Beijing, Gizmologi – Setelah rumornya banyak berhembus, akhirnya sebuah petunjuk mengenai eksistensi Xiaomi 14 kian jelas. Dalam waktu dekat ponsel flagship ini siap menyapa pasar dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang menggoda.

Ya, hal ini dikonfirmasi langsung Xiaomi melalui akun Weibo resminya, bahwa Xiaomi 14 series akan diluncurkan pada 26 Oktober pukul 7 malam waktu China. Bukan cuma itu saja, akun tersebut juga mengumumkan mengenai HyperOS dan kolaborasi terbaru dengan Leica.

Ya, pada tanggal tersebut akan menjadi debut bagi HyperOS untuk unjuk gigi. Hal ini memang sudah menjadi langkah bagi vendor itu untuk move-on dari MIUI sebagai sistem operasi perangkat besutannya.

Namun, kehadiran HyperOS sendiri juga terbilang lompatan besar. Pasalnya, sistem operasi ini bukan hanya dipersiapkan untuk lini produk smartphone saja, tetapi juga kendaraan listrik.

Lalu untuk kolaborasinya dengan Leica, Xiaomi akan menggunakan generasi terbaru dari sistem optik pada lensa yang digunakan. Adapun teknologi ini diklaim memberikan kemampuan sekelas kamera profesional untuk lensa kamera smartphone.

Untuk desainnya, seperti yang terlihat pada poster peluncuran, Xiaomi 14 mengadopsi desain yang persis seperti pendahulunya dengan frame dengan sudut rata.

Xiaomi 14 leak

Spesifikasi Xiaomi 14

Mengenai dapur pacunya, Xiaomi 14 series akan menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen3. Adapun chipset mobile generasi terbaru ini akan diluncurkan dalam waktu dekat bersamaan dengan Qualcomm Summit 2023 yang akan digelar dalam waktu dekat.

Jadi, jika rumor yang dihembuskan benar, berarti Xiaomi 14 akan menjadi perangkat pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen3. Untuk spesifikasinya, chipset anyar tersebut akan mengadopsi arsitektur 1+5+2 yang terdiri dari 1x Cortex-X4 Ultra-Core 3.3GHz, 3x Cortex-A720 P-Cores 3.1GHz, 2x Cortex-A720 P-Cores 2.96GHz, dan 2x Cortex-A520 E-Core 2.27GHz.

Akun Weibo Panda is Bald sebelumnya memberikan bocoran mengenai spesifikasi pada Xiaomi 14, di mana untuk varian warnanya terdiri dari hitam, putih, pink, dan hijau. Sedangkan untuk versi Pro ada warna hitam, putih, dan hijau.

Xiaomi 14

Di samping penggunaan chipset Snapdragon 8 Gen3, Xiaomi 14 series akan hadir dengan konfigurasi RAM hingga 16 GB dan penyimpanan hingga 1TB. Hal ini seolah membantah rumor bahwa Xiaomi akan menghadirkan RAM sebesar 24GB untuk seri tersebut.

Baca juga: Xiaomi HyperOS Bakal Jadi Pengganti MiUI di Xiaomi 14

Apa pun rumor yang berkembang, tampaknya akan terjawab pada 26 Oktober nanti. Begitu juga dengan harganya, di mana rumornya untuk pasar Eropa harganya dibanderol mulai dari EUR679 atau sekitar Rp11 juta.

Artikel berjudul Ditenagai Snapdragon 8 Gen3, Xiaomi 14 Bakal Diluncurkan 26 Oktober? yang ditulis oleh Chandra Wirawan pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/7qoyIi3
via IFTTT