Persaingan smartphone kelas menengah memang selalu menarik. Pasalnya, vendor-vendor selalu berlomba memberikan penawaran terbaiknya dengan fitur unggulan yang banyak, sampai fitur flagship yang diturunkan. Kali ini, tim Gizmologi mencoba membandingkan Infinix GT 10 Pro dengan Redmi Note 12 Pro 5G.

Kedua smartphone tersebut bisa dibilang sedang hangat-hangatnya karena membawa penawaran yang menarik. Walau memang pendekatannya berbeda, di mana Redmi Note 12 Pro 5G unggulkan kemampuan kamera, sementara Infinix GT 10 Pro hadir sebagai smartphone gaming.

Mana yang cocok untuk Gizmo friends? Simak komparasinya berikut ini.

Desain

Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G

Pada bagian desain, keduanya memiliki pendekatan yang berbeda. Xiaomi dengan Redmi Note 12 Pro 5G tampil cukup premium dengan material bodi belakang kaca. Smartphone Xiaomi harga Rp4 jutaan ini mengantongi sertifikasi IP53 yang membuatnya lebih tahan debu dan cipratan air. Bingkai dan bodi belakang yang dibuat flat, membuatnya lebih tidak licin dalam genggaman.

Infinix GT 10 Pro

Sementara Infinix lewat GT 10 Pro tampil berbeda, membawa konsep desain Cyber Mecha yang terlihat futuristis. Desain merupakan hal yang sangat subyektif. Tetapi untuk Infinix GT 10 Pro, Gizmo friends dapat memilih opsi warna Mirage Silver yang lebih kalem, meski tetap membawa kesan futuristik lewat pola khusus dan permukaan yang nampak seolah transparan. Serta dapat berubah warna ketika terkena pancaran sinar matahari–menjadi ciri khas yang menarik.

Tak sampai di situ, ada fitur khusus yang disematkan di area dekat kamera belakang. Pada bagian ini, Infinix GT 10 Pro memiliki sejumlah lampu LED yang bisa menyala dalam empat skenario berbeda; saat sedang mengisi daya, menerima notifikasi, panggilan telepon, maupun saat bermain game. Sehingga kamu tidak akan melewati panggilan telepon ketika smartphone berada di meja dengan menghadap ke bawah sekalipun.

Layar

Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G

Kedua smartphone memiliki dimensi layar yang identik, begitu pula dengan beberapa poin spesifikasi lainnya. Dimensinya 6,67 inci, gunakan panel OLED (AMOLED pada Infinix & P-OLED pada Redmi), punya refresh rate maksimum hingga 102Hz, serta keempat sisi bezel yang dibuat sangat tipis. Kecerahan maksimumnya bisa mencapai 900 nits, sehingga tidak masalah ketika digunakan di luar ruangan siang hari terik sekalipun.

Infinix GT 10 Pro

Meski secara visual kurang lebih sama, Infinix GT 10 Pro memiliki kelebihan karena memposisikan sebagai smartphone gaming yakni pada responsivitas layar. Di mana touch samping rate untuk dua jari mencapai 360Hz. Kedua, sudah menggunakan in-display fingerprint sensor dibandingkan side-fingerprint sensor pada Redmi Note 12 Pro 5G.

Layar Infinix GT 10 Pro juga sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland, ditujukan agar dapat mengurangi emisi cahaya biru. Dengan begitu, mata tidak cepat lelah ketika bermain game dalam durasi waktu yang lama.

Performa

Skor Antutu Infinix GT 10 Pro

Selain dari segi desain, perbedaan lain yang paling mencolok di antara kedua smartphone ini adalah jenis chipset yang digunakan. Sama-sama pakai cip 6nm dari MediaTek, Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G hadir dengan Dimensity 1080, sementara Infinix GT 10 Pro memakai seri Dimensity 8050. 

Berdasarkan pengujian tim Gizmologi memakai skor Antutu, untuk Redmi Note 12 Pro 5G menghasilkan 480497, sedangkan Infinix GT 10 Pro mencapai 670243. Sangat mengesankan, mengingat Infinix bisa gunakan chipset kencang untuk sebuah smartphone gaming Rp3 jutaan. 

