Seperti smartphone, kini opsi smart TV sudah bisa dibilang cukup banyak, hadir dalam berbagai ukuran, desain, merek, serta sistem operasi yang juga berbeda. Salah satu yang sudah cukup populer adalah Samsung Smart TV T6500, produk rilisan beberapa tahun lalu yang hadir dengan Tizen OS.

Ya, Tizen OS alias bukan Android TV. Kalau dulu dirasa kurang familiar dengan aplikasi terbatas, kini sudah semakin matang dengan ketersediaan aplikasi yang juga semakin lengkap. Secara spesifikasi di atas kertas memang bukan yang terbaik, namun layar dan speaker-nya tergolong berkualitas ketika dijajal secara langsung.

Dibanderol dalam harga Rp4 jutaan, apakah smart TV Samsung yang satu ini masih bisa menjadi opsi yang pas bagi Gizmo friends? Berikut ulasan lengkap Samsung Smart TV T6500!

Desain

Samsung Smart TV T6500

Tidak seperti smartphone, tampilan desain sebuah smart TV satu dengan lainnya tak bisa dibuat jauh berbeda. Umumnya yang membedakan hanyalah warna, dimensi, serta ketebalan bingkai atau frame layarnya saja. Tentu semakin tipis, semakin terlihat modern. Bagaimana dengan Samsung Smart TV T6500 satu ini?

Secara general bisa saya bilang desain Samsung Smart TV T6500 sudah cukup stylish dan ramping. Permukaan bodi depannya tampil dalam warna hitam metalik yang terlihat premium, meski juga bakal jadi cepat kotor. Ketika saya melihat gambar dari internet, keempat sisi bezel-nya terlihat cukup tebal untuk sebuah smart TV Rp4 jutaan.

Namun ketika melihatnya secara langsung, terutama saat layar menyala, kesan bezel tebal tersebut menghilang secara perlahan. Meski memang dibandingkan dengan beberapa kompetitor, bezel layar Samsung Smart TV T6500 bukan yang paling tipis. Sekadar ok saja desainnya, sementara dua kaki di bawah dapat dimanfaatkan untuk meletakkan TV di atas meja—selain opsi menempelkannya ke permukaan dinding.

Di belakang, kamu dapat menemukan sejumlah opsi port mulai dari audio combo, LAN, sebuah port USB, serta dua port HDMI 2.1. Cukup lengkap, meski memang bukan yang paling banyak di kelasnya.

Layar

Samsung Smart TV T6500

Impresi yang sama berlanjut dari segi desain ke kualitas panel layar Samsung Smart TV T6500. Dengan besaran 43 inci, smart TV Rp4 jutaan satu ini didukung dengan panel beresolusi full HD, memiliki sudut pandang cukup lebar. Secara spesifikasi, tentu tertinggal bila dibandingkan kompetitor yang sudah mulai tawarkan resolusi 4K bahkan dalam kisaran harga Rp3 jutaan.

Saya pribadi tak begitu mempermasalahkan terkait resolusi, karena dengan dimensi yang besar, secara otomatis jarak pandang ke TV bakal lebih jauh bila dibandingkan dengan memandang TV 32 inci. Tampilan video dari sejumlah platform digital masih terlihat cukup tajam. Yang paling penting, reproduksi warnanya tergolong memuaskan. Samsung Smart TV T6500 didukung oleh sejumlah fitur khusus untuk visualnya.

Samsung Smart TV T6500

Seperti PurColor yang difungsikan agar layar Samsung Smart TV T6500 dapat menampilkan ragam warna lebih kaya dibandingkan panel layar konvensional. Serta Ultra Clean View yang menggunakan algoritma khusus untuk mengurangi noise, dan Contrast Enhancer agar gambar terlihat lebih kontras dengan kedalaman yang lebih tinggi.

Samsung Smart TV T6500 juga sudah mendukung konten HDR, meski belum standar HDR10+. Overall, meski fitur pendukungnya cukup sederhana baik secara hardware dan software, tampilan visualnya sudah sangat baik, sesuai standar TV Samsung yang memang sudah berpengalaman. Juga cukup akurat—hanya sedikit bluish atau kebiruan, yang bisa dinetralkan dengan sedikit mengulik menu Settings.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Tab S9 5G: Peningkatan Signifikan, Nyaris Sempurna Sesuai Harganya

Audio

Samsung Smart TV T6500

Sederhana, namun berkualitas. Bila ditilik dari halaman produk resminya, Samsung seolah tidak begitu mengunggulkan kemampuan audio Samsung Smart TV T6500. Terdapat dua speaker terintegrasi pada bodi perangkat, memberikan output suara hingga 20W. Tanpa adanya subwoofer maupun tweeter khusus.

Namun begitu, output suara Samsung Smart TV T6500 tergolong baik. Selain kencang, output-nya cukup detail dengan bass yang masih bisa terdengar. Kamu tidak perlu menambahkan speaker khusus untuk bisa menonton konten film maupun mendengarkan musik, karena speaker bawaannya sudah tergolong memuaskan untuk mengisi ruangan sebuah hunian.

