Jakarta, Gizmologi – Pengguna media sosial sempat dihebohkan dengan laman Google Docs yang diduga terblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kejadian tersebut diakibatkan oleh masalah teknis.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong mengatakan bahwa kejadian itu bukan karena pemblokiran yang disengaja, tapi akibat kesalahan teknis.

“Sudah dipulihkan (akses Google Docs). Karena problem teknis saja,” ujar Usman dalam pesan singkatnya kepada awak media, Jumat (22/9/2023).

Meski telah pulih, namun selama beberapa jam banyak pengguna yang mengeluhkan tak bisa mengakses Google Docs dari beberapa layanan penyedia internet. Tak sedikit yang mempertanyakan alasan Google Docs diblokir, sebab pemblokiran membuat mereka kesulitan untuk melakukan aktivitas seperti bekerja.

Baca Juga: Harga Berlangganan Google One Terbaru, Tambah Kapasitas Google Drive & Photos

Masalah Teknis Bikin Google Docs Keblokir

Google Docs Keblokir

Keluhan tersebut membuat kata kunci “Google Docs”, masuk ke daftar trending linimasa X (dulunya Twitter) dengan lebih dari 300 ribu postingan. Bahkan sejumlah pengguna mengaku sudah tak bisa mengakses laman Google Docs sejak pukul 08.00 pagi hingga siang hari.

“Ini semua google docs kok jadi kena internet positif,” tulis warganet.

“Loh kok pemerintah blokir Google Docs? kerja kudu piye,” komentar lainnya.

Sebelumnya, layanan produktivitas berbasis Cloud milik Google ini juga sudah dikeluhkan warganet sejak Kamis (21/9) malam. Bahkan, ada juga temuan yang mengungkapkan bahwa pemblokiran Google Docs itu malah mengarah ke page internet positif.

Artikel berjudul Gegara Masalah Teknis, Kominfo Gak Sengaja Bikin Google Docs Keblokir yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/oPctemq
via IFTTT