Jakarta, Gizmologi – Pernah ada yang berkata, perjalanan jauh menentukan sifat seseorang. Namun ternyata tak hanya itu, perjalanan jauh juga bisa memperlihatkan kenyamanan dan keamanan dari kendaraan yang digunakan. Pada 18 September 2023 lalu, tim Gizmologi melakukan fun trip bersama Hyundai ‘Wanderlust on Wheels: Unleash the X in You with STARGAZER X’. Sebelum melakukan trip yang menuju Surabaya ini, para peserta diberikan briefing terlebih dahulu dan terdapat pilihan rute untuk opsi.

Kami melakukan perjalanan di pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB, rasa semangat dan jantung berdegup sangat saya rasakan pada saat itu. Mungkin tak hanya saya saja, namun tim dari media lain yang menjadi peserta juga merasakan hal yang sama. Ini merupakan perjalanan pertama saya sebagai penumpang saja menggunakan mobil dengan jarak jauh. Hyundai memang sudah terkenal dengan teknologinya yang mumpuni.

Adapun kata mumpuni tersebut ada benarnya, saya merasa sangat nyaman dengan adanya teknologi yang Hyundai berikan serta fiturnya di dalam STARGAZER X. Ketika masuk hawa dingin yang menerpa memberi kesegaran pada saat itu. Yang membuat saya terkesan ialah konsol dashboard yang sangat memudahkan penumpang di bagian depan. Apalagi ketika di saat lampu mobil mati, ambient light dalam bagian ini sangat membantu dan membuat kesan yang menarik.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 Dapat Upgrade Fitur Bluelink

Kalian bisa menaruh seperti dompet, smartphone, hingga kartu e-money, sehingga pengemudi bisa langsung tap saat di tol tanpa perlu mencari lagi ke dalam tas atau dompet. Selain konsol dashboard, yang membuat saya terkesan ialah suara dari 8 speaker BOSE di dalam STARGAZER X. Perjalanan semakin seru dengan musik yang disetel dan diatur melalui 8 inci touch display audio with smartphone connectivity. Untuk menghubungkan smartphone ke mobil sangat mudah dan tidak membuat bingung penumpang dan pengemudi.

Menjalankan Rute Sesuai Keinginan dengan Hyundai STARGAZER X

Interior Kabin Hyundai Stargazer X

Tim Gizmologi memilih rute melewati jalur Semarang terlebih dahulu. Sepanjang perjalanan kami memutar lagu favorit, karaoke, dan untuk pengemudi juga lancar melihat rute perjalanan dengan tampilan maps yang bisa diakses di layar 8 inci. Layar ini juga bisa menunjukkan notifikasi pesan serta adanya pilihan untuk membaca pesan tersebut jika kamu sedang mengemudi sendirian. Kami sampai sekitar pukul 14.30 WIB dan langsung ke area spot hidden gem Semarang seperti Spigel dan Brown Canyon.

Kami memarkir Hyundai STARGAZER X tepat di depan Spigel. Spigel memiliki arsitektur interior yang berkesan, cocok untuk didatangi oleh keluarga, teman atau sendirian. Makanan yang dihidangkan juga lezat, kami memesan pizza peperoni, creme brule, latte, dan tamarind ice. Banyak pengunjung yang datang berkunjung seperti turis atau warga lokal yang sedang bekerja dan menunggu temannya.

Hyundai Stargazer X
Tim Gizmologi menjajal Stargazer X ke Brown Canyon

Setelah mengisi perut, kami melanjutkan perjalanan pada pukul 15.45 WIB untuk mengejar pemandangan yang keren di Brown Canyon. Jalanan berpasir ternyata tak masalah untuk dilalui oleh STARGAZER X. Hal ini saya lihat sendiri ketika mengambil konten STARGAZER X melewati jalanan berpasir. Meski terdapat noda pasir, namun tampilan eksteriornya masih terlihat menarik di pandang dan roda diamond cut allow 17 inci ini menurut saya adalah pilihan yang tepat untuk seluruh desain menjadi satu kesatuan.

Setelah beres mengambil konten di Brown Canyon dan mendapat pemandangan senja yang keren, kami bergegas untuk ke arah Solo. Namun sebelum itu, kami merasa perlu untuk mengambil video STARGAZER X di malam hari. Di perjalanan menuju kota lama Semarang, tempat yang kami pilih sebagai lokasi pengambilan video malam yang baik, saya terlelap tidur sebentar dan merasakan kursi penumpang dengan desain captain seat membawa kenyamanan. Meski perjalanan jauh, namun pegal di tubuh yang terasa tidak terlalu buruk yang mungkin disebabkan dengan desain kursi pada STARGAZER X.