Untuk memanfaatkan speaker tersebut, Samsung memberikan gimmick menarik. Terdapat sebuah aplikasi Bernama Tune Station, di mana pengguna bisa memanfaatkan TV sebagai speaker dengan tampilan yang mereplikasi perangkat audio tersebut. Kamu bisa memutar lagu dari penyimpanan USB, maupun menyambungkannya ke smartphone, di mana TV dapat beralih fungsi layaknya speaker Bluetooth. Sederhana namun sangat bermanfaat.

Fitur Tizen OS

Disney Hotstar Tizen OS Samsung Smart TV T6500

Ya, bukan menggunakan sistem operasi Android, namun Samsung Smart TV T6500 menjalankan Tizen OS rancangan sendiri. Impresi awal, tampilan antarmukanya menurut saya justru terlihat lebih modern dan matang dibandingkan Android TV. Tampilan menu dan lainnya dibuat lebih rapih dan sederhana, tidak membutuhkan waktu lama bagi saya untuk bisa menguasainya.

Yang saya juga suka adalah menunya yang tersusun minimalis supaya tidak “menghalangi” konten yang sedang ditampilkan di layar. Jumlah aplikasinya sendiri mungkin memang tidak sebanyak Android TV, namun yang esensial sudah ada, seperti Netflix, Apple TV, Prime Video, sampai Disney+ Hotstar. Keunggulan lainnya adalah opsi cast yang lebih lengkap dibandingkan Android TV.

Samsung Smart TV T6500

Selain mendukung Google Cast dari perangkat Android, Samsung Smart TV T6500 juga bisa terdeteksi sebagai AirPlay, alias bisa diakses secara mudah dari iPhone maupun iPad. Dengan begitu, kamu bisa menampilkan konten yang ada di gadget yang sedang kamu pegang secara instan, apa pun jenisnya.

Samsung Smart TV T6500

Aplikasi SmartThings juga tersedia, pas untuk kamu yang memiliki banyak perangkat cerdas Samsung dalam sebuah hunian. Juga ada opsi lain untuk mengubah TV menjadi sebuah komputer lewat DeX dengan smartphone Samsung yang kompatibel, maupun akses dokumen secara langsung dari TV bila Gizmo friends berlangganan Office 365. Beberapa hal tersebut bisa menjadi nilai plus tersendiri untuk Samsung Smart TV T6500.

Kinerja

Samsung Smart TV T6500

Meski bukan sebuah televisi rilisan 2023, saya bisa bilang kalau kinerja Samsung Smart TV T6500 tergolong memuaskan. Performanya cukup gegas ketika mengakses menu dan berpindah aplikasi. Setup televisi dari awal menyala juga tergolong mudah, bisa langsung maupun dengan menggunakan bantuan dari smartphone.

Samsung Smart TV T6500 dapat tersambung ke internet menggunakan sambungan kabel LAN maupun secara nirkabel lewat standar Wi-Fi 5. Untuk sambungan lainnya, juga didukung oleh standar Bluetooth 5.2. Oh ya, selain menggunakan One Remote Control yang juga bisa beralih fungsi sebagai pengendali perangkat lain seperti STB, kamu juga dapat memanfaatkan perintah suara alias voice command.

Bixby Samsung Smart TV T6500

Mengingat ini merupakan sebuah smart TV Samsung, secara default perintah suara yang digunakan adalah Bixby. Perintah yang dapat diterima cukup beragam, namun memang masih belum tersedia dalam bahasa Indonesia.

Kesimpulan

Samsung Smart TV T6500

Meski Samsung Smart TV T6500 sudah dirilis sejak 2020 lalu, beberapa fitur yang diusungnya tergolong menarik dan bisa menjadi keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan smart TV Android di kelasnya. Tizen OS pada perangkat ini sudah cukup matang dan masih terasa gegas, bisa berikan pengalaman menonton yang memuaskan, maupun akses dokumen serta lainnya.

Namun memang, harganya tidak bisa dibilang murah, terutama bila dibandingkan dengan sejumlah kompetitor rilisan baru yang bisa tawarkan desain bezel-less sampai panel layar 4K yang mungkin lebih superior. Tetapi bila Gizmo friends memiliki keraguan tersendiri dan lebih memercayakan smart TV merek Samsung, maka lumrah saja untuk memilih smart TV yang satu ini. Samsung Smart TV T6500 tersedia di Eraspace dengan harga diskon yang bisa Gizmo friends cek langsung di sini.

Spesifikasi Samsung Smart TV T6500

OS: Tizen OS
Dimensi: 979.9 x 596.6 x 170.3 mm
Panel: Full HD, HDR, PurColor Technology, Ultra Clean View, Contrast Enhancer
Fitur: Voice assistant, Remote Access, Tunein Station, One Remote Control
Konektivitas: Wi-Fi 5
Port: USB 2.0 5V, LAN, AV input, HDMI (x2), Tuner, Line Out
Audio: Stereo speakers (20W)
Harga: Rp4,199 juta (43″)

Artikel berjudul Review Samsung Smart TV T6500: Pengalaman Tizen OS Memuaskan yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/x4bNM9U
via IFTTT