Jakarta, Gizmologi – Lama tidak terdengar, aplikasi audio Clubhouse kini mendapat fitur baru. Platform media sosial yang populer di masa pandemi COVID-19 itu kini bisa berkirim pesan suara atau audio messenger.

Fitur obrolan audio baru yang disebut Chats ini bisa diposisikan sebagai aplikasi messenger. Di mana Chats berfokus pada grup kecil berbasis teman atau pengguna lain yang mereka kenal.

“Seperti room Clubhouse, tetapi berlangung secara tidak bersamaan, sehingga Anda bisa mampir dan menikmati waktu Anda sendiri,” tulis Clubhouse seperti dikutip dari blog resminya, Senin (11/9/2023).

Chat bisa digambarkan seperti Instagram Stories dan teks grup yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengirimkan pesan suara kepada teman terdekatnya saja. Dengan fitur Clubhouse ini, perusahaan mengklaim percakapan dalam grup akan lebih cepat ketimbang memakai teks biasa, serta bakal lebih berwarna.

Di sini, pengguna cukup menekan tombol push untuk berbicara, mendengarkan dengan mengetuk 2 kali, tap untuk melewati, swipe untuk beralih ke Chat lain, dan slide untuk mengobrol secara pribadi dengan teman.

“Bertemu di taman, mengobrol berjam-jam, menjadi sahabat, dan jatuh cinta. mereka melahirkan cara baru untuk tetap berkomunikasi – cara yang memungkinkan Anda mendengar suara teman, bertemu teman, dan menghabiskan lebih sedikit waktu mengetik,” tulis Clubhouse.

Clubhouse pun mengatakan bahwa saat ini, penggunaan voice note atau pesan suara sudah berkembang pesat di seluruh dunia. Sementara itu, Clubhouse mengatakan bahwa Live Audio yang mengangkat nama mereka dulu, diklaim tidak akan hilang, di mana fitur ini akan “terus menjadi bagian utama Clubhouse, seperti biasanya.”

Baca Juga: Ikuti Jejak Clubhouse, LinkedIn Segera Luncurkan Fitur Audio Interaktif

Fitur Baru Clubhouse

Fitur baru Clubhouse

“Chats juga ditranskrip secara otomatis dan diterjemahkan ke dalam bahasa Anda, sehingga Anda dapat membacanya saat bepergian, dan bahkan berbicara dengan teman-teman yang berbicara dalam bahasa berbeda,” kata perusahaan.

Pembaruan tak cuma pada tampilan, versi baru dari aplikasi Clubhouse ini juga mengganti model “follow” menjadi “friend” atau pertemanan. Clubhouse pun telah merilis versi terbaru dari aplikasi mereka ini untuk platform dengan iOS dan Android.

Seperti kita ketahui, popularitas Clubhouse mulai anjlok saat beberapa media sosial besar memiliki fitur serupa. Sebut saja Twitter (yang sekarang bernama X), dengan Spaces-nya.

Perubahan besar-besaran Clubhouse pun seakan mengisyarakatkan bahwa mereka kini menyasar lingkup percakapan yang lebih intim dan personal, alih-alih siaran langsung di audiens yang besar. Tapi, akankah orang-orang kembali ke Clubhouse untuk mendapatkan pengalaman baru ini?

Artikel berjudul Menolak Hilang, Fitur Baru Clubhouse Bisa Kirim Pesan Suara yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/c1XSNMm
via IFTTT