Jakarta, Gizmologi – Ketika meluncurkan smartphone pertamanya dengan layar lengkung, itel Indonesia tidak hanya memperkenalkan satu produk saja. Bertujuan untuk hadirkan ekosistem perangkat yang lengkap, itel Pad 1 juga turut diperkenalkan, bersama serangkaian perangkat aksesoris pelengkap lainnya yang masing-masing punya banderol harga terjangkau.

Ya, sejumlah pengumuman produk yang dilaksanakan pekan lalu (5/10) tersebut seolah menegaskan bila itel cukup serius untuk eksis di Tanah Air. Hal tersebut memang sempat disampaikan oleh William Chen, SEA Regional Director itel. Di mana mengatakan bila, “peluncuran ini menandai tonggak perjalanan kami yang menarik dalam menjalankan misi untuk membawa inovasi kepada pengguna di Indonesia, sekaligus pengguna lain yang lebih luas.”

Baca juga: Bawa Layar 3D Curved, Harga itel S23+ Nggak Sampai Rp2 Juta!

Mengambil dua kata terakhir dalam kutipan di atas, tentu itel Pad 1 bisa hadir sebagai cara itel untuk memenangkan hati lebih banyak konsumen. Pasar tablet Android sejutaan sendiri memang didominasi oleh merek lokal, termasuk Xiaomi yang juga hadirkan Redmi Pad SE dalam harga Rp1,999 juta.

Lantas apakah dengan harga lebih terjangkau, itel Pad 1 mutlak jadi opsi yang lebih baik? Mari kita bahas spesifikasinya satu persatu.

Kamera Selfie itel Pad 1 Punya Resolusi Lebih Tinggi

itel Pad 1

Ketika menampilkan slide harga dan spesifikasi unggulan dari itel Pad 1, pihak itel Indonesia memang masih belum menyebutkan kapan tablet Android sejutaan ini hadir resmi. Namun yang pasti, siap menyapa konsumen di Tanah Air, dengan harga itel Pad 1 yang dibanderol Rp1,699 juta. Alias lebih murah Rp300 ribu dari penawaran termurah milik Xiaomi.

Desain itel Pad 1 sendiri tergolong standar, meski situs resmi itel menyebutkan penggunaan material metal premium. Bagian bingkai dibuat flat, sementara bobotnya tidak disebutkan secara gamblang. Di sisi belakang, jangan terkecoh dengan dua lingkaran di dalam modul kamera, karena kamera itel Pad 1 hanya ada satu di belakang, beresolusi 5MP.

itel Pad 1

Kamera depan itel Pad 1 justru punya resolusi lebih tinggi, yakni 8MP dengan sudut pandang lebar. Kamera tersebut di sematkan ke dalam salah satu sisi bezel layar yang berukuran 10,1 inci. Tergolong luas, namun resolusinya sebatas HD+ saja. Tentu wajar bila belum ada dukungan refresh rate tinggi, namun setidaknya dipasangkan bersama setup speaker stereo.

itel menyebutkan bila baterai itel Pad 1 diklaim tahan lama, berkat kapasitasnya yang mencapai 6,000 mAh. Sudah menggunakan port USB-C untuk interface lebih modern, namun kecepatan pengisian dayanya masih sebatas 10W saja, alias belum mendukung fast charging.

Pakai Chipset Unisoc

itel Pad 1

Bagaimana dengan dapur pacunya? Sayangnya itel Pad 1 masih dibekali oleh cip Unisoc versi sangat jadul, yakni SC9863A. Namun itel memberikan kapasitas RAM 4GB, serta penyimpanan internal seluas 128GB yang tergolong baik di kelasnya. Versi Android yang digunakan pun juga versi sederhana, yakni Android 12 Go Edition.

Ketika sempat saya jajal unit yang dipamerkan pada event itel pekan lalu, terlihat bila tampilan antarmukanya terlihat sangat polos, juga kurang memanfaatkan ruang layar luas sebuah tablet. Namun akan menarik bila itel Pad 1 yang hadir resmi di Tanah Air, membawa keunggulan yang sama seperti yang sudah dirilis di India.

Debut di India sejak Maret lalu, salah satu nilai jual terbaik dari itel pad 1, adalah dukungan panggilan suara via jaringan 4G, dengan kata lain tidak hanya mendukung jaringan Wi-Fi saja. Keunggulan tersebut bakal menggoda untuk mereka yang masih belum bisa tersambung ke jaringan Wi-FI setiap saat. Kita nantikan saja debut resminya di Tanah Air ya.

Artikel berjudul Setelah S23, itel Pad 1 Siap Ramaikan Pasar Tablet Android Sejutaan yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/RBCny6x
via IFTTT