Jakarta, Gizmologi – Seagate memperkenalkan hard drive terbarunya yakni, Seagate Exos X24. Solusi penyimpanan data ini memiliki kapasitas 24 Terabyte (TB), sehingga cocok untuk penggunaan hyperscale dengan pusat data besar.

Hard drive ini merupakan varian tertinggi dari Seagate Exos X series. Berbasis conventional magnetic recording (CMR) menjadikan hard disk berdensitas tinggi ini unggul dalam performa penyimpanan data jangka panjang.

Seagate juga menawarkan fleksibilitas konfigurasi Exos X24 dengan perekaman shingled magnetic recording (SMR) kepada pelanggan cloud yang terbatas. Jadi cukup dengan konfigurasi sepuluh disk yang masing-masing berkapasitas 2,4TB, Seagate Exos X24 dapat menawarkan total biaya kepemilikan (CTO) hyperscale yang lebih terjangkau.

Didesain untuk kapasitas penyimpanan maksimum dan efisiensi, Seagate Exos X24 menghadirkan performa penyimpanan yang lebih tangguh. Apalagi hard disk helium berkapasitas tinggi ini memiliki dimensi 3,5 inci nearline dengan kecepatan hingga 7.200 RPM.

“Menawarkan antarmuka SATA dan SAS serta menghadirkan peningkatan cache dengan performa hingga tiga kali lebih baik daripada solusi yang hanya menggunakan cache baca atau tulis,” tulis Seagate dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga: Seagate Starfield Game Drive, HDD Eksternal Buat Xbox Series X/S

Seagate Exos X24 dengan Kapasitas 24TB

Seagate Exos X24

Seagate Exos X24 juga menghadirkan peningkatan sustained data rate (SDR) hingga 285 MB/detik. Hard drive ini juga mendukung efisiensi daya dengan mempertahankan IOP/Watt di kelasnya.

Hard drive ini juga sudah teruji dengan nilai MTBF (mean time between failures) 2,5 juta jam. Produk ini dilengkapi dengan Seagate Secure™ yang terdiri dari teknologi enkripsi mandiri (SED), SED-FIPS, dan penghapusan instan yang aman (ISE). Exos X24 hadir dengan garansi terbatas selama 5 tahun.

Seagate juga menggunakan platform teknologi yang sama untuk hard disk mereka dengan kapasitas di atas 30TB. Di mana varian tersebut menggunakan teknologi Heat-Assisted Magnetic Recording (HAMR) dan dijadwalkan akan diproduksi secara massal pada awal 2024.

Rencananya, Seagate Exos X24 akan tersedia di pertengahan Desember 2023 dan bisa dipesan secara langsung di Seagate official stores di Tokopedia, Shopee dan reseller. Bagaimana Gizmo friends tertarik buat punya HDD untuk hyperscale data center?

Artikel berjudul Hard Drive Baru Seagate Exos X24, Punya Kapasitas 24TB Buat Hyperscale Data Center yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/LUWO1nt
via IFTTT