Menjajal Fitur Keamanan & Interior Kabin

Hyundai Stargazer X

Sesampainya di kota lama Semarang dan mengambil konten sebentar, kami langsung melanjutkan perjalanan ke kota Solo. Di perjalanan kami telah memesan hotel di pusat kota Solo, sehingga sesampainya nanti kami bisa langsung beristirahat. Namun sebelum sampai ke hotel, kami mampir ke kedai She Jack di pinggir jalan. Angkringan Solo ini termasuk rekomendasi loh! Harganya murah dan masakannya enak.

Sesudah makan malam, saya terkesan lagi dengan keamanan dari Hyundai STARGAZER X. Rear view monitor yang disediakan pada layar 8 inci sangat membantu pengemudi untuk masuk atau keluar dari parkiran. Sehingga bagi pengemudi baru, fitur ini sangat membantu di perjalanan. Selain itu ada fitur keamanan lain yang bisa dirasakan langsung oleh penumpang namun bisa dilihat dari kursi pengemudi.

Dari kursi pengemudi juga terdapat layar informatif yang memperlihatkan kecepatan dan sistem keamanan lain seperti Lane Keeping Assist, Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA), dan High Beam Assist. Tentu hal ini sangat membantu pengemudi yang baru atau yang sudah berpengalaman. Tak hanya itu saja, dari layar kecil di dekat pengemudi ini kalian juga bisa menemukan pengaturan untuk menghidupkan fitur wireless charging. Sehingga bila smartphone kalian yang mendukung fitur ini bisa langsung mengisi daya tanpa perlu mencari kabel lagi.

interior kabin hyundai stargazer x

Namun bila kamu mencari kabel untuk mengisi daya, STARGAZER X tentu masih menyediakan hal tersebut. Terdapat Power Outlet di baris depan dan ketiga, serta 2 USB charger di baris tengah. Dengan begitu bila perjalanan jauh tak perlu repot mencari powerbank lagi untuk mengisi daya smartphone. Tempat di bagian belakang kursi juga sangat membantu bagi penumpang menaruh banyak hal.

Karena kami cuma berdua, bagian belakang mobil STARGAZER X jarang dijamah. Namun di bagian belakang terdapat food tray di bagian kiri untuk kalian yang ingin makan di perjalanan atau bisa untuk bekerja, hiburan di iPad. Food tray yang disediakan cukup kokoh dan bermanfaat.

Sesampainya di hotel di Solo kami langsung beristirahat, pagi hari pada tanggal 19 September 2023, kami check out dari kamar masing-masing dan melanjutkan perjalanan ke arah Surabaya. Sebelum menuju kota Pahlawan tersebut, kami mencoba mengecek kemudahan aplikasi Bluelink. Dari aplikasi ini kita bisa mencari tahu lokasi mobil, dan bila tidak ketemu juga bisa menghidupkan klakson dari jarak jauh. Kamu juga bisa untuk menyalakan mesin dari jarak tertentu bila ingin memanaskan mobil tanpa perlu menghampiri ke parkiran terlebih dahulu.

Melanjutkan Perjalanan ke Surabaya

bluelink hyundai stargazer x

Bluelink bisa dikatakan sangat membantu pengemudi di saat yang dibutuhkan, bahkan ada juga fitur keamanan di aplikasi ini. Setelah mencoba aplikasi Bluelink, kami melipir ke beberapa tempat. Seperti sarapan di soto Triwindu, melihat Lokananta yang sayangnya tutup di hari Selasa, sehingga kami memilih untuk menikmati kopi di Lokanantabloc. Karena tempat yang kami kunjungi tidak buka, kami memilih untuk langsung ke Surabaya.

Melakukan perjalanan jauh tentunya memerlukan banyak camilan dan juga minuman. Untungnya STARGAZER X memiliki beberapa space untuk menaruh minuman dan juga camilan. Sesampainya kami di Surabaya, tujuan pertama ialah ke museum bank Indonesia. Museum ini memiliki banyak koleksi yang menarik tentang sejarah uang Indonesia.

Lalu kami mencari spot lainnya yaitu di parkir hotel Majapahit yang ternyata memiliki pemandangan yang keren loh! Ketika matahari mengarah ingin terbenam, pemandangan kota Surabaya dan terlihat mal Tunjungan Plaza. Tak mau ketinggalan view lainnya, kami menyusuri hotel Majapahit yang memiliki interior seperti bukan di Indonesia. Gaya klasik yang dimiliki hotel ini membuat saya kagum. Kami mengambil foto, video, yang gunanya nanti untuk konten dan dokumentasi pribadi.

