Jakarta, Gizmologi — Untuk pertama kalinya diadakan di Indonesia, Samsung Solve for Tomorrow 2023 akhirnya telah mencapai titik akhir dan menghasilkan tiga penemuan terbaik dari ratusan submisi yang ada. Pemenang Solve for Tomorrow 2023 pun resmi diumumkan, di mana tim Dasher dari Madrasah TechnoNatura Depok berhasil menciptakan solusi penghasil bahan bakar hidrogen ramah lingkungan.

Samsung Solve for Tomorrow sendiri telah diadakan sejak beberapa tahun terakhir. Namun mulai tahun 2023, juga diadakan dalam skala lokal untuk para pelajar Tanah Air. Simon Lee, President, Samsung Electronics Indonesia mengatakan bila pihaknya melihat potensi yang besar untuk para pelajar atau anak muda menjadi para pemimpin di masa depan.

“Kami telah menerima lebih dari 300 ide dari semua partisipan Samsung Solve for Tomorrow 2023 Indonesia, dan dari ratusan ide tersebut kami bantu untuk mempertajam gagasan mereka demi ciptaan yang lebih baik. Solusi yang mereka ciptakan merupakan sebuah validasi bila para calon pemimpin muda ini turut peduli dengan beragam isu yang ada di negaranya,” jelasnya lewat sebuah kesempatan luring yang berlangsung Rabu (13/9).

Baca juga: Samsung Food, Platform Resep Makanan Berteknologi AI

Tiga Pemenang Utama Samsung Solve for Tomorrow 2023

Samsung Solve for Tomorrow 2023
Tim Dasher dari Madrasah TechnoNatura Depok, Jawa Barat memamerkan karyanya sebagai pemenang utama Samsung Solve for Tomorrow 2023

Samsung Solve for Tomorrow 2023 sendiri telah dimulai sejak awal bulan Mei lalu, di mana saat itu telah diterima sebanyak 309 gagasan dari para pelajar yang terbentuk dalam tim—dengan kata lain, ada lebih dari 1000 pelajar yang sudah berpartisipasi. Babak semifinal pun telah dilangsungkan sejak akhir Juni, hingga babak final di akhir Agustus dengan 15 tim finalis akhir, disortir untuk menentukan tiga pemenang utama.

Yang menjadi pemenang utama dari kompetisi Samsung Solve for Tomorrow 2023 perdana di Indonesia, diraih oleh tim pelajar Dasher dari Madrasah TechnoNatura Depok, Jawa Barat. Mereka membuat solusi untuk memproduksi hidrogen dari biomassa, menjadi solusi bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, disebut dengan “Biomass Gasification”.

Tim Dasher berhasil mendapatkan hadiah utama dari Samsung Solve for Tomorrow 2023, yakni hadiah produk Samsung senilai Rp150 juta. Selain Dasher, juara kedua dan ketiga dari kompetisi ini juga berhasil menciptakan sebuah inovasi yang tidak kalah menarik. Seperti tim RGB dari SMA Negeri 8 Jakarta yang berhasil menciptakan KeywordRGB, sebuah aplikasi belajar yang mengintegrasikan AI serta gamification supaya kegiatan belajar lebih menyenangkan.

Peraih juara ketiga, tim Qalam Malaq dari SMA Negeri 78 Jakarta juga berhasil menciptakan sebuah solusi Microalgae Aquarium (Malaq). Solusi tersebut mampu mengubah karbon dioksida menjadi oksigen, cocok untuk menangani polusi udara, serta pas untuk menjadi sebuah perabotan menarik yang bisa diletakkan pada salah satu sudut ruang atau kamar.

Komitmen Samsung dalam Mendukung Inovator Muda Berbakat

Samsung Solve for Tomorrow 2023
Simon Lee, President, Samsung Electronics Indonesia

Lewat Samsung Solve for Tomorrow 2023, Samsung Electronics Indonesia berkomitmen untuk terus memberdayakan para inovator muda berbakat Tanah Air agar terus dapat berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia. “Potensi anak-anak muda Indonesia sangat besar menjadi generasi penerus dan calon pemimpin masa depan untuk Indonesia yang lebih baik,” tambah Simon.

Menjadi salah satu juri penilaian, Banu Pribadi, Head of B2B Innovation Lab – Samsung R&D Indonesia mengatakan bila ia bangga telah menjadi bagian dari proses penentuan pemenang dari seluruh ide-ide kreatif yang berhasil diterima. “Saya bisa katakana, teknologi akan sangat bermakna ketika ia ada di tangan yang tepat dan para finalis Samsung Solve for Tomorrow menunjukkan mereka adalah orang-orang yang tepat.”

Dalam proses penentuan sebelum menjadi pemenang, seluruh tim partisipan Samsung Solve for Tomorrow 2023 yang berhasil menjadi finalis, telah mendapatkan sesi boot camp mentoring dan pelatihan design thinking, agar mereka dapat mempertajam ide masing-masing untuk menjadi sebuah perencanaan yang efektif. Proses interview tim finalis akhir juga dilakukan oleh perwakilan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kementerian Agama, Pusat Penelitian TIK ITB, serta tim dari Samsung.

Artikel berjudul Pemenang Samsung Solve for Tomorrow 2023 Ciptakan Penghasil Bahan Bakar Hidrogen Ramah Lingkungan yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/Ci4lOb5
via IFTTT