Faktor pendukung lainnya adalah fitur RAM Fusion 8GB+8GB, serta penggunaan storage UFS 3.1 yang lebih kencang (selain kapasitas yang sama-sama lega di 256GB). Masih ada faktor lain yang membuat Infinix GT 10 Pro lebih andal ketika digunakan untuk bermain game.

Infinix GT 10 Pro

Yakni optimalisasi software, di mana Infinix berkolaborasi dengan sejumlah judul game populer termasuk PUBG Mobile, MLBB, sampai Free Fire. Tujuannya? Agar opsi 90fps bisa diaktifkan dan berjalan lebih lancar. Dipasangkan bersama giroskop berakurasi tinggi dan 4D vibration, main game hingga beragam jenis aplikasi lainnya menjadi lebih lancar.

Baterai

Charger Infinix GT 10 Pro

Keduanya sama-sama dibekali dengan kapasitas baterai 5,000 mAh. Untuk mengisi daya Infinix GT 10 Pro dari hampir habis hingga penuh hanya membutuhkan waktu sedikit melampaui 60 menit saja lewat dukungan fast charging 45W. Sementara untuk Redmi Note 12 Pro memiliki pengisian daya berkecepatan 67W.

Keduanya sama-sama memiliki daya tahan baterai yang awet untuk penggunaan harian. Namun ketika digunakan untuk bermain game, Infinix memang memang menonjolkan kemampuannya. Pertama, jenis kabelnya memiliki bentuk huruf L pada ujung port USB-C, sehingga tak menghalangi tangan ketika sedang bermain game saat posisi landscape.

Poin kedua adalah hadirnya fitur Bypass Charging. Fitur ini memungkinkan charger untuk meneruskan daya langsung ke hardware tanpa melalui baterai. Tujuannya? Selain mencegah overheat, juga dapat menjaga masa pakai baterai.

Kamera

Kamera Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G

Redmi Note 12 Pro 5G hadir membawa sensor kamera utama beresolusi 50MP dengan sensor Sony IMX766 yang cukup terkenal, didukung dengan OIS, lengkap beserta sensor kamera ultra-wide dan makro. Sistem stabilisasi berbasis hardware tersebut memudahkan pengambilan gambar maupun video agar lebih stabil. Ditambah dengan AI Engine khusus untuk tingkatkan kualitas secara otomatis.

Lain halnya dengan Infinix GT 10 Pro. Resolusi kamera utamanya lebih besar yakni 108MP. Meski tanpa OIS, kualitas kameranya tergolong sangat baik untuk sebuah smartphone gaming di kelas harganya.

Infinix GT 10 Pro

Sama-sama dapat merekam video pada resolusi 4K, kualitas perekaman video milik Xiaomi masih lebih unggul. Urusan fitur pengambilan gambar, bisa dibilang keduanya tawarkan fitur segambreng. Opsi yang diberikan Infinix cukup menarik, karena punya mode Sky Shop yang bisa mengubah tampilan langit secara instan dan real-time saat foto diambil.

Kesimpulan

Infinix GT 10 Pro vs Redmi Note 12 Pro 5G

Dari beberapa poin yang sudah dijabarkan di atas, bisa disimpulkan bila Infinix berikan pilihan terbaik bagi pengguna yang membutuhkan smartphone gaming terjangkau. Fiturnya tidak kalah bila dibandingkan dengan smartphone yang lebih mainstream. 

Harga Infinix GT 10 Pro lebih murah, hanya Rp3 jutaan, dibandingkan Redmi Note 12 Pro 5G yang harganya masih di angka Rp4 jutaan.

Harga lebih murah, namun Infinix GT 10 Pro bisa hadirkan performa jauh lebih baik, karena memang fokusnya sebagai smartphone gaming. Layar dengan in-display fingerprint sensor dan touch sampling 360 Hz juga jadi kelebihan tersendiri. Sementara Redmi Note 12 Pro sedikit lebih unggul di sektor kamera. Namun kembali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan Gizmo friends masing-masing.

Artikel berjudul Perbandingan Infinix GT 10 Pro vs Redmi Note 12 Pro 5G, Pilih Mana? yang ditulis oleh Tim Editor pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/AMdqTDg
via IFTTT