingan Quarterfinal akan ditentukan melalui pengundian di atas panggung setelah hari terakhir Swiss Stage. Dalam pengundian ini, tim yang melaju dengan rekor 3-0 akan ditandingkan dengan tim yang melaju dengan rekor 3-2. Tim yang tersisa kemudian akan ditandingkan satu sama lain. Tim yang keluar sebagai pemenang akan menjadi Juara League of Legends World Championship 2023!

Selama turnamen berlangsung akan ada 50 co-streamer di seluruh dunia yang berpartisipasi secara virtual mewakili regional dan bahasa komunitasnya masing-masing. Mereka merupakan bagian dari undangan resmi penyelenggara bersanding dengan siaran utama.

Gizmofriends dapat menyaksikan setiap pertandingan secara resmi melalui lolesports.com, atau melalui salah satu co-stream resmi yang telah ditentukan. 

Artikel berjudul Begini Cara Menikmati League of Legends World Championship 2023! yang ditulis oleh Ronggo pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/ZDqdOUQ
via IFTTT