Jakarta, Gizmologi – Setiap tahunnya, Qualcomm mengadakan acara peluncuran Snapdragon Summit untuk memperkenalkan jajaran chipset terbarunya. Tahun ini, Snapdragon Summit 2023 telah resmi digelar, dan Snapdragon 8 Gen 3 jadi salah satu produk yang baru dirilis sebagai platform seluler pertamanya dengan dukungan Generative AI.

Ya, campur tangan AI nampaknya sangat menggoda bagi Qualcomm, hingga akhirnya menghadirkan kemampuan kecerdasan yang lebih terintegrasi ke sejumlah produknya. Selain Snapdragon 8 Gen 3 yang lebih umum untuk smartphone dan tablet, juga diperkenalkan Snapdragon X Elite sebagai platform PC dengan kemampuan AI pada perangkat alias on-device AI—digadang bisa menjadi pesaing cip rilisan Apple.

Chris Patrick, Senior VP & General Manager of Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc. mengatakan bila setiap tahunnya Qualcomm selalu merancang fitur dan teknologi terdepan untuk mendukung platform seluler seperti seri Snapdragon 8. Dan Snapdragon 8 Gen 3 merupakan jawaban untuk generasi smartphone flagship Android berikutnya.

“Snapdragon 8 Gen 3 menanamkan AI berkinerja tinggi di seluruh sistem untuk menghadirkan kinerja premium dan pengalaman luar biasa kepada para pengguna. Platform ini membuka era baru AI generatif yang memungkinkan pengguna menghasilkan konten unik, membantu produktivitas, dan menghasilkan berbagai terobosan lainnya,” tambah Chris lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi (25/10).

Baca juga: Qualcomm Rilis Platform AR/VR Snapdragon XR2 Gen 2 & AR1 Gen 1, Debut di Perangkat Meta

Berikan Respons Perintah AI Lebih Instan

Snapdragon 8 Gen 3

Lewat Snapdragon 8 Gen 3, Qualcomm tingkatkan kemampuan AI, gaming, audio dan kamera. Platform satu ini dapat lakukan pemrosesan hingga lebih dari 10 milyar parameter, dengan AI Engine khusus yang bisa membantu pemrosesan beragam fitur mulai dari pengenalan suara sampai kamera, demi respons yang instan. Bahkan bisa generate sebuah gambar dalam waktu kurang dari satu detik.

On-device AI memungkinkan semua pemrosesan terjadi secara lokal tanpa memerlukan sambungan internet. Peran AI pada fitur kamera juga cukup krusial. Dan lewat Snapdragon 8 Gen 3, vendor smartphone nantinya bisa memanfaatkan sejumlah fitur cerdas. Seperti Semantic Segmentation yang bisa meningkatkan warna dan detail pada gambar, sampai Night Vision untuk mencerahkan video, semua secara real-time.

Snapdragon 8 Gen 3

Dukungan fitur seperti object eraser yang bisa menghapus objek dalam sebuah gambar, tentu bakal cocok ketika digabungkan dengan fitur yang sudah ada di sejumlah smartphone. Spesifik memanfaatkan Generative AI, juga ada Photo Expansion yang bisa memperluas sudut pandang gambar dari gambar yang sudah ditangkap.

Selain bisa “memperluas” gambar, juga hadir fitur Generative AI Backgrounds yang memanfaatkan stable diffusion untuk perekaman video dengan latar yang bisa dikustomisasi. Dukungan lain seperti foto dalam format Dolby HDR, sampai Computer Vision Engine untuk depth mapping lebih advanced juga dihadirkan lewat Snapdragon 8 Gen 3.

Snapdragon 8 Gen 3 Juga Semakin Efisien Daya

Snapdragon 8 Gen 3

Bagaimana dengan performanya? Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, disebutkan ada peningkatan hingga 30% pada performa, serta 20% untuk efisiensi dayanya. CPU-nya sendiri masih memiliki 8 inti, dengan 1 inti Cortex-X4 yang punya clock speed maksimum hingga 3,3GHz. Proses fabrikasinya sendiri masih tetap 4nm.

Pada sektor gaming, diklaim bisa hadirkan pengalaman visual setara perangkat konsol. Di mana GPU pada Snapdragon 8 Gen 3 disebut 25% lebih baik secara performa dan 25% lebih efisien daya, serta memberikan kemampuan Ray Tracing 40% lebih baik. Bahkan Qualcomm sebutkan dukungan hingga 240fps pada layar 240Hz.

Hadir Adreno Frame Motion Engine 2.0 yang dapat mengoptimalkan visual per frame, serta dukungan Unreal Engine 5.2. Lalu pada sektor audio, nantinya smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 3 bisa memberikan kualitas musik terbaik dalam format lossless, hingga 24-bit 96kHz secara nirkabel menggunakan sambungan Bluetooth, sangat pas untuk para audiophile.

Tidak perlu menunggu terlalu lama, karena smartphone pertama yang bakal hadir dengan Snapdragon 8 Gen 3 adalah Xiaomi 14 yang siap diperkenalkan 26 Oktober nanti. Selain Xiaomi, ada sejumlah vendor lain seperti ASUS, Honor, iQOO, Meizu, Nio, Nubia, OnePlus, OPPO, realme, Sony, vivo, hingga ZTE. Siap hadir secara bertahap dalam beberapa pekan ke depan secara bergantian.

Artikel berjudul Snapdragon 8 Gen 3, Chipset Khusus Flagship Terbaru yang Unggulkan Generative AI yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/ZIAyBYs
via IFTTT