Jakarta, Gizmologi – Lewat ajang Intel Innovation 2023, Intel mengunmumkan prosesor Xeon 5th Gen yang dikembangkan dengan kemampuan AI atau kecerdasan buatan. Lini prosesor ini ditujukan untuk segmen non-consumer seperti workstation, server hingga supercomputer.

Prosesor server ini dibangun dengan arsitektur platform baru dan lebih inovatif. Intel Xeon 5th Gen menjanjikan peningkatan performa serta memori yang lebih cepat dari generasi sebelumnya.

“Kami baru-baru ini memperkenalkan prosesor Xeon Generasi ke-5 yang ke-sejuta dengan nama kode Emerald Rapids dan akan diluncurkan pada Q4 2023. Portofolio produk pusat data kami pada tahun 2024 akan terbukti menjadi kekuatan dalam industri,” ujar wakil presiden perusahaan Intel dan manajer umum Produk dan Solusi Xeon, Lisa Spelman dalam keterangannya, Minggu (24/9/2023).

Jajaran prosesor Xeon terbaru ini bakal menjadi tonggak sejarah baru, di mana Intel menggunakan gabungan arsitektur Efficient-core (E-core) bersamaan dengan arsitektur Performance-core (P-core). Hasilnya produk ini mampu memenuhi kebutuhan skala, pemrosesan, dan efisiensi daya yang terus berkembang untuk instalasi AI, cloud, dan perusahaan.

Intel sebelumnya sempat memamerkan silikon wafer yang menjadi bukti keberhasilan mereka mengembangkan teknologi fabrikasi generasi terbaru hingga 2025. Bukan hanya untuk prosesor biasa, Intel Xeon juga akan segera mencicipinya.

Tidak kurang ada tiga generasi Intel Xeon yang dijanjikan hadir hingga tahun 2025, mulai dari Sierra Forrest, Granite rapids, dan Clearwater Forest. Di prosesor Intel Xeon Sierra Forest yang berfokus pada keunggulan E-Core menawarkan model chiplet.

Baca Juga: Rambah AI PC Intel Kenalkan Prosesor Core Ultra Meteor Lake

Rangkaian Prosesor Xeon 5th Gen

Prosesor Xeon
On Sept. 19, 2023, at Intel Innovation, the company shared that its Intel Xeon CPU Max Series is the only CPU to achieve 99.9% accuracy for GPT-J from MLPerf results. (Credit: Intel Corporation)

Sementara Prosesor Xenon Sierra Forest menjanjikan peningkatan performa 2,4 kali lebih tinggi dari Intel Xeon 4th Gen dengan jumlah core sebanyak 144-core namun tersedia model dual chiplet yang membuatnya memiliki 288-core.

Berbeda dari Sierra Forest, Intel Xeon Granite Rapids akan berfokus ke performa P-Core yang memberikan peningkatan performa AI hingga dua hingga tiga kali lebih baik dari Intel Xeon 4th Gen. Terakhir adalah Intel Xeon Granite Rapids yang bakal hadir di 2025 dan mencicip teknologi fabrikasi Intel 18A yang punya ukuran 1,8nm.

Tidak hanya itu, superkomputer AI dengan Intel Xeon 5th Gen juga akan didukung Intel Gaudi2 sebagai AI accelerated-hardware terbaru. Perangkat ini diklaim Intel sudah memiliki kemampuan yang sepadan dengan Nvidia H100 tapi berada di atas Nvidia A100.

Superkomputer AI Stability.AI akan didukung Intel Xeon 5th Gen dengan 4.000 Intel Gaudi2. Beberapa perusahaan yang bermitra dengan Intel mengakui bahwa Intel Gaudi2 menawarkan alternatif pilihan AI accelerated-hardware.

Artikel berjudul Intel Sematkan AI Dalam Rangkaian Prosesor Xeon 5th Gen yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/V9Js1rM
via IFTTT