Jakarta, Gizmologi – Setelah resmi diperkenalkan beberapa waktu lalu, Apple sudah membuka pre-order dari lini smartphone terbarunya menjelang akhir 2023 ini. Tidak memerlukan waktu lama hingga kapasitas baterai iPhone 15 Series akhirnya dapat terungkap, langsung dari sebuah database regulator perangkat elektronik China yang menyebutkan kapasitas keempat varian.

Ya, setiap kali Apple meluncurkan smartphone terbarunya, gayanya memang sedikit berbeda dibandingkan peluncuran dari vendor lain. Baterai iPhone 15 Series dan seri-seri sebelumnya tak pernah disebutkan secara gamblang dalam satuan mAh. Melainkan Apple hanya sebutkan bila smartphone terbarunya bisa digunakan sepanjang hari, alias memiliki “all-day battery life”.

Ketika dikulik ke situs resminya pun, baterai iPhone 15 Series juga hanya diberikan informasi terkait durasi dalam satuan jam saat digunakan untuk memutar video maupun lainnya. Nah, untuk Gizmo friends yang penasaran dengan hal lebih detail, kabar baiknya baterai iPhone 15 dibuat lebih besar daripada generasi sebelumnya. Meski memang hanya berkisar 1-2% saja.

Baca juga: Apple Watch Series 9 Punya Chipset Baru, Mendukung Gestur Double Tap

Daftar Kapasitas Baterai iPhone 15 Series

Apple iPhone 15

Dikutip dari situs MySmartPrice, berikut adalah daftar kapasitas baterai iPhone 15 Series secara lengkap:

  • iPhone 15: 3,349 mAh
  • iPhone 15 Plus: 4,383 mAh
  • iPhone 15 Pro: 3,274 mAh
  • iPhone 15 Pro Max: 4,422 mAh

Bila Gizmo friends ingin membandingkan, berikut kapasitas baterai iPhone 15 Series yang rilis tahun lalu:

  • iPhone 14: 3,279 mAh
  • iPhone 14 Plus: 4,325 mAh
  • iPhone 14 Pro: 3,200 mAh
  • iPhone 14 Pro Max: 4,323 mAh

Dengan kenaikan kapasitas yang sangat minor, Apple sebutkan bila baterai iPhone 15 Series memiliki daya tahan yang sama seperti generasi sebelumnya. Alias Apple tidak menyebutkan ada peningkatan durasi penggunaan seperti ketika merilis iPhone 13 Series, misalnya. Meski begitu, masih ada kemungkinan daya tahan baterai bisa lebih awet.

Pasalnya, keempat seri iPhone terbaru masing-masing gunakan chipset yang efisien daya. Di mana iPhone 15 & 15 Plus akhirnya menjalankan cip A16 Bionic milik iPhone 14 Pro Series. Sementara iPhone 15 Pro Series kini dibekali cip A17 Pro dengan fabrikasi 3nm—bisa dibilang chipset dengan fabrikasi yang paling efisien daya yang sudah dirilis saat ini.

Khusus seri non-Pro, Apple akhirnya membawa Dynamic Island sekaligus meningkatkan tingkat kecerahan maksimumnya hingga dua kali lipat. Layar iPhone 15 kini sudah tampil sama persis dengan varian Pro, namun tanpa teknologi ProMotion Display alias tanpa refresh rate tinggi hingga 120Hz. Akankah berpengaruh dengan masa pakai baterai iPhone 15? Kita nantikan saja ulasannya ya.

Bakal Punya Fitur Tambahan Terkait Pengisian Daya

baterai iPhone 15

Sebelum Apple mengumumkan iPhone 15 Series secara resmi, tidak sedikit dari pengguna iPhone 14 Series yang mengumumkan penurunan nilai Battery Health lebih cepat dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Dikutip dari 9to5Mac, ada kemungkinan bila baterai iPhone 15 Series dapat diberikan limit tambahan ketika mengisi daya baterainya.

Melalui sebuah kode yang ditemukan pada iOS 17 beta, ditemukan bila terdapat fitur baru untuk mengisi baterai hingga nilai persentase tertentu, alias tidak sampai 100%. Fitur ini mirip seperti Optimized Battery Charging yang saat ini sudah tersedia, memberikan limit pengisian hingga 80% saja sesuai kebiasaan pengguna. Hanya saja, opsi baru ini bisa diaktifkan secara permanen.

Namun dari temuan tersebut, kemungkinan hanya baterai iPhone 15 Series saja yang bisa diberikan limit tambahan tersebut. Benar atau tidaknya, perlu dibuktikan ketika smartphone ini sudah sampai ke tangan konsumen yang pre-order dalam waktu beberapa hari ke depan.

Artikel berjudul Kapasitas Baterai iPhone 15 Terungkap, Sedikit Lebih Besar yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/G4sTJaX
via IFTTT