Kami juga sempat melipir untuk mengisi bensin dan juga mengisi angin ban mobil. Bila kalian menggunakan eco mode, terlihat STARGAZER X sangat irit bensin. Selain itu, angin di dalam ban mobil juga bisa terlihat ukurannya dari layar pengemudi. Dengan begitu kalian bisa mengecek terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jarak jauh.

Perjalanan kami selanjutnya mengarah ke Aucafe Specialty Coffee yang bertemakan Jepang. Hidden gem Surabaya ini cocok untuk introvert yang ingin keluar rumah. Namun bagi kalian yang ingin mengobrol intens berdua atau lebih juga bisa. Menu favorit saya di tempat tersebut adalah Tanoshi Kohi, kopi americano dengan campuran ice cream vanila.

Meramaikan Kegiatan Hyundai di GIIAS Surabaya 2023

Hyundai GIIAS Surabaya 2023 001

Setelahnya saya ke hotel JW Marriott Surabaya, tempat tinggal kami selama dua hari yang disediakan oleh Hyundai. Tak ingin berlama-lama di hotel, tim Gizmologi kembali mencari makanan di sekitar Surabaya. Ada nasi goreng yang jarang ditemui di Jakarta, meski begitu nasi goreng ini enak dan tentunya aman bagi kalian yang tidak suka pedas. Lalu setelah itu kami kembali ke hotel untuk beristirahat kembali.

Pada 20 September 2023, setelah sarapan di hotel, kami berencana untuk pergi ke tempat hidden gem Surabaya berikutnya yaitu The Vinyl Chick. Cafe ini terlihat klasik dengan kumpulan vinyl dari musisi legend hingga yang paling baru. Pengunjung bisa me-request vinyl yang ingin diputar dan harga dari makanan atau minumannya cukup terjangkau. Setelah mengambil konten kembali dan melakukan pekerjaan, kami melanjutkan perjalanan ke GIIAS Surabaya 2023 untuk ke booth Hyundai.

Di booth Hyundai, saya tak hanya melihat STARGAZER X yang dipajang, melainkan ada mobil Hyundai lainnya seperti IONIQ 5 Bluelink dan IONIQ 6. Press conference Hyundai di GIIAS Surabaya seru dengan insight promo menarik bagi warga setempat ataupun dari kota lainnya. Para pengunjung pun diberi kesempatan untuk test drive sehingga bisa mendapat pengalaman yang lebih. Seperti halnya tim Gizmologi yang telah melakukan perjalanan jarak jauh dengan STARGAZER X dan tidak merasa menyesal.

Setelah acara Hyundai di GIIAS Surabaya 2023 selesai, kami dibawa untuk makan malam dan talk show di Allegra, restoran mewah kota Surabaya. Talk show yang menarik serta makan malam yang enak membuat kami para peserta terasa terkoneksi, selain itu ada pengumuman pemenang dari kontes yang dihadirkan oleh Hyundai. Kami bersuka cita pada saat itu dan merasa sedih karena esoknya akan pulang.

Pada 21 September 2023, setelah sarapan kami masih mengendarai STARGAZER X ke kedai bu Rudy yang terkenal dengan sambalnya. Kami makan siang dan membeli oleh-oleh yang diperlukan dan perjalanan berlanjut dengan konvoi STARGAZER X ke bandar udara Internasional Juanda. Tim Gizmologi harus berpisah dengan mobil STARGAZER X yang telah menemani selama tiga hari. Ada perasaan sedih, karena efek yang dialami selama trip Hyundai ialah perasaan nyaman dan aman.

Semahal apa pun suatu barang jika tidak nyaman digunakan mungkin akan sia-sia. Pengalaman menggunakan STARGAZER X sangat menyenangkan dan dari semua fitur, performa, serta keamanan yang disediakan menurut saya cukup. STARGAZER X bisa digunakan oleh siapa saja, bahkan mobil juga bisa sekali digunakan saat mudik karena mampu untuk perjalanan jarak jauh. Ada banyak mode kecepatan yang bisa dipilih, ketika mengantuk terdapat fitur pengingat agar pengemudi beristirahat. Menurut saya, fitur tersebut sudah lebih dari cukup.

Artikel berjudul Experience With Hyundai STARGAZER X, Nyaman & Aman untuk Perjalanan Jarak Jauh yang ditulis oleh Zihan Fajrin pertama kali tampil di Gizmologi