Jakarta, Gizmologi – Setelah merdeka dari pandemi, saatnya kita melangkah lebih leluasa. Salah satunya dengan kuota internet yang bikin hati lebih merdeka.

Merebaknya kasus penularan COVID-19 yang mendunia pada tahun 2020 memaksa setiap orang untuk beraktivitas di dalam rumah. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penularannya.

Alhasil, kebiasaan baru diterapkan. Di antaranya praktik bekerja remote alias work from home (WFH) semakin digalakkan yang membuat aktivitas online semakin meningkat.

Dengan kondisi tersebut, operator telekomunikasi di Indonesia berlomba-lomba memanjakan pelanggannya dengan berbagai paket kuota yang bisa mengakomodir segala kebutuhan selama berada di rumah. Pasalnya, aktivitas online bukan semata-mata untuk bekerja, tetapi juga hiburan seperti menonton film di platform streaming dan juga gaming.

Kini, setelah menjalani masa endemi apakah privilege pelanggan tetap sama? Syukurnya, iya. Smartfren adalah salah satu operator telekomunikasi yang terbilang royal dalam menghadirkan paket internet terjangkau dengan kuota berlimpah.

Dalam rangka merayakan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Smartfren meluncurkan paket data prabayar terbaru dengan kuota 100 GB seharga Rp100 ribu. Bisa dibilang inilah penawaran paling kompetitif di antara beberapa operator telekomunikasi dengan kuota atau harga yang sama.

Andrijanto Muljono, Chief Commercial Officer Smartfren mengatakan bahwa paket yang bernama Kuota 100 GB ini dihadirkan sebagai bentuk apresiasi dari Smartfren untuk anak-anak muda di Indonesia.

“Kami ingin mengobarkan semangat dalam berkarya dan mengukir prestasi dengan memanfaatkan teknologi digital,” ujarnya saat itu.

Apa yang Bisa Dilakukan dengan Kuota 100 GB?

Dengan paket Kuota 100 GB yang dihadirkan Smartfren, tentu tidak berlebihan jika hal ini merupakan kemerdekaan sendiri bagi pengguna internet di Indonesia. Akan ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan kuota internet yang berlimpah seperti ini.

Berdasarkan data OpenSignal pada akhir 2022, pengguna internet di Indonesia di lima operator telekomunikasi nasional rata-rata menghabiskan antara 14,6 hingga 17,7 GB data internet setiap bulannya.

Sementara itu berdasarkan survei Katadata Insight Center (KIC) dan Kominfo, mayoritas belanja kuota internet di Indonesia berada di kisaran Rp50 ribu hingga Rp 100 ribu dengan persentase mencapai 62% di tahun 2022. Angka ini bahkan cenderung mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, di mana pada 2021 sebesar 58,3% dan 2020 sebesar 54,4%.

Jadi paket Kuota 100 GB dengan harga Rp100 ribu tentunya bisa menyasar pangsa pasar yang tepat, di mana antara kebutuhan kuota internet dan daya belinya sudah sangat sesuai dengan kebutuhan mayoritas masyarakat di Indonesia.

Smartfren Kuota M

Lalu, sebenarnya apa sih yang bisa dilakukan dengan Kuota 100 GB? Tentunya tergantung dari aktivitas yang dilakukan dengan internet.

Namun, jika mengacu pada laporan yang dikutip Gizmologi dari TalkHome, kuota internet sebesar 100 GB bisa dihabiskan untuk browsing, mengunduh, hingga streaming hal berikut:

  • 60.000 akses halaman website
  • 1.200 jam browsing website
  • 35.000.000 email dan SMS
  • 200.000 email dengan attachment
  • 20.000 musik
  • 200 jam video kualitas SD
  • 50 jam video kualitas HD
  • 3.000 jam voice call
  • 400 jam video call
  • 2.500 aplikasi

Dari laporan tersebut tentunya bisa digambarkan betapa banyaknya hal-hal kreatif yang bisa dilakukan dengankuota internet 100 GB. Pengguna internet bisa melakukannya kapan saja dan di mana secara online.

Apalagi saat ini Smartfren sudah memiliki 43.000 BTS yang menjangkau sekitar 226 kota. Peningkatan ini memang terbilang masif, mengingat ketika pertama kali Smartfren hadir hanya memiliki 600 BTS dan jangkauannya hanya terbatas di 4 kota saja.

Baca juga: Smartfren Prakarsai Gerakan Sejuta Akses Internet, Bangkitkan Generasi Digital Indonesia

Tentunya kita juga berharap Smartfren akan terus memperluas jangkauan internetnya hingga merasa ke seluruh Indonesia. Sehingga dengan begitu, makin banyak orang Indonesia akan meresakan kemerdekaan internet yang terjangkau dengan kuota besar.

Semoga …

Artikel berjudul Makin Merdeka dengan Kuota Internet yang Makin Leluasa dari Smartfren yang ditulis oleh Chandra Wirawan pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/uo4YPry
via IFTTT