Jakarta, Gizmologi – Samsung Electronics Indonesia baru saja menghadirkan opsi smartphone entry-level terbaru, dibanderol dengan harga mulai Rp1,5 jutaan. Selain Galaxy A05, juga hadir Samsung Galaxy A05s yang jadi opsi tertinggi dengan banderol harga Rp2 jutaan. Membawa cukup banyak peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya.

Sesuai dengan namanya, Samsung Galaxy A05s menjadi penerus dari Galaxy A04s yang diperkenalkan sejak September lalu. Lewat duo Galaxy A05 & Galaxy A05s, Samsung memberikan pilihan pasti dengan empat keunggulan utama. Yakni pada sektor baterai yang awet, performa lancar, layar yang jernih dan kamera yang lebih berkualitas dengan sensor utama beresolusi tinggi.

Sebelumnya, Samsung baru saja menghadirkan opsi warna baru untuk salah satu smartphone kelas menengahnya, lewat Galaxy A34 5G Awesome Lime. Sementara untuk Galaxy S23 FE, bakal dijual secara perdana dan resmi pekan depan. Lengkap dengan opsi tablet dan wearables berjenis earphone TWS terbaru.

Baca juga: Resmi Dipasarkan, Harga Samsung Galaxy A05 Mulai Rp1,5 Jutaan

Desain Semakin Mirip Sang Flagship

Samsung Galaxy A05s

Dari pandangan pertama, peningkatan yang langsung terlihat adalah desain Samsung Galaxy A05s. Menggunakan permukaan bodi belakang yang flat, desainnya semakin mirip dengan opsi mid-range bahkan Galaxy S23 Series. Di mana ada tiga sensor kamera belakang yang muncul secara individu, menggunakan permukaan matte atau frosted yang membuatnya terlihat premium sekaligus tidak licin di tangan.

Ada tiga opsi warna Samsung Galaxy A05s yang dapat dipilih; Awesome Black, Awesome Silver, dan Awesome Light Green. Secara dimensi, smartphone Samsung Rp2 jutaan satu ini memang terasa cukup bongsor, meski bobotnya masih terjaga di 194 gram. Salah satu penyebabnya adalah dimensi layar yang mencapai 6,7 inci, menggunakan panel PLS LCD dengan refresh rate 90Hz.

Samsung Galaxy A05s

Dibandingkan generasi sebelumnya, layar Samsung Galaxy A05s naik secara resolusi hingga full HD+, serta memiliki bezel bawah sedikit lebih tipis. Di sisi bagian atas, kamera depannya juga meningkat secara resolusi menjadi 13MP f/2.0. Bentuknya pun sudah Infinity-U, sehingga membuat rasio layar ke bodi menjadi lebih besar.

Selain kamera depan, kamera belakangnya tergolong masih sama, setidaknya secara spesifikasi. Kamera Samsung Galaxy A05s mengusung sensor utama beresolusi 50MP f/1.8, ditemani dengan dua sensor 2MP yang berfungsi untuk hasilkan efek portrait dan foto dalam jarak dekat (makro). Samsung menyebutkan jika kamera smartphone ini sudah cocok untuk mengabadikan momen harian dalam bentuk foto maupun video.

Samsung Galaxy A05s Bakal Dapat 4 Tahun Pembaruan Keamanan

Samsung Galaxy A05s

Sama-sama mengusung sensor sidik jari pada tombol power, sayangnya sensor NFC masih belum tersedia di Samsung Galaxy A05s. Namun kecepatan pengisian dayanya sudah meningkat dari 15W menjadi 25W, sehingga dapat mengisi daya baterai 5,000 mAh hingga 48% dalam waktu 30 menit saja.

Kabar baiknya, Samsung bakal memberikan bundling travel adapter 25W senilai Rp299 ribu secara cuma-cuma, tidak seperti lini flagship-nya yang harus dibeli secara terpisah. Chipset-nya sendiri menggunakan Snapdragon 680 4G octa-core 6nm yang dikenal sangat hemat daya, dipasangkan bersama RAM 6GB (+6GB extended RAM), serta penyimpanan internal hingga 128GB.

Samsung Galaxy A05s menjalankan Android 13 dengan tampilan antarmuka One UI Core 5.1. Kabar baiknya, Samsung berikan jaminan setidaknya dua kali pembaruan OS, serta empat tahun pembaruan keamanan rutin—sebuah janji yang tergolong jarang diberikan untuk smartphone kelas entri.

Harga Samsung Galaxy A05s dibanderol Rp2,299 juta. Selama masa penjualan perdana, diberikan bonus senilai hingga Rp1 juta. Terdiri dari travel adapter 25W, gratis Samsung Care+ 3 bulan untuk proteksi layar, serta paket data bundling Indosat IM3 Starter Pack. Pihak Samsung mengatakan bila opsi Samsung Care+ sedang disiapkan dengan harga khusus, untuk durasi lebih lama hingga 1 tahun sebagai opsi tambahan.

Artikel berjudul Menjajal Samsung Galaxy A05s, Desain Lebih Premium & Performa Lebih Kencang yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/Jok6XL8
via IFTTT